-->

Cara Pasang Saklar Tiga Kaki Dengan Lampu

Mungkin kita tidak asing lagi dengan istilah saklar. Saklar adalah komponen listrik/elektronik yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan rangkaian listrik. Saklar tersedia dengan bermacam bentuk, ukuran, dan kemampuan untuk mengalirkan listrik. 

Kali ini kita akan membahas tentang cara memasang saklar tiga kaki. Bentuk saklar tiga kaki yang dimaksud dapat dilihat pada gambar di bawah.

Cara Pasang Saklar Tiga Kaki Dengan Lampu

Saklar tersebut merupakan saklar On/Off yang mempunyai tiga buah kaki yang terdiri dari dua kaki dengan warna putih/silver dan satu kaki dengan warna kuning/emas (pada gambar dengan nomor 1 dan 2). Dua kaki yang berwarna putih digunakan sesuai fungsi saklar, yaitu dihubungkan pada jalur yang akan disambungkan atau diputuskan jalur listriknya. Sedangkan satu kaki lagi yang berwarna kuning (pada gambar dengan nomor 3) merupakan jalur untuk menghidupkan lampu.

Saklar tiga kaki ini mempunyai sebuah lampu indikator. Lampu indikator tersebut akan menyala pada saat saklar dalam keadaan ON, dan akan mati pada saat saklar dalam keadaan OFF. Jika pemasangan kabel pada kaki saklar salah, maka kemungkinannya ada dua yaitu:

1. Saklar tidak dapat bekerja

Jika salah menghubungkan kabel ke saklar tiga kaki ini, maka jalur yang diputus atau dihubungkan terdapat pada jalur yang salah. Oleh karena itu, lampu tidak akan menyala atau mati pada saat saklar ditekan.

2. Lampu indikator hidup terus

Kesalahan yang dapat terjadi karena pemasangan kabel pada saklar tiga kaki ini juga dapat menyebabkan lampu indikator hidup terus.

3. Terjadi konsleting listrik

Saklar tiga kaki ini terdapat satu jalur netral yang dihubungkan ke salah satu kaki saklar. Jika salah dalam pemasangan, maka jalur fasa dan jalur netral akan terhubung pada saat saklar dihidupkan. Oleh karena itu, harus benar-benar diperhaikan cara pemasangannya agar tidak terjadi konsleting listrik.

Diagram Saklar Tiga Kaki Dengan Lampu

Sebelum melakukan pemasangan saklar tiga kaki dengan lampu ini, kita bahas dulu bagian-bagian saklar tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini. Untuk lebih mudahnya, saya tuliskan nomor pada kaki saklar. 

Cara Pasang Saklar Tiga Kaki Dengan Lampu

Saklar tiga kaki dengan lampu ini merupakan jenis saklar SPST (Single Pole Single Throw). Kalau dilihat sekilas, saklar ini merupakan jenis SPDT (Single Pole Double Throw) karena mempunyai tiga buah kaki. Padahal kaki yang satu merupakan kaki tambahan untuk menghidupkan lampu.

Cara Pasang Saklar Tiga Kaki Dengan Lampu

Untuk cara pemasangan / instalasi saklar tiga kaki dengan lampu ini sebagai berikut:

Cara Pasang Saklar Tiga Kaki Dengan Lampu

Kaki nomor 1 (satu) dihubungkan ke jalur Fasa sumber tegangan.

Kaki nomor 2 (dua) dihubungkan ke jalur Fasa beban.

Kaki nomor 3 (tiga) dihubungkan ke jalur Netral.

Jalur beban dapat dihubungkan langsung ke lampu, stop kontak, kipas, trafo, atau perangkat listrik lainnya. Dalam menggunakan saklar tiga kaki dengan lampu ini harap perhatikan daya yang mampu dilewatkan oleh saklar tersebut. Jika saklar dengan kemampuan daya kecil dan digunakan untuk menghidupkan beban dengan daya yang besar, maka saklar akan panas dan nantinya akan meleleh. Daya maksimal yang dapat dilewatkan yaitu sekitar 70% dari kemampuan saklar agar keamanan dapat terjaga dengan baik.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel