-->

MOTOR / DINAMO BLOWER AC RUSAK


Tanda ciri blower ac rusak, dinamo, kipas, sirkulasi udara, komponen, evaporator, ice block, sensor putaran, hidup sebentar mati total, unit indoor, bearing macet, kapasitor, gulungan koil terbakar.


Dinamo/motor blower AC split rusak dapat menyebabkan sistem tidak bisa bekerja dengan normal. Motor / dinamo blower ac split merupakan salah satu komponen listrik pada unit indoor ac split yang berfungsi untuk menggerakkan sirip blower. Motor blower merupakan jenis motor induksi yang tidak menggunakan sikat karbon (brushless).

Kerusakan pada motor blower bisa diakibatkan oleh beberapa sebab.

Bearing macet


Bearing pada motor blower tidak bisa berputar dikarenakan oleh karat. Hal ini umumnya terjadi pada AC yang berumur tua dan jarang dihidupkan. Untuk mengatasinya, motor blower dibongkar dan bagian bearing dilumasi kemudian as diputar-putar hingga lancar. Jika sudah bisa berputar lancar, blower bisa dipasang lagi. Pada keadaan ini, motor blower bisa berputar tetapi kadang suaranya berisik.

Jika cara di atas tidak bisa mengatasi masalah, penggantian bearing harus dilakukan agar motor blower bisa digunakan lagi.

As blower / rotor kotor


Kotoran pada as blower terjadi karena tumpukan debu yang sudah tebal. Untuk mengatasi masalah ini, bongkar motor blower kemudian bersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Setelah bersih bisa dipasang kembali tetapi alangkah baiknya jika bearing diberi sedikit pelumas agar lebih lancar.

Kapasitor blower rusak

Tanpa kapasitor, blower tidak akan bisa berputar. Kapasitor blower ini terdapat pada bagian modul / PCB. Ukuran kapasitor umumnya antara 1 uF hingga 1,5 uF. Ukuran ini dapat berkurang karena faktor umur pakai.


Jika berkurang sedikit, bisa mengakibatkan putaran motor berkurang kecepatannya. Jika berkurang agak banyak, motor tidak akan bisa berputar tetapi jika dibantu pada putaran pertama, motor akan bisa berputar. Jika berkurangnya banyak atau hilang sama sekali, motor listrik tidak akan bisa berputar walaupun sudah dibantu untuk putaran awal.

Ukuran kapasitor bisa diukur menggunakan kapasitansi meter. Dengan kapasitansi meter, ukuran kapasitor akan terukur. Jika sudah tidak sesuai dengan tulisan pada badan kapasitor, lebih baik diganti dengan baru.

Gulungan motor terbakar


Untuk mengetahui gulungan motor blower terbakar / putus, kita harus menggunakan multimeter. Caranya adalah dengan mengukur resistansi/hubungan pada konektor motor. Jika ada kabel yang tidak ada resistansinya, bisa dipastikan gulungan motor terbakar. Tetapi alangkah baiknya jika kabel pada motor blower dicek terlebih dahulu apakah ada yang putus atau tidak.

Jika motor blower terbakar, langkah perbaikan hanya dengan penggantian motor blower dengan yang baru. Lihat ciri-ciri dinamo/motor blower AC rusak.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel