-->

KOMPRESOR HIDUP MATI, KULKAS TIDAK DINGIN


Kompresor Hidup Sebentar Lalu Mati, Kulkas Tidak Dingin;  Pada saat kita membuka kulkas untuk menikmati minuman dingin, ternyata air yang ada di dalam kulkas tidak dingin. Ini pasti ada yang tidak beres dengan kulkasnya. Setelah di cek, didapat data:

1.  Lampu penerangan di dalam kulkas masih menyala jika pintu kulkas dihidupkan. Ini berarti tegangan listrik masih ada.
2.  Posisi thermostat pada mode cool (pendinginan). Setelah diputar hingga posisi dingin maksimal ternyata kondisinya masih tetap sama.
3.  Kompresor mati. Setelah dituggu, kompresor bekerja (bergetar) tetapi kemudian mati lagi setelah dua hingga lima detik. Ini berulang terus menerus.


Dari data kondisi kulkas dapat disimpulkan bahwa ada permasalahan pada sistem kerja kompresor. Kulkas tidak akan dingin karena kompresor berhenti bekerja sebelum setting suhu (suhu yang diharapkan) belum tercapai. Kemungkinan bagian yang bermasalah antara lain:

Sistem pendingin buntu
Kompresor berfungsi untuk mensirkulasikan refrigerant yang ada dalam sistem pendingin. Jika ada bagian sistem pendingin yang buntu total (biasanya pada pipa kapiler) maka kerja kompresor juga akan terganggu. Pada saat pipa kapiler buntu total, silkus refrigerant akan terhenti pada sisi tekana tinggi (kondensor) yang menyebabkan tekanan pada kondensor akan sangat tinggi. Tingginya tekanan pada kondensor menyebabkan kerja kompresor menjadi berat yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi lebih tinggi dari kondisi normal. Tingginya arus listrik menyebabkan overload  menjadi panas dan kontak overload akan terbuka (kompresor menjadi mati). Setelah beberapa saat (overload dingin) kontak overload akan menutup kembali (kompresor kembali bekerja). Begitu seterusnya sehingga cabinet kulkas tidak dingin.


Untuk mengatasi masalah ini harus mencabut pipa kapiler dan dibuang bahan yang menyumbatnya. Kalau pipa kapiler sudah dilepas, sekalian ganti filter/drier.

Start Relay Rusak / PTC

Kerusakan pada bagian start relay menyebabkan kompresor tidak akan bisa bekerja. Pada saat start, lilitan bantu (sekunder) pada motor listrik tidak akan teraliri arus listrik. Arus listrik hanya akan melewati lilitan utama (primer). Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja). Oleh karena kompresor tidak pernah bekerja normal, maka cabinet kulkas tidak akan pernah dingin.

Overload Lemah

Overload lemah jarang terjadi, tetapi sekecil apapun kemungkinannya kita harus tetap mengeceknya. Lemahnya overload menyebabkan kontak cepat membuka pada temperature yang kurang panas. Kontak overlaod akan membuka dan menutup pada temperature tertentu. Overload yang lemah bisa kita antisipasi dengan cara menyetel (memutar) baut yang ada pada bagian dalam overload. Tetapi ini sangat beresiko karena kita tidak tahu berapa derajat temperature yang berubah jika kita memutar baut setelan.

Salah Satu Lilitan Terbakar
Jika salah satu lilitan terbakar menyebabkan kompresor tidak akan bisa bekerja. Pada saat start, lilitan bantu (sekunder) pada motor listrik tidak akan teraliri arus listrik. Arus listrik hanya akan melewati lilitan utama (primer). Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja).


Untuk mengecek apakah lilitan kompresor masih bagus atau tidak adalah dengan menggunakan multimeter. Caranya adalah:

1.  Lepaskan semua konektor yang ada pada terminal kompresor.
2.  Ambil multimeter dan posisikan selector pada ohm 1x atau 10x.
3.  Tempelkan probe (kabel multimeter) ke terminal kopresor.
4.  Jika dari ketiga terminal tersebut ada yang tidak berhubungan, maka lilitan didalamnya terbakar (putus).

Jika kompresor terbakar lilitannya, maka solusinya adalah dengan mengganti kompresor.

Mekanik Kompresor Macet
Mekanik kompresor terletak di dalam kompresor. Macetnya kompresor bisa dikarenakan ada kotoran yang mengganjal gerakan kompresor. Pada saat start, kompresor tidak kuat untuk berputar. Motor listrik pada kompresor tidak akan bisa berputar (hanya bergetar/mendengung saja) yang menyebabkan konsumsi arus listrik menjadi besar. Hal ini akan berakibat overload menjadi panas dan kontak akan terbuka sehingga kompresor mati (tidak bekerja).



Untuk mengatasi ini kita bisa coba mengganti start relay / PTC dengan kapasitor. Tujuan penggantian adalah untuk mendapatkah momen putar yang lebih besar. Besarnya kapasitor mulai dengan 10uF kemudian kita hidupkan kulkas tetapi jangan terlalu lama. Jika sudah berputar maka lepas sumber listrik dan kembalikan start relay seperti semula. Jika belum bisa berputar, coba ganti kapasitor dengan yang lebih besar.


76 Responses to "KOMPRESOR HIDUP MATI, KULKAS TIDAK DINGIN"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Saya ada kulkas 2 pintu merk samsung mesin nya hidup lalu dingin, dingin belum maximal mesin matii lalu mesin angett, lalu hidup lagii tapi lebih sebentar durasi nya lalu mati lagii, dan terus menerus berulang seperti itu. Kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kulkas masih bisa dingin berarti mesin kompresor gak ada masalah. Kemungkinan pada sistem terdapat kebuntuan pada pipa kapiler tetapi tidak buntu total (buntu sebagian). Kemungkinan yg lain karena thermostat bermasalah

      Hapus
    2. Gan saya baru beli kulkas dari toko. Dan di tes di toko tersebut kulkas normal dingin. Terus ketika kulkas sudah dikirim dan sampai di rumah kenapa sampai 1 jam tidak dingin. Mohon pencerahan nya

      Hapus
    3. Kemungkinan karena cara membawa kulkasnya. Membawa kulkas tidak boleh miring, harus tetap tegak. Hal ini dikarenakan oli pada kompresor bisa masuk ke dalam sistem pemipaan dan berhenti di evaporator. Jika oli kompresor yang masuk ke evaporator jumlahnya cukup banyak maka tidak akan bisa kembali ke kompresor. Oli pada evaporator ini dapat menyebabkan kulkas dinginnya kurang.

      Hapus
    4. mau tanya mas kulkas merk lg indikator nyala kompresor jalan tapi di dalam friser ada bunyi kricik kricik itu bagaimana cara mengatasinya mas terima kasih

      Hapus
    5. Bunyi kricik-kricik di evaportor itu karena aliran refrijeran cair.
      Pada beban normal, refrijeran/freon yang keluar dari pipa kapiler akan disemburkan ke dalam evaporator.
      Jika beban kulkas kecil(sudah dingin), refrijeran tidak langsung menguap dan masih berbentuk cair. Aliran refrijeran cair ini yang berbunyi kricik-kricik.
      Suara pada evaporator (frezzer) itu memang ada. Untuk mengurangi suara kricik-kricik coba setelah temperatur diturunkankan ke level yang lebih rendah.

      Hapus
    6. Mohon tanya pk , kulkas saya baru di nyalakan sebentar 2 menitan kurang lebih lalu mati itu apa nya ya

      Hapus
    7. Kemungkinan pertama adanya kebuntuan pada sistem pemipaan. Biasanya pada pipa kapiler.
      Kemungkinan kedua PTC Relay rusak atau pecah pada kepingannya.
      Kemungkinan ketiga dan yang paling parah yaitu lilitan motor kompresor ada yang terbakar.

      Hapus
  2. Saya punya kulkas satu pintu merek sharp kirei. Setelah didersihkan bungasaljunya. Kulkas tidak mau dingin. Kompresornya panas tapi kulkas tidak dingin.
    Kira2 apa masalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dicek lagi kompresornya. Apakah kompresor panas itu karena bekerja atau tidak. Ciri kompresor bekerja yaitu ada getaran di kompresor.
      Kemungkinan yang lain karena evaporator (tempat bunga salju) tercongkel dan bocor sehingga refrigerant (freon) akan keluar.

      Hapus
    2. Masalahnya sama seperti saya,tp punya saya kompresor awal star getar satu detik trus ga ada getaran lg.
      Knp ya

      Hapus
  3. Saya ada kulkas polytron 1 pintu,kulkasnya ngga mau dingin padahal lampunya juga masih nyala.Terus bagian belakang kulkas mungkin yang di sebut kompresor itu panas banget dan kalau bunyi itu sebentar terus mati.Itu masalahnya apa ya? Apa rusak parah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa kemungkinan
      1. Start relay rusak
      2. Sistem mengalami kebuntuan
      3. Ada bagian kompresor yang terbakar
      Itu beberapa kemungkinan kerusakan. Untuk yang no 1 kerusakan paling ringan dan no 3 kerusakan paling berat

      Hapus
  4. Mesin kulkas samsung inverter2 pintu sayasering hidup mati sendiri, bagaimn cara mengatasiya
    Apakah saya pelu bantuan teknisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tipe inverter lebih rumit gan. Terdapat rangkaian kontrol (PCB), harus di kerjakan oleh yang mempunyai ilmu kelistrikan yang cukup handal. Hubungi teknisi aja gan.

      Hapus
  5. Bos q aq punya samsung 2 pintu keluahannya kompesor panas sekali kulkas normal kira" masalahnya dmna pius sudah di ganti temer jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kulkas masih normal/bisa mendinginkan berarti tidak ada kerusakan yang serius. Kompresor panas ada beberapa penyebabnya bos
      1. Sirkulasi udara sekitar kulkas kurang. Ini bisa terjadi karena penempatan kulkas yang terlalu rapat dengan tembok.
      2. Kompresor bekerja terlalu lama. Ini bisa terjadi karena setting suhu/thermostat kurang tepat.
      3. Kompresor bermasalah. Ini bisa terjadi karena masalah oli pada kompresor, sistem mekanik, atau lilitan kawat kompresor bermasalah.

      Hapus
    2. Bos saya punya freezer box Aqua 200 L baru 3 hari pemakaian kx tidak bisa membekukan makanan kompresor jga tidak nyala kira" apanya bos

      Hapus
    3. Bisa beberapa kemungkinan bos.
      1. Cek lampunya apakah bisa menyala atau tidak. Jika bisa menyala berarti aliran listrik masuk ke rangkaian.
      2. Cek posisi thermostat. Pastikan posisinya tidak pada OFF.
      3. Cek lampu indikator hidupnya kompresor. Jika lampu indikator kompresor menyala tetapi kompresor tidak menyala berarti yang rusak bagian kompresornya.

      Hapus
  6. Aku bru bli kulkas LG, tpi setiap 5 jam lebbi pasti mti setelah 30 menit bru hidup kembali itu kenapa ya?... Apa penyebabnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih bisa dingin itu normal. Sistem kulkas akan mendinginkan ruangan hingga setting suhu pada thermostat tercapai. Jika setting suhu tercapai maka kompresor akan berhenti bekerja.
      Dengan berhentinya kompresor, maka proses pendinginan juga akan berhenti. Lama kelamaan suhu udara di dalam kulkas akan naik dan akan memicu thermostat untuk kembali menghidupkan kompresor.
      Sistem kulkas memang didesain seperti itu, ada proses istirahat bagi kompresor agar kompresor mempunyai umur yang lebih lama.

      Hapus
  7. Mas, mau tanya.
    Kalo setiap kompresor mati, terus pipa air pembuangan belakang kulkas bunyi kucuran air itu wajar gak yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu normal gan. Suara itu dari sisa tekanan refrigeran (freon) yang berbentuk cair.
      https://www.tptumetro.com/2020/03/suara-semburan-gemericik-air-kulkas.html

      Hapus
  8. Saya punya kulkas frizer saat pertama bekrja itu normal"saja,kendala saat mulai ad kristal es kempresor nyala mat berulang"bahkan kompresor mati hingga es mencair baru kompresir kembali bekerja.kira"apa permasalahanya yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada permasalahan di thermostat. Coba cek thermostatnya

      Hapus
  9. Sy baru beli kulkas tapi waktu di colok ke listrik hnya hidup sbntar dan mati lagi,setelah 7jam tidak ada hawa dingin sma sekali,apakah kulkas yg baru di beli bisa rusak?
    Mohon bantu jawaban nya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kulkas baru, kerusakan mungkin karena proses pengiriman yang tidak standar. Posisi kulkas harus berdiri tegak pada saat pengiriman. Jika posisinya tidur apalagi kalau terbalik, oli kompresor bisa masuk ke dalam sistem pemipaan. Itu penyebab kulkas baru tidak dingin

      Hapus
  10. Kulkas sya d nylakan kompresor tdk data reaksi ati bergetar...d tunggu hingga bbrp menit ttp sma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek ampere kompresornya. Jika ampere lebih rendah dari ampere yang tertera pada kompresor, kemungkinan refrigeran (freon) habis

      Hapus
  11. Saya kulkas sharp baru pakai 3 hari mesin komperso panas lalu listrik mati.itu pengaruhnya apa pak?tlong jelaskah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih baru, lebih baik pakai garansi aja. Jika dibongkar nanti garansi akan hilang.
      Mungkin kompresor cacat produk atau juga oli masuk ke sistem kompresi

      Hapus
    2. Mas saya punya kulkas merk Sharp awalnya baik namun karna terjadi kosleting listrik setelh itu ketika dihidupkan Bru 2 menit mati seakan arus listrik tidak mampu namun awalx listrik bsik

      Hapus
    3. Bisa jadi ada komponen yang rusak. Komponen itu antara lain Start Relay ataupun Kompresor. Kalau matinya setelah dua menit mungkin karena Start Relay panas. Itu bisa diakibatkan karena Start Relay lemah atau kerusakan pada kompresor

      Hapus
  12. Gan mau tanya,saya baru beli kulkas 2 pintu yg baru merk sharp tp kompesornya selalu panas tp tetap dingin apa masalhnya y gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompresor kulkas pasti panas jika sedang bekerja. Kalau dinginnya masih normal, tidak jadi masalah

      Hapus
  13. Sangat bermanfaat ilmunya pak,,, moga jd ladang amal pak

    BalasHapus
  14. Mhon bantuan kang.. 2 hri ni kulkas Lg sy. G bs dngin sma sekli.. untuk kmpresor tk.pgng pnas.. d sktr kmpresor hnya ada suara ctek. Sbntr berulng cetek lgi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu suara Overload. Coba pelajari ini
      https://www.tptumetro.com/2019/01/overload-motor-protector.html

      Hapus
  15. Gan saya baru beli kulkas baru sekitar 2 mingguan,, tp entah kenapa skarang tiba" es leleh dan g ada. Bunyi apapun... Mohon pencerahannya . apa yg hrs saya lakukan

    BalasHapus
  16. Pak saya beli kulkas polytron 1 pintu, kenapa ketika disett ke nomor 2 gak ada suaranya dan mesin gak bekerja apakah itu mati..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika setting mulai dari 0 ke 1, maka suhu yang diinginkan lebih dingin dan mesin akan tetap bekerja. Tetapi jika setting dari 3 ke 2, maka suhu yang diinginkan lebih hangat dan bisa jadi setting suhu untuk nomor 2 sudah tercapai dan mesin mati

      Hapus
  17. kulkas polytron beleza 2 pintu saya baru 2 minggu, interval 8 menit sekali kompressor menyala selama kira2 10 menit. apakah masih normal? sudah ada 3 malam ini kompressor menyala terus lebih dari 1 jam dan body kulkas sangat panas. karena khawatir terjadi apa2 kulkas saya matikan. apa yang menyebabkan kompressor terus menerus nyala / tidak berhenti seperti biasanya. makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah gan. Body kulkas panas itu karena kerja yang normal karena untuk membuang panas dari dalam

      Hapus
  18. BG mau tanyakan
    Otomatis kulkas saya berhenti satu hari satu kali,tapi lama nya mati hampir 4 jam baru hidup kembali
    Dan kompresor pipa nya juga berembun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih bisa mendinginkan makanan berarti masih bagus. Pipa berembun itu biasa terjadi karena udara luar lembab. Yang penting embun itu tidak sampai membeku

      Hapus
  19. Om teknisi kulkas daerah mana om, kalo bisa saya mau servis kulkas nya. Di daerah saya servis kulkas nya rada2. Salam dari serang banten

    BalasHapus
  20. Mohon pencerahannya
    Cerita nya punya kulkas Sanyo 1 pintu TDK bisa dingin, trs sama temen dipotong kabel listrik lalu dia bilang gi langsung in hasil nya kulkas bisa dingin tp otomatis nya TDK jln alias kompresor jln trs dan untuk mematikan hrs cabut kabel colokan listrik ... Temen bilang termostat nya hrs di ganti, apa benar begitu
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan. Itu harus ganti thermostat. Ganti aja biar gak repot. Harganya juga gak mahal

      Hapus
  21. Pak saya mau tanya saya punya kulkas freezer lg,,5 menit an mati tp kulkas dingin normal apa nya kira kira pak

    BalasHapus
  22. kolkasLG yg normal mati nya brapa jam pak? sblm nya trimksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup matinya kulkas tergantung dari suhu di dalamnya. Jika sudah dingin dan suhu bisa terjaga tetap dingin maka kulkas akan mati cukup lama

      Hapus
  23. Bang,minta solusi ada kulkas LG 2 pintu posisi kulkas hidup tpi tidak dingin saya raba body kulkas tidak hangat ataw panas dan kompresor bergetar tpi tidak panas ,kira2 permasalahanya dimana ya Bang🙏🙏🙏dapat kira dikasih Solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kompresor hidup (masih bergetar) tetapi kulkas tidak dingin dan body tidak panas kemungkinan besar terjadi kebocoran refrigerant (freon)

      Hapus
  24. mw tanya bang
    saya punya freezer merk sharp
    tapi nyalanya cuma bisa satu detik trus mati lagi hidup lagi
    padahal sebelumnya udh bisa beku udh ada saljunya
    tolong bantuannya bang

    BalasHapus
  25. Saya ada kulkas 2pintu merek Sharp....tiap di colok ke arus listrik bunyi cetak cetek dari otomatis nya.kulkas GK dingin sama sekali tolong pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyi itu dari konektor thermostat (pengatur suhu). Jika thermostat bisa berbunyi seperti itu seharusnya bisa dingin, tetapi kalau tidak dingin kemungkinan pada kompresornya yang bermasalah

      Hapus
  26. Kulkas saya bermasalah, dicolokin kompresornya berdengung doang padahal udah ganti PTC sama overload apa ya masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berdengun itu karena kompresor tidak dapat berputar. Coba cek tahanan terminal CSR pada kompresor untuk mengetahui kondisi lilitan didalamnya

      Hapus
    2. Pa saya mau tanyA kulkasa saya sharf 2 pintu di tinggal mudik lama pas kulkas di nyalakan bunyi berdengung trus jdi tidak ada otomatis nya gitu bodi nya juga panas baget solusi nya gimana

      Hapus
    3. Maaf, keterangannya belum jelas. Dimana asal suara dengungnya. Kalau body panas itu normal, yang penting masih bisa dingin.

      Hapus
  27. Met malam,sy punya kulkas merk lg 1 pintu,awal2nya normal saja,sekarang tidak ada dingin,kompresor tidak bergetar,dipegang panas,apakah itu karena thermostatnya tidak berfungsi,gimana cara yg mudah mengetest thermostat mati apa hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompresor tidak bergetar tetapi panas bisa dimungkinkan karena kompresor tidak bisa start. Bisa jadi kompresor sudah rusak atau ada komponen lainnya seperti PTC relay yang rusak

      Hapus
  28. Mau bertanya frizetLG saya nyala sebentar dan mati lagi serta ada tegangan setrumnya di bagian bodinya itu kira2 kenapa ya dan permasalahannya ada di bagian apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar karena kerusakan kompresor berupa short body. Yaitu ada lilitan pada kompresor yang terkelupas dan menyentuh body kompresor yang menghantarkan listrik ke body kulkas

      Hapus
  29. Pak mau tanya kalau frizer 6 rak yang dingin/beku bagian atasnya saja itu bagaiman sedangkan bagian bawahnya tidak klaupun beku butuh 2-3 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau freezer tersebut servisan, mungkin kekurangan refrigerant (freon). Tetapi kalau masih standar, kemungkinan suhu kondensasi tidak tercapai. Coba jarak freezer dengan tembok jangan terlalu dekat. Lebih baik lagi kalau kondensor diberi kipas tambahan

      Hapus
  30. Pak.. izin bertanya, kulkas freezer Walls, lama gak dipake, dicoba pake lagi, kipas nyala, tapi kompresor nya kayak getar bentar, agak dengung, getar bentar, dan kWh muncul peringatan daya lebih, lalu kompresor mati lagi. 3 menit kemudian ngulang kompresor kaya diatas.. mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena kompresor macet dan tidak bisa start lagi. Karena berhenti terlalu lama sehingga kompresor berkarat

      Hapus
  31. Aku mah tanya kulkas ku ga dingin pas saya coba pegang mesin bagian belakang bawa itu tidak bekerja atau tidak panas pada saat disentuh saya coba cabut colokan nya lalu saya diamkan beberapa menit kemudian saya colok lagi baru mesin bekerja dan kulkas dingin kira kira itu kenapa yaa??saya takut klo harus dicolok cabut colok cabut mohon untuk menjawab pertanyan dri saya bang 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena Overload Motor Protectornya aktif atau membuka. Overload ini akan membuka jika panas dan akan menutup jika dingin. Pada saat dicabut dan ditunggu, overload akan menjadi dingin dan akan menutup dan pada saat dicolokkan lagi kompresor akan bekerja

      Hapus
  32. Kulkas saya panasonic 2pintu,filter kapiler sering basah dan kompresor mati hidup dalam waktu 5detik. apakah pipa kapiler ada kebuntuan bos....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Filter seharusnya tetap kering dan hangat. Di dalam filter terdapat saringan untuk menyaring refrigerant, jika saringan ini buntu maka akan terjadi pengembunan pada bagian luar filter

      Hapus
  33. mau tanya dong ka
    kan kulkas aku tuh kulkas frezeer nah kulkasnya itu kadang2 nnti bisa normal aja dingin dan membekukan cuman nnti kadang2 bisa nggk bisa dingin sama sekali nggk hidup sama sekali gtu knp ya?? bingung

    BalasHapus
  34. Saya punya kulkas 2 pintu tapi gak dingin sudah ganti mesin pun GT jg apakah mesin lama bisa di perbaikin

    BalasHapus
  35. Saya baca artikel bapa,dari komen/jwb.. Tetap masih bingung masalahnya kulkas saya mati nyala 5 dtk berulang, sdh diganti ptc/relay & cek mtr cmprsor bagus halus suarannya,hasilnya kulkas tidak dingin.. Kira" apanya ya pa? Mohon bantuannya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel