-->

Macam Jenis Skema Saklar Instalasi Listrik

 

Saklar dalam instalasi listrik merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus listrik dari sumber tegangan dengan beban listrik. Saklar mempunyai beberapa macam jenis dan bentuknya. Pada kesempatan kali ini, akan membahas tentang saklar yang biasa digunakan pada instalasi listrik di masyarakat.

Dilihat dari cara pemasangan, saklar dibagi menjadi dua yaitu:

1.  Saklar In-Bow

Saklar In-Bow merupakan yang dipasang dengan cara ditanam di tembok. Kelebihan dari saklar In-Bow yaitu hasil pemasangan yang rapi baik itu jalur kabel dan juga saklarnya. Kekurangan saklar In-Bow yaitu pemasangan yang lebih sulit karena harus membuat lobang pada tembok. Bentuk saklar In-Bow seperti pada gambar di bawah.

Macam Jenis Saklar In Bow

2.  Saklar Out-Bow

Saklar Out-Bow merupakan yang dipasang dengan cara ditempelkan pada tembok. Kelebihan dari saklar Out-Bow yaitu cara pemasangan yang lebih mudah karena hanya ditempelkan di tembok. Kekurangan saklar Out-Bow yaitu hasil pemasangan yang kurang rapi karena akan terlihat jalur kabel yang menempel pada tembok dan juga posisi saklar yang menonjol pada permukaan tembok. Bentuk saklar Out-Bow seperti pada gambar di bawah.

Macam jenis saklar

Saklar harus dipasang pada tempat yang stategis, yaitu mudah dijangkau dan juga aman. Selain itu, pemasangan saklar harus menghindari tempat yang basah/lembab.

Jenis Jenis Saklar

1.  Saklar Tunggal

Saklar tunggal merupakan saklar yang hanya memiliki satu buah tuas. Saklar jenis ini sangat banyak digunakan di masyarakat.

Macam jenis saklar simbol diagram

2.  Saklar Seri/Deret

Saklar seri atau juga disebut dengan saklar deret yaitu saklar yang digunakan untuk menghubungkan atau memutus arus listrik dari dua lampu. Saklar ini digunakan untuk mengontrol dua buah lampu dengan menggunakan satu saklar.

Macam jenis saklar simbol diagram

3.  Saklar Tukar/Hotel

Saklar tukar atau juga disebut juga dengan saklar hotel merupakan saklar yang dapat menghidupkan dan mematikan lampu dari dua tempat yang berbeda. Saklar ini banyak dipakai pada lorong/selasar atau pada rumah bertingkat.

Macam jenis saklar simbol diagram

4.  Saklar Silang

Saklar silang merupakan saklar yang digunakan untuk mengontrol satu buah lampu dari tiga tempat yang berbeda. Dalam aplikasinya, kita harus menggunakan dua buah saklar tukar yang dipasang pada saklar pertama dan yang terakhir (ketiga).

Macam jenis saklar simbol diagram

5.  Saklar Kutub Dua

Saklar kutub dua merupakan saklar yang digunakan pada daerah yang lembab/basah sehingga harus memutuskan kedua penghantar. Saklar ini bisa digunakan pada lampu di kamar mandi atau di luar ruangan.

Macam jenis saklar simbol diagram

6.  Saklar Kutub Tiga

Saklar kutub tiga ini merupakan saklar yang digunakan untuk kelompok lampu dengan daya besar. Saklar ini digunakan pada listrik dengan tegangan tiga phase.

Macam jenis saklar simbol diagram

7.  Saklar Tarik

Saklar tarik banyak digunakan di ruangan yang menginginkan menghidupkan dan mematikan lampu dengan cara menarik saklar melalui perantara tali atau penarik lainnya.

Macam jenis saklar simbol diagram

8.  Saklar Tombol Tekan

Saklar tombol tekan merupakan saklar yang digunakan untuk mengontrol motor listrik atau juga bel listrik. Saklar ini akan hidup (ON) jika tombol ditekan, dan akan mati (OFF) jika tombol dilepas.

Macam jenis saklar simbol diagram

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel