-->

Karakteristik Tegangan Masukan Keluaran IC TTL

 

IC TTL membutuhkan tegangan catu 5 volt untuk mensuplay daya agar dapat bekerja normal. Batas toleransi tegangan catu IC TTL adalah 10%, tetapi adapula batas toleransinya hanya 5%. Untuk memastikan batas toleransi suatu IC TTL harap baca datasheet dari pabrik pembuatnya.

IC TTL (Transistor Transistor Logic) memilki karakteristik tegangan masukan dan keluaran yang berbeda dengan IC CMOS (Complementary Metal-Oxide Semiconductor). Karakteristik ini berbeda karena adanya perbedaan bahan pembuatannya. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas tentang karakteristik tegangan masukan dan keluaran IC TTL

IC TTL mempunyai batasan tegangan masukan dan keluaran seperti diperlihatkan pada gambar di bawah.

 

TTL IC Output Input Voltage Characteristics

Keterangan:

VIL (Input Low Voltage) : Yaitu tegangan masukan yang akan dibaca rendah (LOW) oleh IC TTL. Rentang tegangan yang dibaca rendah (LOW) sebuah IC TTL yaitu antara 0 volt hingga 0,8 volt.

VIH (Input High Voltage) : Yaitu tegangan masukan yang akan dibaca tinggi (HIGH) oleh IC TTL. Rentang tegangan yang dibaca tinggi (HIGH) sebuah IC TTL yaitu antara 2,0 volt hingga 5,0 volt.

VOL (Output Low Voltage) : Yaitu tegangan keluaran rendah (LOW) yang akan dihasilkan oleh IC TTL. Rentang tegangan keluaran rendah (LOW) yang dihasilkan sebuah IC TTL yaitu antara 0 volt hingga 0,4 volt.

VOH (Output High Voltage) : Yaitu tegangan keluaran tinggi  (HIGH) yang akan dihasilkan oleh IC TTL. Rentang tegangan keluaran tinggi (HIGH) yang dihasilkan sebuah IC TTL yaitu antara 2,4 volt hingga 5,0 volt.

Tegangan masukan di antara 0,8 volt hingga 2,0 volt merupakan tegangan masukan terlarang yang artinya pada saat IC TTL diberi tegangan tersebut, maka tegangan masukan yang dibaca tidak tentu (bisa LOW atau HIGH). Oleh karena itu, pada saat perancangan suatu rangkaian digital dengan menggunakan IC TTL, jangan sampai ada tegangan masukan antara 0,8 volt hingga 2,0 volt.

Rentang tegangan keluaran minimal pada logika tinggi (HIGH) dengan tegangan masukan minimal untuk logika tinggi (HIGH) disebut dengan tegangan ambang derau keadaan tinggi (High State Noise Margin Voltage). Sedangkan rentang tegangan keluaran maksimal untuk logika rendah (LOW) dengan tegangan masukan maksimal untuk logika rendah (LOW) disebut dengan tegangan ambang derau keadaan rendah (Low State Noise Margin Voltage). 

Karakteristik tegangan masukan dan keluaran yang dipaparkan di atas hanya berlaku untuk IC TTL seri 74, sedangkan untuk IC TTL seri 74LS, 74AS, dan 74ALS terdapat sedikit perbedaan seperti diperlihatkan pada tabel di bawah.

TTL IC Output Input Voltage Characteristics


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel