-->

Cara Setting Suhu Thermostat Digital STC 1000

Thermostat STC 1000 sangat baik digunakan untuk alat penetas telur, inkubator, dan juga untuk perawatan hewan yang memerlukan suhu tertentu. STC 1000 juga dapat bekerja dengan baik untuk pengontrolan suhu pada boiler (pemanas air), lemari es, freezer, dan banyak peralatan lainnya yang menggunakan pengontrol suhu.

Tampilan thermostat STC 1000 terdapat empat tombol sebagai berikut:

Tombol On/Off berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan thermostat.

Tombol SET berfungsi untuk memilih fungsi thermostat. Tahan tombol SET selama dua detik dan thermostat STC 1000 akan menampilkan menu fungsi F1, F2, F3, dan F4).

Tombol Panah berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan nilai.

setting suhu pada thermometer digital untuk pendingin dan pemanas

Cara Setting Thermostat STC 1000

Dalam melakukan setting suhu pada thermostat STC 1000 kita harus melakukan setting pada F1, F2, dan F3. Berikut langkah-langkahnya.

1. Hidupkan thermostat STC 1000

Untuk menghidupkan thermostat STC 1000 kita harus menekan tombol On/Off selama 3 detik.

2. Setting F1 (Set Nilai Suhu)

Masuk ke Mode F1 dengan cara menekan dan menahan tombol SET selama tiga detik hingga muncul tulisan F1. Mode F1 pada thermostat STC 1000 merupakan tempat untuk melakukan setting nilai suhu yang diinginkan. Jika kita mengingikan setting suhu pada 28oC, maka setelah muncul tulisan F1 kemudian tekan dan tahan tombol SET sambil menekan tombol panah ke atas untuk menambah nilai dan tombol panah ke bawah untuk mengurangi nilai.

Setelah nilai suhu sesuai dengan yang diinginkan, lepaskan tombol SET. Tekan tombol SET kembali untuk mengunci nilai yang sudah diatur. Tekan tombol On/Off untuk kembali ke tampilan awal. Setting suhu pada Thermostat STC 1000 dapat dilakukan dari -50oC hingga 99oC.

3. Setting F2 (Set Nilai Diferensial)

Nilai diferensial adalah nilai perbedaan suhu antara setting suhu dengan suhu pada saat relay bereaksi. Nilai diferensial dapat diatur dari 1oC hingga 10oC dan nilai default diferensial adalah 3oC.

Pada mode heat, relay heating akan Off pada saat nilai suhu mencapai nilai setting suhu dikurangi dengan nilai diferensial. Contoh jika setting suhu pada 25oC dan diferensial 2oC maka relay heating akan On pada saat suhu 23oC dan akan Off pada saat suhu 25oC.

Sedangkan pada mode cool, relay cooling akan On pada saat nilai suhu mencapai nilai setting suhu ditambah dengan nilai diferensial. Contoh jiika setting suhu pada 20oC dan diferensial 3oC, maka relay cooling akan On pada saat suhu 22oC dan akan Off pada saat suhu 20oC.

Untuk mengatur nilai diferensial, tekan tombol SET selama tiga detik hingga muncul tulisan F1. Tekan tombol panah atas atau bawah untuk merubah mode menjadi F2. Tekan dan tahan tombol SET sambil menekan tombol panah atas untuk menambah nilai diferensial dan tombol panah bawah untuk mengurangi nilai diferensial.

Setelah nilai diferensial sesuai dengan yang diinginkan, lepaskan tombol SET. Tekan tombol SET kembali untuk mengunci nilai yang sudah diatur. Tekan tombol On/Off untuk kembali ke tampilan awal.

4. Setting F3 (Set Waktu Tunggu)

Nilai diferensial adalah nilai tunggu pada mode pendinginan (cooling) saat relay OFF. Waktu tunggu dihitung mulai pada saat relay cooling OFF (terbuka). Waktu tunggu dapat diatur dari satu menit hingga sepuluh menit. Pada keadaan default, waktu tunggu ini bernilai 3 menit.

Untuk mengatur nilai waktu tunggu, tekan tombol SET selama tiga detik hingga muncul tulisan F1. Tekan tombol panah atas atau bawah untuk merubah mode menjadi F3. Tekan dan tahan tombol SET sambil menekan tombol panah atas untuk menambah nilai waktu tunggu dan tombol panah bawah untuk mengurangi nilai waktu tunggu.

Setelah nilai waktu tungu sesuai dengan yang diinginkan, lepaskan tombol SET. Tekan tombol SET kembali untuk mengunci nilai yang sudah diatur. Tekan tombol On/Off untuk kembali ke tampilan awal.

Sedangkan untuk mode F4 adalah mode untuk kalibrasi nilai suhu yang ditampilkan. Nilai dapat di naikkan ataupun diturunkan hingga 10oC. Untuk lebih memahami kerja Thermostat STC 1000, baca artikel tentang Cara Kerja Thermostat STC 1000.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel