-->

THERMOFUSE; FUNGSI MANFAAT UKURAN BENTUK


Thermofuse adalah komponen listrik yang berfungsi sebagai pengaman jika terjadi beban (daya) berlebih atau panas yang berlebih. Thermofuse digunakan untuk mengamankan komponen lainnya agar tidak terbakar atau kerusakan yang lebih parah. Thermofuse digunakan pada beberapa peralatan listrik antara lain ricecooker, kipas angin, pompa air, dan beberapa peralatan lainnya yang menggunakan lilitan email. Thermofuse ada yang berbentuk kotak dan ada juga yang berbentuk seperti resistor. Bentuk thermofuse diperlihatkan pada gambar di bawah.


Batas kerja thermofuse dapat dilihat jelas pada tulisan yang terdapat pada badan thermofuse. Sebagai contoh sebuah thermofuse terdapat tulisan 150oC 3A, maka thermofuse tersebut akan putus jika dilewati oleh arus listrik lebih tinggi dari 3 ampere atau panas thermofuse melebihi 150oC.

Pada kipas angin atau peralatan listrik lainnya yang mempunyai lilitan kawat email, thermofuse ditempatkan menempel pada lilitan kawat. Hal ini bertujuan agar panas dari lilitan kawat dapat cepat dideteksi oleh thermofuse sehingga perlindungan kawat email dari panas yang berlebih akan lebih efektif. Thermofuse yang digunakan pada kipas angin ada yang berbentuk kotak atau seperti resistor. Letak thermofuse pada kipas angin diperlihatkan pada gambar di bawah.


Thermofuse pada penanak nasi (ricecooker/magic jar) berbentuk seperti resistor dengan badan dilapisi logam. Thermofuse pada magic com dipasang secara seri dengan elemen pemanas dengan penempatan yang berbeda dengan kipas angin. Pada magic jar, thermofuse dipasang tidak menempel pada elemen pemanas. Bisa dibayangkan jika thermofuse dilekatkan pada elemen pemanas magic jar, pasti akan langsung mati karena elemen pemanas mempunyai suhu yang tinggi. Thermofuse pada magic com diperlihatkan pada gambar di bawah.


Thermofuse juga digunakan pada beberapa merk Air Conditioner (AC). Biasanya thermofuse yang digunakan berbentuk seperti resistor.thermofuse ini ditempatkan di dalam terminal (konektor) kabel. Thermofuse pada AC Split digunakan untuk melindungi bagian kontrol (PCB/Modul) agar tetap aman dari arus berlebih. Penempatan thermofuse pada AC Split diperlihatkan pada gambar di bawah.


Secara umum, thermofuse dipasang pada jalur listrik utama. Dengan demikian jika thermofuse putus maka peralatan listrik/elektronika tidak akan terdapat tanda kehidupan sama sekali.

Demikian artikel tentang thermofuse, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel