-->

OVERLOAD MOTOR PROTECTOR


Overload motor protector, protector, pengaman, kompresor, internal, eksternal, wiring, diagram, bimetal, suhu kerja.
Overload  Motor Protector ( OMP ) atau biasa disebut Overload adalah suatu pengaman atau sekering yang dapat membuka kontaknya dan memutuskan arus listrik.  Overload merupakan perlengkapan standar dari pabrik pembuat kompresor.

Pada dasarnya, Overload bekerja karena panas yang diterimanya. Kontak akan terbuka  jika mendapatkan panas, dan kontak akan menutup jika overload dingin. Panas yang ditimbulkan dapat dari panas kerja kompresor atau dari arus listrik yang melalui overload.

Di dalam overload ada bimetal yang kedua ujungnya mempunyai kontak listrik yang dapat membuka dan menutup. Bimetal terdiri dari dua buah pelat logam tipis yang disatukan, sedangkan masing-masing logam mempunyai koefisien muai yang berlainan. Jika bimetal dipanasi akan melengkung dan melepas kontak listrik.

Overload dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

1.  Eksternal Overload

Yaitu overload yang ditempatkan di luar kompresor. External overload motor protector hampir dipakai pada semua kompresor hermatik untuk lemari es. External overload ditempatkan di luar rumah kompresor, maka tidak dapat menerima secara langsung panas dari motor listrik.


External overload lebih mudah dipasang, mudah ditukar atau diperbaiki, tetapi ini bukanlah kebaikan dari external overload tersebut. Keuntungan  menggunakan external overload yaitu karena harganya sangat murah dan mudah penggantian jika terjadi kerusakan.

2.  Internal Overload

Yaitu overload yang ditempatkan di dalam kompresor. Internal overload ditempatkan di dalam kumparan motor listrik, maka dapat menerima secara langsung panas yang timbul dari kumparan motor listrik. Internal overload di dalam kompresor hermatik tidak dapat ditukar tanpa lebih dulu membuka rumah kompresor hermatik.

Internal overload motor protector, terutama dipakai pada kompresor hermatik yang besar. Kadang-kadang juga dipakai pada fan motor untuk room air conditioner. Internal overload protector  tidak dapat diambil dari kumparan motor sehingga merupakan pengaman yang baik untuk kompresor hermatik.


Kompresor hermatik yang memakai internal overload protector tersebut, pada bagian luar dari rumah kompresor memakai tanda label “Internal Overload Protector”, “Internal Motor Protector” atau “Internal Winding Protector”


Kedua terminal dari internal overload dihubungkan seri dengan terminal C (central) kumparan motor listrik. Pada waktu start, jika amperenya tinggi dan lama, internal overload protector akan membuka kontaknya, sehingga aliran listrik terputus dan motor menjadi aman.


Motor listrik biasanya bekerja pada suhu 50 - 90oC, jika suhunya naik sampai  130oC, overload akan bekerja dan memutuskan hubungan listrik. Setelah suhu motor listrik turun menjadi 65 – 77oC, kontak listrik akan menutup kembali.

1 Response to "OVERLOAD MOTOR PROTECTOR"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel