-->

MACAM JENIS SAMBUNGAN KABEL INSTALASI LISTRIK

 

Dalam melakukan pekerjaan kelistrikan terutama pada saat penyambungan kabel merupakan pekerjaan yang sangat sering dilakukan. Pengetahuan tentang sambungan kabel merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai bagi siapapun yang ingin melakukan pekerjaan instalasi listrik. Dalam instalasi listrik ada beberapa macam/cara menyambung kabel. Berikut akan dijelaskan tentang macam sambungan kabel yang biasa dilakukan pada instalasi listrik.

1.  Sambungan Ekor Babi (Pig Tile)

Dinamakan sambungan ekor babi karena bentuk dari sambungan ini mirip dengan ekor babi. Sambungan ekor babi merupakan sambungan yang paling umum digunakan untuk menyambung kabel karena cara melakukannya sangat sederhana. 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

Cara menyambung kabel jenis ekor babi dapat dilihat pada video di bawah.


2.  Sambungan Mata Itik

Sambungan mata itik tidak digunakan untuk menyambung dua buah kabel, tetapi digunakan untuk menyambung kabel dengan baut atau sekrup. Untuk membuat sambungan mata itik ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua buah tang, salah satunya menggunakan tang lancip (long nose). Jenis sambungan mata itik hanya dapat dipakai jika menggunakan kabel inti tunggal. 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

Cara menyambung kabel jenis mata itik dapat dilihat pada video di bawah.

3.  Sambungan Puntir

Pada sambungan puntir ini ada dua jenis yaitu sambungan Bell Hangers dan sambungan Western Union.

a.   Sambungan Bell Hangers

Kelebihan yang dimiliki sambungan Bell Hangers adalah sambungan ini sangat rapi jika digunakan untuk menyambung kabel dengan instalasi lurus. Sambungan Bell Hangers juga sangat kuat terhadap tarikan. 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

b.  Sambungan Western Union

Samgungan Western Union juga memiliki kelebihan sambungan yang rapi jika digunakan untuk menyambung kabel dengan instalasi lurus. Sambungan Western Union ini mempunyai kekuatan menahan tarikan lebih besar bila dibandingkan dengan sambungan Bell Hangers 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

4.  Sambungan Bolak-Balik

Sambungan kabel bolak balik ini mempunyai kekuatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan jenis sambungan ekor babi karena kabel satu dengan lainnya saling mengikat kuat. 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

5.  Sambungan Britania

Sambungan kabel Britania digunakan pada penyambungan kabel dengan ukuran diameter yang besar. Karena besarnya ukuran diameter kabel ini sehingga susah untuk dililitkan (dipuntir). Sambungan Britania ini memerlukan kabel yang lebih kecil yang digunakan untuk mengikat kedua kabel yang akan disambung. 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

6.  Sambungan Scarf

Sambungan kabel Scarf juga digunakan untuk menyambung kabel dengan ukuran yang besar bahkan lebih besar dari pada yang digunakan pada sambungan Britania. Kabel yang mempunyai diameter sangat besar hampir tidak mungkin untuk dibuat bengkokan apalagi dibuat lilitan (dipuntir). Pada sambungan Scarf ini, kabel yang akan disambung dibuat pipih terlebih dahulu baru kemudian disatukan dan diikat menggunakan kabel yang lebih kecil. 

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

7.  Sambungan Percabangan

Pada sambungan percabangan terdapat empat jenis sambungan yaitu sambungan Datar Single Plan Joint, sambungan Datar Knotted Tab Joint, sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi, dan sambungan Single Wrapped Cable Splice.

a.   Sambungan Datar Single Plan Joint

Sambungan Datar Single Plan Joint ini digunakan pada instalasi kelistrikan yang akan dibuat percabangan. Dengan menggunakan sambungan Datar Single Plan Joint ini tidak perlu dilakukan pemotongan pada jalur utama (sumber). Sambungan Datar Single Plan Joint ini hanya digunakan untuk membuat satu percabangan saja.

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

b.  Sambungan Datar Knotted Tab Joint

Sambungan Datar Knotted Tab Joint ini juga digunakan pada instalasi kelistrikan yang akan dibuat percabangan. Dengan menggunakan sambungan Datar Knotted Tab Joint ini tidak perlu dilakukan pemotongan pada jalur utama (sumber). Sambungan Datar Knotted Tab Joint ini mempunyai simpul pada lilitan (puntiran) sehingga lebih kuat bila dibandingkan sambungan Datar Single Plan Joint.

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

c.   Sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi

Sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi ini juga digunakan pada instalasi kelistrikan yang akan dibuat percabangan. Dengan menggunakan sambungan Datar Single Plan Joint ini tidak perlu dilakukan pemotongan pada jalur utama (sumber). Hanya saja, sambungan ini digunakan untuk membuat dua atau lebih percabangan pada satu titik. Dua atau lebih kabel yang akan dibuat percabangan dililitkan pada kabel utama secara bersamaan.

c.	Sambungan Datar Percabangan Ganda Satu Nadi

Cara menyambung kabel cabang tiga dan empat dapat dilihat pada video di bawah.


d.  Sambungan Single Wrapped Cable Splice

Sambungan Single Wrapped Cable Splice ini merupakan jenis sambungan untuk membuat percabangan dengan cara yang sangat sulit. Jenis sambungan ini digunakan pada kabel serabut. Sambungan Single Wrapped Cable Splice ini mempunyai kekuatan yang tidak diragunakan lagi.

macam jenis sambungan kabel instalasi listrik

Dari beberapa macam sambungan yang sudah diterangkan, setiap sambungan mempunyai karakterisitik yang berbeda dan juga penggunaan pada jenis kabel atau kondisi yang berbeda pula. Dalam menggunakan jenis sambungan yang tepat kita harus pandai-pandai melihat situasi dan kondisi dari instalasi kelistrikan dan juga dari faktor lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel