-->

TANDA CIRI PIPA KAPILER KULKAS BUNTU


Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant yang ada dalam sistem pendingin kulkas. Refrigerant akan terus bersirkulasi melewati saluran pemipaan dalam sistem pendingin. Setelah melewati kompresor, refrigerant kemudian akan masuk ke kondensor untuk didinginkan. Setelah melewati kondensor, rerigerant akan masuk ke pipa kapiler yang sebelumnya akan disaring dahulu oleh filter yang selanjutnya akan masuk ke evaporator dan kembali lagi ke kompresor.



Refrigerant akan terus bersirkulasi selama saluran tidak terdapat kebuntuan didalam sistem pemipaan kulkas. Buntunya saluran pada kulkas yang paling mungkin terjadi adalah pada pipa kapiler. Hal ini dikarenakan pipa kapiler mempunyai diameter yang sangat kecil. Walaupun refrigerant sebelum masuk ke pipa kapiler sudah disaring dulu pada filter, tetapi kotoran yang diameternya lebih kecil dari lobang filter dapat menumpuk pada saluran dan akan menyumbat pipa kapiler. Kebuntuan pipa kapiler bisa terjadi dengan dua kriteria yaitu buntu total dan buntu sebagian. Keduanya mempunyai tanda-tanda yang berbeda. Mari kita bahas keduanya.

Pipa Kapiler Buntu Total
Jika ada bagian sistem pendingin yang buntu total maka kerja kompresor juga akan terganggu. Pada saat pipa kapiler buntu total, silkus refrigerant akan terhenti pada sisi tekanan tinggi (kondensor) yang menyebabkan tekanan pada kondensor akan sangat tinggi. Tingginya tekanan pada kondensor menyebabkan kerja kompresor menjadi berat yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi lebih tinggi dari kondisi normal.

Tingginya arus listrik menyebabkan overload  menjadi panas dan kontak overload akan terbuka (kompresor menjadi mati). Setelah beberapa saat (overload dingin) kontak overload akan menutup kembali (kompresor kembali bekerja). Begitu seterusnya sehingga cabinet kulkas tidak dingin.

Pipa Kapiler Buntu Sebagian
Jika pipa kapiler buntu sebagian maka kejadiannya mirip seperti pada pipa kapiler dengan kebuntuan total. Bedanya yaitu terbukanya kontak pada overload memerlukan waktu yang agak lama. Ini terjadi karena sebagian refrigerant masih bisa mengalir melewati pipa kapiler sehingga kompresor tidak akan langsung panas sehinga overload juga akan semakin lama terbuka.

Untuk mengatasi masalah pipa kapiler yang buntu harus mencabut pipa kapiler dan dibuang bahan yang menyumbatnya. Kalau pipa kapiler sudah dilepas, sekalian ganti filter/drier. Tetapi yang harus diperhatikan adalah pada saat pemasangan pipa kapiler dan filter. Pada saat pengelasan sangat mungkin akan terjadi kerak (jelaga) yang terjadi karena sisa minyak pelumas yang masih menempel pada pipa kapiler yang terkena pemanasan yang tinggi pada saat pengelasan. Kerak ini akan akan menyebabkan penyumbatan pada pipa kapiler itu sendiri. Oleh karena itu kita harus mengusahakan agar bagian yang kita las sudah bersih dari minyak pelumas ataupun kontoran lainnya.

Sekian artikel tentang tanda kebuntuan pipa kapiler pada unit refrigerator (kulkas). Semoga dapat bermanfaat.

“Jangan pernah menghina masa lalu seseorang. Karena kita tidak tahu bagaimana masa depannya.”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel