-->

MISTY COOL; BAGIAN KOMPONEN DAN FUNGSI


Misty Cool atau ada yang menyebutnya dengan nama kipas kabut merupakan peralatan listrik yang berfungsi untuk mensirkulasikan udara dan juga dapat mendinginkan udara. Tetapi Misty Cool Berbeda dengan AC (AirConditioner). Suhu udara yang dikipas dengan misty cool dapat menjadi lebih dingin karena dicampur dengan air yang dikabutkan. Pada kesempata kali ini kita akan membahas tentang bagian-bagian misty cool ini.


1.  Kipas
Kipas ini mempunyai fungsi yang sama dengan kipas yang ada di rumah-rumah yaitu untuk mensirkulasikan udara. Untuk tipe stand yang dapat dipindahkan, ukuran kipas ini ada dua macam yaitu dengan diameter 26 inch dan 30 inch. Semakin besar baling-baling yang digunakan maka udara yang dapat disirkulasikan juga akan semakin banyak.


Berikut spesifikasi motor listrik misty cool



2.  Pengkabut
Pengkabut ini berfungsi untuk merubah air menjadi butiran-butiran kecil (kabut). Prinsip kerja penkabut ini dengan gaya sentrifugal yaitu melewatkan air ke sebuah piringan yang berputar dengan kecepatan tinggi. Karena gaya sentrifugal piringan, sebagian air akan berubah menjadi kabut dan sebagian lagi yang masih berbentuk air akan kembali ke bawah (tampungan).



Pengkabut ini mempunyai saklar yang terpisah dengan motor kipas, jadi pengkabut bisa dihidupkan dan dimatikan sendiri tanpa melihat kondisi kipas. Saklar pengkabut terletak pada bagian belakang tiang kipas.

3.  Kran Air
Kran air berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya air yang akan dialirkan ke bagian pengkabut. Dengan adanya kran ini kita dapat mengatur seberapa banyak kabut yang dibutuhkan. Kran ini terletak pada tiang kipas.


Jika suhu udara panas, maka kita bisa membuka kran maksimal agar kabut yang dihasilkan lebih banyak. Dan jika suhu udara tidak terlalu panas, kita bisa mengurangi aliran air sehingga kabut yang dihasilkan juga sedikit.

4.  Selang Air
Selang air berfungsi sebagai saluran untuk mensirkulasikan air. Warna selang yang digunakan pada misty cool berwarna jingga (orange). Ukuran selang terdapat dua macam yaitu diameter 8 mm dan 10 mm.


Pada unit misty cool ada yang menggunakan selang dengan diameter 10 m untuk saluran tekan dan saluran balik. Ada juga yang menggunakan selang 8 mm untuk saluran tekan dan 10 mm untuk saluran balik.

5.  Pompa Air
Pompa air pada misty cool terletak di dalam tampungan air. Bentuknya seperti pompa air pada aquarium. Pompa air yang digunakan dapat memompa air sekitar 3 liter per jam.


6.  Sensor Ketinggian Air
Sensor ini berfungsi untuk menghindari pompa air hidup pada saat pemukaan air sudah terlalu rendah yaitu badan pompa tidak tergenang air. Sensor ini sebagai proteksi agar pompa air tidak terbakar.


7.  Tampungan Air
Tampungan air pada misty cool berkapasitas 60 liter untuk tipe 26 inch dan 30 inch. Sebagian operator kipas misty cool menambahakan pewangi pada tampungan air sehingga ruangan akan terasa harum. Tampungan air ini dilengkapi dengan lubang pembuangan pada bagian bawah.

Demikian artikel tentang Bagian-Bagian Kipas Misty Cool. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel