-->

SPESIFIKASI SENSOR SUHU LM35 DAN RANGKAIAN APLIKASI


Sensor suhu LM35 adalah sebuah Integrated Circuit (IC) untuk mengukur suhu yang dapat mengeluarkan tegangan linier untuk satuan Celcius dengan tingkat akurasi tinggi. Sensor suhu LM35 memiliki keunggulan dibandingkan dengan sensor suhu yang dikalibrasi ke satuan Kelvin yaitu tidak perlu adanya pengurangan tegangan konstan yang besar dari output untuk mendapatkan skala keluaran Celcius. Sensor suhu LM35 tidak memerlukan kalibrasi menggunakan perangkat eksternal karena tingkat akurasi ± ¼ o C pada suhu kamar dan ± ¾ o C pada rentang -55 oC hingga 150 oC.

Keluaran sensor suhu LM35 sangat mudah dibaca oleh rangkaian kontrol karena impedansi keluaran rendah, sinyal keluaran linier, dan kalibrasi yang akurat. LM35 dapat dicatu dengan catu daya tunggal ataupun dengan catu daya simetris (pus dan minus). Perbedaan dalam penggunaan catu daya akan mengakibatkan perbedaan rentang suhu yang dapat diukur. Jika menggunakan catu daya tunggal , LM35 hanya dapat mengukur rentang suhu dari 2 oC hingga 150 oC. Sedangkan jika menggunakan catu daya simetris dapat mengukur rentang suhu dari -55 oC hingga 150 oC.


Untuk dapat bekerja dengan normal, LM35 hanya membutuhkan arus listrik yang sangat kecil (kurang dari 60 μA). Panas yang dihasilkan dari operasi LM35 sekitar 0,08 oC pada keadaan udara diam. Elemen pemanas LM35 diumpankan ke buffer dari sebuah rangkaian penguat operasional kelas A dan hasilnya dikeluarkan ke pin Vout. Diagram blok IC LM35 diperlihatkan pada gambar di bawah.


LM35 mempunyai tiga buah kaki yaitu +Vs, GDN, dan Vout. Sensor suhu LM35 dikemas dalam beberapa bentuk yang diperlihatkan pada gambar di bawah.


Rangkaian untuk mengukur suhu antara 2 oC hingga 150 oC dengan menggunakan catu daya tunggal dan pengukuran suhu antara -55 oC hingga 150 oC dengan catu daya simetris ditunjukkan pada gambar berikut.


Demikian artikel tentang spesifikasi sensor suhu LM35, semoga bermanfaat.

“Jangan Menjelaskan Siapakah Diri Kita Sebenarnya Kepada Siapapun. Karena Yang Menyukai Kita Tidak Membutuhkannya Dan Yang Membenci Kita Tidak Akan Mempercayainya”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel