-->

Cara Kerja Thermostas Digital STC 1000

Thermostat STC 1000 sangat baik digunakan untuk alat penetas telur, inkubator, dan juga untuk perawatan hewan yang memerlukan suhu tertentu. STC 1000 juga dapat bekerja dengan baik untuk pengontrolan suhu pada boiler (pemanas air), lemari es, freezer, dan banyak peralatan lainnya yang menggunakan pengontrol suhu.

Pada pertemuan kali ini akan membahas tentang bagaimana kerja thermostat digital STC 1000. Sekarang coba kita akan melakukan setting suhu pada thermostat digital STC 1000.

Cara kerja thermostat digital STC 1000

Contoh Setting Suhu

Setting suhu pada thermostat digital STC 1000 sebagai berikut:

F1 : 26oC (Setting suhu)

F2 : 3oC (Nilai diferensial)

F3 : 2 menit (Waktu tunggu)

Dari setting suhu di atas maka sebuah sistem yang dikontrol dengan thermostat digital STC 1000 tersebut akan mempunyai reaksi sebagai berikut:

Cool On

Cool On adalah keadaan pada saat relay cooling dalam keadaan tertutup (On). Relay cooling akan on pada saat suhu mencapai 29oC atau lebih panas lagi. Suhu ini didapat dari setting suhu ditambah dengan diferensial yaitu 26oC + 3oC = 29oC. Relay cooling On jika suhu ≥ (setting suhu (F1) + diferensial F(2)). Dalam bidang teknik pendingin, relay cooling ini dihubungkan dengan mesin kompresor.

Cool Off

Cool Off adalah keadaan pada saat relay cooling dalam keadaan terbuka (Off). Relay cooling akan Off pada saat suhu sama dengan atau lebih kecil dari 26oC. Relay cooling Off jika suhu ≤ setting suhu (F1).

Heat On

Heat On adalah keadaan pada saat relay heating dalam keadaan tertutup (On). Relay heating akan On pada saat suhu 23oC atau lebih dingin lagi. Suhu ini didapat dari setting suhu dikurangi dengan diferensial yaitu 26oC – 3oC = 23oC. Relay heating On jika suhu ≤ (setting suhu (F1) – diferensial (F2).

Heat Off

Heat Of adalah keadaan pada saat relay heating dalam keadaan terbuka (Off). Relay heating akan Off pada saat suhu sama dengan suhu settingan yaitu 26oC atau lebih panas lagi. Relay heating Off jika suhu ≥ setting suhu (F1).

Waktu Tunggu (F3)

Waktu tunggu adalah waktu yang disediakan untuk menunda relay cooling On. Waktu tunggu dihitung mulai pada saat relay cooling Off. Jika waktu tunggu disetting pada 2 menit, maka relay cooling akan hidup setelah dua menit dari off walaupun suhu sudah sesuai.

Perhatian!!!

Relay cooling akan On jika tercapai dua keadaan yaitu suhu sudah sesuai dan waktu tunda juga sudah tercapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel