-->

TANDA CIRI PIPA KAPILER KULKAS BUNTU


Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant yang ada dalam sistem pendingin kulkas. Refrigerant akan terus bersirkulasi melewati saluran pemipaan dalam sistem pendingin. Setelah melewati kompresor, refrigerant kemudian akan masuk ke kondensor untuk didinginkan. Setelah melewati kondensor, rerigerant akan masuk ke pipa kapiler yang sebelumnya akan disaring dahulu oleh filter yang selanjutnya akan masuk ke evaporator dan kembali lagi ke kompresor.



Refrigerant akan terus bersirkulasi selama saluran tidak terdapat kebuntuan didalam sistem pemipaan kulkas. Buntunya saluran pada kulkas yang paling mungkin terjadi adalah pada pipa kapiler. Hal ini dikarenakan pipa kapiler mempunyai diameter yang sangat kecil. Walaupun refrigerant sebelum masuk ke pipa kapiler sudah disaring dulu pada filter, tetapi kotoran yang diameternya lebih kecil dari lobang filter dapat menumpuk pada saluran dan akan menyumbat pipa kapiler. Kebuntuan pipa kapiler bisa terjadi dengan dua kriteria yaitu buntu total dan buntu sebagian. Keduanya mempunyai tanda-tanda yang berbeda. Mari kita bahas keduanya.

Pipa Kapiler Buntu Total
Jika ada bagian sistem pendingin yang buntu total maka kerja kompresor juga akan terganggu. Pada saat pipa kapiler buntu total, silkus refrigerant akan terhenti pada sisi tekanan tinggi (kondensor) yang menyebabkan tekanan pada kondensor akan sangat tinggi. Tingginya tekanan pada kondensor menyebabkan kerja kompresor menjadi berat yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi lebih tinggi dari kondisi normal.

Tingginya arus listrik menyebabkan overload  menjadi panas dan kontak overload akan terbuka (kompresor menjadi mati). Setelah beberapa saat (overload dingin) kontak overload akan menutup kembali (kompresor kembali bekerja). Begitu seterusnya sehingga cabinet kulkas tidak dingin.

Pipa Kapiler Buntu Sebagian
Jika pipa kapiler buntu sebagian maka kejadiannya mirip seperti pada pipa kapiler dengan kebuntuan total. Bedanya yaitu terbukanya kontak pada overload memerlukan waktu yang agak lama. Ini terjadi karena sebagian refrigerant masih bisa mengalir melewati pipa kapiler sehingga kompresor tidak akan langsung panas sehinga overload juga akan semakin lama terbuka.

Untuk mengatasi masalah pipa kapiler yang buntu harus mencabut pipa kapiler dan dibuang bahan yang menyumbatnya. Kalau pipa kapiler sudah dilepas, sekalian ganti filter/drier. Tetapi yang harus diperhatikan adalah pada saat pemasangan pipa kapiler dan filter. Pada saat pengelasan sangat mungkin akan terjadi kerak (jelaga) yang terjadi karena sisa minyak pelumas yang masih menempel pada pipa kapiler yang terkena pemanasan yang tinggi pada saat pengelasan. Kerak ini akan akan menyebabkan penyumbatan pada pipa kapiler itu sendiri. Oleh karena itu kita harus mengusahakan agar bagian yang kita las sudah bersih dari minyak pelumas ataupun kontoran lainnya.

Sekian artikel tentang tanda kebuntuan pipa kapiler pada unit refrigerator (kulkas). Semoga dapat bermanfaat.

“Jangan pernah menghina masa lalu seseorang. Karena kita tidak tahu bagaimana masa depannya.”

29 Responses to "TANDA CIRI PIPA KAPILER KULKAS BUNTU"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Kalau dari pengalaman saya, justru kebalikan dari tulisan di atas, ketika pipa kapiler buntu total, arus listrik yang terbaca pada tang ampere malah menunjukan mengurangi, pipa kondensor jadi tidak panas, dan jarum manifold pada pengisian freon turun sampai ke minus, akan tetapi apa bila pipa kapiler lancar arus amper akan naik ke nilai standar, kondensor menjadi panas dan biasanya ditandai filter dengan terasa hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih buat komentarnya dan masukannya gan. Kalau dari pengalaman saya seperti yang saya tuliskan di atas. Pada saat pipa kapiler buntu total, kondensor akan panas sesaat pada awal dihidupkan karena adanya peningkatan tekanan. Tetapi setelah tekanan pada kondensor maksimal, kemudian akan menurun panasnya.

      Hapus
  2. Terima kasih, sangat membantu, manfaat dan penjelasannya padat

    BalasHapus
  3. Sy jg bberapa kali mengalami tekanan dbwh nol kondensor pun dingin evap tdk kempricik

    BalasHapus
  4. Bos,, syaa mau tanya,, saat timer diputar secara manual kompresor masih tetap nyala,seharusnya mati ya bos. Klw kasus seperti ini salahnya dmana ya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang dimaksud defrost timer ya. Saat memutar timer hingga terdengar suara klik baru kompresor akan berhenti. https://www.tptumetro.com/2019/05/definisi-defrost-timer-refrigerator.html

      Hapus
  5. Maaf bos mau tanya saya punya kulkas 2 ointu mer panasonik pas idhul adha banyak simpan daging ntah apa karna kotor saya jg kurang tau..sebelum di bersihkan kulkas di cabut nah pas setelah di bersihkan kenapa justru jadi tidak dingin ya bos.. atas bawah tidak dingin tapi mesinnya hidup..sydah di coba di matikan sehari kemudian di hidupkan kembali tapi tetap sm tidak dingin...ini apa penyebabnya ya bos...dan kira apa kerusakannya?
    Trima kasih banyak bos sebelumnya πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak ada kebocoran dan mesin (kompresor) masih bisa bekerja berarti masih bisa mendinginkan. Coba di cek apakah kipas pada ruang atas masih berputar atau tidak. Karena fungsi kipas ini adalah untuk mensirkulasikan suhu dingin dari evaporator.

      Hapus
    2. Numpang nanya Gan..
      Kulkas saya rusak Karena banjir,setelah ITU ganti compressor,nah setelah kita ganti
      .sudah vacuum juga
      Tapi anehnya saat ke banyakan freon pipa kompressor menguap Dan netes air,tapi saat Freon Di kurangi dingin tapi gak beku?ITU masalahnya dimana Gan?

      Hapus
  6. Satu lagi bos ada yg lupa nih.. kulkasnya no froze tidak ada bunga salju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bersihkan saluran udara di bagian freezer

      Hapus
  7. Kulkas 2 pintu saya habis ganti kompresor baru. Saat dijalankan normal-normal saja, bisa dingin dan freezer terbentuk es. Kompresor juga berhenti saat sudah dingin. Tapi setiap menjelang sore hari membuat MCB trip dan kompresor panas. Overloadnya sampai rusak dan terbakar dengan plastiknya melembung. Sudah tiga hari selalu menjelang sore MCB njeglek. Kira-kira apakah ini termasuk buntu sebagian akibat masih ada sedikit udara (pemvakuman kurang sempurna) sehingga membuntu kapiler?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau waktu MCB trip pasti sore hari, mungkin bukan masalah sistem pada kulkasnya. Bisa jadi karena tegangan PLN turun. Kalau tegangan turun maka kompresor tidak akan bisa start yang mengakibatkan panas. Bisa dillihat kalau waktu sore merupakan waktu konsumsi listrik yang banyak di masyarakat. Coba cek tegangannya.

      Hapus
  8. Mau tany klo ganti pipa kapiler kulkas portebel itu ukuran brp iy dan panjang nya brp...maksi πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»salam suksesπŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu pasti ukuran pipa kapiler kulkas portable. Kebanyakan kulkas akan menggunakan pipa kapiler dengan ukuran 0,26 - 0,28 Inch. Silahkan buka https://www.tptumetro.com/2019/07/pipa-kapiler-refrigerator-heat.html

      Hapus
    2. gan tanya klu kt ganti pipa kondensor untuk kulkas 2 pintu polytron itu bagus pipa kondensor u12 atau u10 mksh

      Hapus
  9. Klo pengalaman sya ketika arus di masukan prizer bekerja dengan normal beberapa menit setalah itu kemudian terjadi kebuntuan reprigen tidak mengalir.kemudian cabut arus PLN diamkan beberapa menit normal kembali dan beberapa menit terjadi kebuntuan lagi dan begitu seterusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena ada udara di dalam sistem
      https://www.tptumetro.com/2019/01/bahaya-udara-dalam-sistem-pendingin.html

      Hapus
  10. Mohon pencerahannya Master.
    Freezer box suhunya cuma dapat minus 5 derajat.
    Evabrator dan kondensor tidak bocor
    Pipa kapiler tidak buntu
    Evabrator dan kondensor sdh d plasing dengan tiner dan metil serta didorong dgn gas pakai kompresor
    Tekanan kompresor diatas 500 psi
    Preon standar dan hanya 8 psi jika lebih pipa balik membeku
    Dicoba memperpanjang pipa kapiler namun hasilnya sama
    Terimakasih

    BalasHapus
  11. Mas mau tanya kulkas sya merek aqu s6 untk es batang,ada sktr 10 hari tdak saya oprasikan,kmudian setelah saya oprsikan kmbali kulkasnya hanya dingi tp tdak bisa beku.kira2 apa masalahnya ya masπŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek bagian thermostatnya gan. Mungkin bermasalah sehingga tidak bisa memantau suhu dengan baik

      Hapus
    2. Saya punya kulkas 2 pintu yang atas dingin yang bawah tidak dingin bos. Merek poliytron

      Hapus
  12. Mf juragan...sy dpt serican klks satu pintu sharp...gjala awal kulkas dingin separuh,sy langsung berasumsi bahwa oli naik ke evap,setelah sy kuras sampai bersih ternyata benar oli sdh naik ke evap..kmuduan stlh sy rasa cukup sy isi freon dgn tknn 10-11psi...baru 2 hari pnykit ny kambuh,sy kuras lg trnyta oli naik lg,sampai 3x penyakit ny slalu naik oli...yg jadi pertnya'an sy apakah krusakan dari compresor?atau dari kerusakan lain...?
    Mohon pencerahan nya juragan...salam service dari Bogor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin olinya yang sudah tidak layak lagi. Jika oli masih bagus, maka oli masih bisa bersatu dengan refrigerant.

      Hapus
  13. Mas sy pemula, perbaiki kulkas sdh isi freon tdk dingin d 10 psi pakai 134. Jd kulkas 2 pintu kondensor sy ganti 12 u.pipabkapilerbdan filter syb ganti. Setelah ranning tidak mau dingin. Filter dan pipa kapiler panas. Pipa balek berembun sampai kompresor, mohon solusinya, trims

    BalasHapus
  14. Ass bos maap mau tanya saya ngisi kulkas 1pintu awal y jarum manipol lancar udh d ats 0+ tp lama turun sebenar naik lgi ke awsl0+ begi seterus mohon d bantu apakah komplesor lemah atu kapiler ads kebuntuan trims bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena proses vakum yang tidak bagus dan masih ada udara di dalam sistem. Coba ulangi proses vakum dengan waktu yang lebih lama

      Hapus
    2. minta masukan nya master saat kulkas di hidupkan evap terasa dingin tpbeberapa menit kemudian evap tidak dingin tekanan preon turun.tp kompresor ttp hidup.beberapa menit evap dingin lagi tekanan preon normal lg. kalo kay gitu kira kira kerusakan nya dimana u

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel