-->

KOMPRESOR HIDUP MATI, KULKAS TIDAK DINGIN


Kompresor Hidup Sebentar Lalu Mati, Kulkas Tidak Dingin;  Pada saat kita membuka kulkas untuk menikmati minuman dingin, ternyata air yang ada di dalam kulkas tidak dingin. Ini pasti ada yang tidak beres dengan kulkasnya. Setelah di cek, didapat data:

1.  Lampu penerangan di dalam kulkas masih menyala jika pintu kulkas dihidupkan. Ini berarti tegangan listrik masih ada.
2.  Posisi thermostat pada mode cool (pendinginan). Setelah diputar hingga posisi dingin maksimal ternyata kondisinya masih tetap sama.
3.  Kompresor mati. Setelah dituggu, kompresor bekerja (bergetar) tetapi kemudian mati lagi setelah dua hingga lima detik. Ini berulang terus menerus.


Dari data kondisi kulkas dapat disimpulkan bahwa ada permasalahan pada sistem kerja kompresor. Kulkas tidak akan dingin karena kompresor berhenti bekerja sebelum setting suhu (suhu yang diharapkan) belum tercapai. Kemungkinan bagian yang bermasalah antara lain:

Sistem pendingin buntu
Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant yang ada dalam sistem pendingin. Jika ada bagian sistem pendingin yang buntu total (biasanya pada pipa kapiler) maka kerja kompresor juga akan terganggu. Pada saat pipa kapiler buntu total, silkus refrigerant akan terhenti pada sisi tekana tinggi (kondensor) yang menyebabkan tekanan pada kondensor akan sangat tinggi. Tingginya tekanan pada kondensor menyebabkan kerja kompresor menjadi berat yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi lebih tinggi dari kondisi normal. Tingginya arus listrik menyebabkan overload  menjadi panas dan kontak overload akan terbuka (kompresor menjadi mati). Setelah beberapa saat (overload dingin) kontak overload akan menutup kembali (kompresor kembali bekerja). Begitu seterusnya sehingga cabinet kulkas tidak dingin.


Untuk mengatasi masalah ini harus mencabut pipa kapiler dan dibuang bahan yang menyumbatnya. Kalau pipa kapiler sudah dilepas, sekalian ganti filter/drier.

Start Relay Rusak / PTC

Kerusakan pada bagian start relay menyebabkan kompresor tidak akan bisa bekerja. Pada saat start, lilitan bantu (sekunder) pada motor listrik tidak akan teraliri arus listrik. Arus listrik hanya akan melewati lilitan utama (primer). Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja). Oleh karena kompresor tidak pernah bekerja normal, maka cabinet kulkas tidak akan pernah dingin.

Overload Lemah

Overload lemah jarang terjadi, tetapi sekecil apapun kemungkinannya kita harus tetap mengeceknya. Lemahnya overload menyebabkan kontak cepat membuka pada temperature yang kurang panas. Kontak overlaod akan membuka dan menutup pada temperature tertentu. Overload yang lemah bisa kita antisipasi dengan cara menyetel (memutar) baut yang ada pada bagian dalam overload. Tetapi ini sangat beresiko karena kita tidak tahu berapa derajat temperature yang berubah jika kita memutar baut setelan.

Salah Satu Lilitan Terbakar
Jika salah satu lilitan terbakar menyebabkan kompresor tidak akan bisa bekerja. Pada saat start, lilitan bantu (sekunder) pada motor listrik tidak akan teraliri arus listrik. Arus listrik hanya akan melewati lilitan utama (primer). Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja).


Untuk mengecek apakah lilitan kompresor masih bagus atau tidak adalah dengan menggunakan multimeter. Caranya adalah:

1.  Lepaskan semua konektor yang ada pada terminal kompresor.
2.  Ambil multimeter dan posisikan selector pada ohm 1x atau 10x.
3.  Tempelkan probe (kabel multimeter) ke terminal kopresor.
4.  Jika dari ketiga terminal tersebut ada yang tidak berhubungan, maka lilitan didalamnya terbakar (putus).

Jika kompresor terbakar lilitannya, maka solusinya adalah dengan mengganti kompresor.

Mekanik Kompresor Macet
Mekanik kompresor terletak di dalam kompresor. Macetnya kompresor bisa dikarenakan ada kotoran yang mengganjal gerakan kompresor. Pada saat start, kompresor tidak kuat untuk berputar. Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja).



Untuk mengatasi ini kita bisa coba mengganti start relay / PTC dengan kapasitor. Tujuan penggantian adalah untuk mendapatkah momen putar yang lebih besar. Besarnya kapasitor mulai dengan 10uF kemudian kita hidupkan kulkas tetapi jangan terlalu lama. Jika sudah berputar maka lepas sumber listrik dan kembalikan start relay seperti semula. Jika belum bisa berputar, coba ganti kapasitor dengan yang lebih besar.


21 Responses to "KOMPRESOR HIDUP MATI, KULKAS TIDAK DINGIN"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Saya ada kulkas 2 pintu merk samsung mesin nya hidup lalu dingin, dingin belum maximal mesin matii lalu mesin angett, lalu hidup lagii tapi lebih sebentar durasi nya lalu mati lagii, dan terus menerus berulang seperti itu. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kulkas masih bisa dingin berarti mesin kompresor gak ada masalah. Kemungkinan pada sistem terdapat kebuntuan pada pipa kapiler tetapi tidak buntu total (buntu sebagian). Kemungkinan yg lain karena thermostat bermasalah

      Hapus
    2. Gan saya baru beli kulkas dari toko. Dan di tes di toko tersebut kulkas normal dingin. Terus ketika kulkas sudah dikirim dan sampai di rumah kenapa sampai 1 jam tidak dingin. Mohon pencerahan nya

      Hapus
    3. Kemungkinan karena cara membawa kulkasnya. Membawa kulkas tidak boleh miring, harus tetap tegak. Hal ini dikarenakan oli pada kompresor bisa masuk ke dalam sistem pemipaan dan berhenti di evaporator. Jika oli kompresor yang masuk ke evaporator jumlahnya cukup banyak maka tidak akan bisa kembali ke kompresor. Oli pada evaporator ini dapat menyebabkan kulkas dinginnya kurang.

      Hapus
    4. mau tanya mas kulkas merk lg indikator nyala kompresor jalan tapi di dalam friser ada bunyi kricik kricik itu bagaimana cara mengatasinya mas terima kasih

      Hapus
    5. Bunyi kricik-kricik di evaportor itu karena aliran refrijeran cair.
      Pada beban normal, refrijeran/freon yang keluar dari pipa kapiler akan disemburkan ke dalam evaporator.
      Jika beban kulkas kecil(sudah dingin), refrijeran tidak langsung menguap dan masih berbentuk cair. Aliran refrijeran cair ini yang berbunyi kricik-kricik.
      Suara pada evaporator (frezzer) itu memang ada. Untuk mengurangi suara kricik-kricik coba setelah temperatur diturunkankan ke level yang lebih rendah.

      Hapus
    6. Mohon tanya pk , kulkas saya baru di nyalakan sebentar 2 menitan kurang lebih lalu mati itu apa nya ya

      Hapus
    7. Kemungkinan pertama adanya kebuntuan pada sistem pemipaan. Biasanya pada pipa kapiler.
      Kemungkinan kedua PTC Relay rusak atau pecah pada kepingannya.
      Kemungkinan ketiga dan yang paling parah yaitu lilitan motor kompresor ada yang terbakar.

      Hapus
  2. Saya punya kulkas satu pintu merek sharp kirei. Setelah didersihkan bungasaljunya. Kulkas tidak mau dingin. Kompresornya panas tapi kulkas tidak dingin.
    Kira2 apa masalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek lagi kompresornya. Apakah kompresor panas itu karena bekerja atau tidak. Ciri kompresor bekerja yaitu ada getaran di kompresor.
      Kemungkinan yang lain karena evaporator (tempat bunga salju) tercongkel dan bocor sehingga refrigerant (freon) akan keluar.

      Hapus
  3. Saya ada kulkas polytron 1 pintu,kulkasnya ngga mau dingin padahal lampunya juga masih nyala.Terus bagian belakang kulkas mungkin yang di sebut kompresor itu panas banget dan kalau bunyi itu sebentar terus mati.Itu masalahnya apa ya? Apa rusak parah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kemungkinan
      1. Start relay rusak
      2. Sistem mengalami kebuntuan
      3. Ada bagian kompresor yang terbakar
      Itu beberapa kemungkinan kerusakan. Untuk yang no 1 kerusakan paling ringan dan no 3 kerusakan paling berat

      Hapus
  4. Mesin kulkas samsung inverter2 pintu sayasering hidup mati sendiri, bagaimn cara mengatasiya
    Apakah saya pelu bantuan teknisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tipe inverter lebih rumit gan. Terdapat rangkaian kontrol (PCB), harus di kerjakan oleh yang mempunyai ilmu kelistrikan yang cukup handal. Hubungi teknisi aja gan.

      Hapus
  5. Bos q aq punya samsung 2 pintu keluahannya kompesor panas sekali kulkas normal kira" masalahnya dmna pius sudah di ganti temer jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kulkas masih normal/bisa mendinginkan berarti tidak ada kerusakan yang serius. Kompresor panas ada beberapa penyebabnya bos
      1. Sirkulasi udara sekitar kulkas kurang. Ini bisa terjadi karena penempatan kulkas yang terlalu rapat dengan tembok.
      2. Kompresor bekerja terlalu lama. Ini bisa terjadi karena setting suhu/thermostat kurang tepat.
      3. Kompresor bermasalah. Ini bisa terjadi karena masalah oli pada kompresor, sistem mekanik, atau lilitan kawat kompresor bermasalah.

      Hapus
    2. Bos saya punya freezer box Aqua 200 L baru 3 hari pemakaian kx tidak bisa membekukan makanan kompresor jga tidak nyala kira" apanya bos

      Hapus
    3. Bisa beberapa kemungkinan bos.
      1. Cek lampunya apakah bisa menyala atau tidak. Jika bisa menyala berarti aliran listrik masuk ke rangkaian.
      2. Cek posisi thermostat. Pastikan posisinya tidak pada OFF.
      3. Cek lampu indikator hidupnya kompresor. Jika lampu indikator kompresor menyala tetapi kompresor tidak menyala berarti yang rusak bagian kompresornya.

      Hapus
  6. Aku bru bli kulkas LG, tpi setiap 5 jam lebbi pasti mti setelah 30 menit bru hidup kembali itu kenapa ya?... Apa penyebabnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih bisa dingin itu normal. Sistem kulkas akan mendinginkan ruangan hingga setting suhu pada thermostat tercapai. Jika setting suhu tercapai maka kompresor akan berhenti bekerja.
      Dengan berhentinya kompresor, maka proses pendinginan juga akan berhenti. Lama kelamaan suhu udara di dalam kulkas akan naik dan akan memicu thermostat untuk kembali menghidupkan kompresor.
      Sistem kulkas memang didesain seperti itu, ada proses istirahat bagi kompresor agar kompresor mempunyai umur yang lebih lama.

      Hapus
  7. Mas, mau tanya.
    Kalo setiap kompresor mati, terus pipa air pembuangan belakang kulkas bunyi kucuran air itu wajar gak yah?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel