-->

Pengertian 5R/ 5R : Fungsi, Tujuan, Contoh, Penerapan, Budaya Kerja

Pengertian 5R

5R adalah singkatan dari ringkas, rapi, resik, rawat, rajin. Pada budaya Jepang, 5R ini biasa disebut dengan 5S yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsu. 5R atau 5S ini merupakan sikap budya kerja yang tergolong sederhana dan dapat dengan mudah dilakukan oleh kita semua tapi hasilnya ternyata tidak hanya sederhana.

Fungsi 5R

Namun selain itu, konsep 5R juga memiliki fungsi lain yaitu terciptanya lingkungan kerja yang lebih rapi, bersih, nyaman, sehat, dan menyenangkan untuk para pekerja.

Penerapan 5R juga dapat membantu para pekerja agar menjadi lebih disiplin, membudayakan kebiasaan positif, sikap kerja menjadi positif, dan membantu meningkatkan kepekaan serta kreatifitas dalam bekerja.

Jika berhasil diterapkan dengan benar dan dalam waktu yang lama/terus menerus, maka hasil akhirnya adalah kedisiplinan tingkat tinggi dari para pekerja.

Kepanjangan 5R /5S

1. Ringkas / Seiri

Yang dimaksud dengan ringkas di sini adalah sebuah kegiatan untuk menyingkirkan satu atau lebih barang yang sudah tidak Anda pergunakan / butuhkan.

Hal ini akan membuat area kerja kita menjadi lebih longgar dan yang tersisa hanya benar-benar barang yang Anda gunakan untuk bekerja di tempat kerja.

2. Rapi / Seiton

Yang dimaksud dari Rapi di sini adalah barang-barang yang digunakan setiap harinya di tempat kerja seharusnya ditata sesuai dengan tempatnya dan mudah untuk diambil jika akan dipergunakan.

Tempat kerja yang rapi akan membuat alat dan bahan menjadi lebih terorganisir, hal ini juga mempercepat proses kerja karena kita tidak perlu mencari barang yang dibutuhkan dalam waktu lama.

3. Resik / Seiso

Yang dimaksud dengan Resik di sini sama dengan bersih. Bersih yang dimaksud yaitu kita harus menjaga kebersihan mulai dari kebersihan diri sendiri, alat dan bahan kerja, tempat kerja, dan lingkungan kerja.

Dengan menjaga kebersihan ini maka akan terbentuk suasana yang sehat, enak dipandang, peralatan yang lebih awet digunakan.

4. Rawat / Seiketsu

Yang dimaksud dengan Resik di sini menyangkut berbagai peralatan kerja juga perlu dirawat dengan baik dan secara berkala agar tetap awet.

Sebagai contoh sederhana misalnya kita akan mengembalikan stapler atau peralatan lainnya ke atas meja, maka letakkan dengan perlahan, jangan dilempar secara asal ke atas meja.

5. Rajin / Shitsu

Yang dimaksud dengan Rajin di sini adalah kita harus disiplin dalam melaksanakan 4R sebelumnya. Dengan kata lain, Rajin ini merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan dari 4R sebelumnya.

Sebagai catatan tambahan, 5R di atas perlu diaplikasikan secara berurutan dari nomor 1-5. Jika R pertama sudah dilakukan dengan baik, maka baru bisa lanjut ke R kedua dan begitu seterusnya.

Pentingnya Menerapkan Konsep 5R

5R adalah hah-hal yang bisa mencegah Anda mengalami hal tidak menyenangkan / kesialan selama di tempat kerja bahkan juga dapat meningkatkan kualitas dari hasil pekerjaan Anda.

Kualitas diri pun dapat meningkat jika Anda bisa menerapkan 5R ini. Tidak heran jika konsep ini sudah banyak diterapkan berbagai perusahaan untuk membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkambang.

Jika diaplikasikan dengan baik, 5R atau 5S ini dapat mencegah Anda untuk mengalami sejumlah kejadian sial atau tidak terduga mulai dari yang ringan hingga serius seperti yang sudah disebutkan tadi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel