-->

Arduino Tidak Terbaca Port Usb Install Driver CH341SER

USB (Universal Serial Bus) adalah fasilitas yang disediakan oleh perangkat tertentu baik itu komputer maupun Smartphone untuk menghubungkan perangkat tambahan/luar. Pada unit komputer, Port USB ini digunakan untuk menghubungkan keyboard, mouse, printer, maupun scanner. Sedangkan port USB pada smartphone digunakan untuk menyambungkan charger ataupun untuk transfer data. Board Arduino dapat digunakan jika dihubungkan dengan unit pemrogram baik itu komputer maupun smartphone melalui port USB.

Arduino merupakan sebuah platform open source baik itu berupa hardware dan juga software yang digunakan sehingga siapapun boleh membuat ataupun memodifikasi arduino. Oleh karena itu, banyak yang memproduksi arduino sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing. Board Arduino dihubungkan dengan komputer ataupun laptop pada port USB.

Ada beberapa board Arduino tidak terdeteksi oleh driver USB bawaan dari Windows. Hal ini dikarenakan Arduino memiliki perbedaan tergantung pembuatnya. Bagi perangkat yang tidak bisa membaca port Arduino, kita harus melakukan instalasi Driver USB menggunakan Driver CH341SER. Untuk mengatasi masalah port Arduino tidak terbaca pada Arduino IDE, berikut langkah-langkahnya:

1. Download Driver USB CH340G melalui link berikut:

Driver USB CH340G.rar

2. Setelah proses download selesai, kemudian ekstrak file rar tersebut.

Download USB Driver 341SER

3. Klik file application SETUP, kemudian akan muncul jendela seperti berikut

Download USB Driver CH341SER

4. Klik INSTALL dan tunggu hingga proses selesai.

5. Jika instalsi berhasil maka akan muncul jendela notifikasi kemudian close.

Setelah melakukan langkah di atas, maka driver baru untuk USB sudah terpasang. Sekarang kita coba cek apakah Arduino Board sudah bisa terbaca atau belum. Hubungkan Arduino Board ke port USB. Kemudian bukalah Divice Manager melalui Control Panel → Hardwere and Sound → Device Manager. Setelah jendela Device Manager terbuka, kemudian klik Ports. Jika sudah terkoneksi antara Arduino Board dengan komputer, maka akan terlihat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel