-->

CARA MENCARI TERMINAL CSR KOMPRESOR

Cara Mencari Terminal Central (C), Start (S), Run (R);   Kompresor 1 phase untuk kulkas dan AC Split memiliki 3 buah terminal. Terminal atau kutub ini sebagai tempat untuk menghubungkan listrik dari sumber PLN ke kompresor. Terminal yang ada pada kompresor yaitu :
C          : Common / Central
S          : Start
R          : Run



Cara Mencari Terminal Central (C), Start (S), Run (R)

Kesalahan dalam pemasangan terminal kompresor dapat mengakibatkan kerusakan pada lilitan kawat email kompresor. Untuk mencari terminal CSR, mempergunakan alat multimeter dengan batas ukur 1x karena tahanan dari lilitan motor kecil. Sebelum mulai mengukur dengan multimeter, semua hubungan kabel-kabel dari terminal harus dilepas.


Langkah kerja mencari terminal CSR:

1.  Siapkan multimeter atau tang ampere beserta kabel pengukur (probe). Atur skala multimeter pada posisi ohm 1x


Cara Mencari Terminal Central (C), Start (S), Run (R)

2.  Ukur terminal kompresor dan cari yang tahanannya paling besar. Jika sudah ketemu terminal yang paling besar, maka terminal yang tidak terukur adalah terminal C

Cara Mencari Terminal Central (C), Start (S), Run (R)

3.  Setelah ketemu terminal C, kemudian salah satu probe ditempelkan pada terminal C tersebut. Kemudian probe yang satunya ditempelkan pada dua terminal lainnya secara bergantian, maka akan ada perbedaan hambatan.

4.  Ukur terminal kompresor yang belum diketahui dan cari yang hambatannya paling kecil.

Cara Mencari Terminal Central (C), Start (S), Run (R)


5.  Jika sudah ketemu terminal yang hambatannya paling kecil, maka terminal tersebut adalah terminal R.

6.  Jika terminal C dan R sudah diketahui, maka satu terminal lagi adalah terminal S.



Besarnya hambatan dari setiap kompresor berbeda-beda tergantung dari banyaknya gulungan dan diameter kawat yang digunakan. Pada saat melakukan praktik pengukuran terminal kompresor perbedaan hambatan antara satu terminal dengan terminal yang lain kadang tidak terlihat dengan jelas (hampir sama). Oleh karena itu, ketelitian penggunaan alat ukur dan faktor pengalaman merupakan hal yang paling menentukan ketepatan dalam mencari terminal CSR kompresor.

Pengukuran terminal kompresor ini banyak dilakukan untuk mengetahui kondisi gulungan kawat apakah masih bagus atau tidak. Letak terminal CSR pada sebagian kompresor sudah diberi tanda pada body kompresor atau pada tutup terminal kompresor.

Berikut video cara menentukan terminal CSR pada kompresor kulkas ataupun AC. 



3 Responses to "CARA MENCARI TERMINAL CSR KOMPRESOR"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel