-->

BAGIAN ARDUINO BOARD

Bagian-Bagian Arduino Board dan Fungsinya;  Arduino board yang mempunyai beberapa bagian pasti mempunyai fungsinya masing-masing. Coba kita ambil sebuah Arduino board kemudian kita amati setiap bagiannya. Disini akan ditampilkan gambar bagian-bagian Arduino bard. Ayo kita bahas bersama.


1). 20 pin fungsi umum
Pin ini bisa berfungsi sebagai input ataupun output yang diatur dari program. Pin ini mulai dari 0 hingga 13 yang merupakan pin digital dan dari A0 hingga A5 yang merupakan pin analog in.

2). Port USB
Berfungsi untuk komunikasi antara Arduino board dengan computer. Dari computer ke Arduino board pada saat upload program, atau dari Arduino board ke komuter pada saat mengaktifkan serial monitor. Dengan USB ini juga bisa digunakan sebagai masukan catu daya Arduino board. Kabel USB yang digunakan adalah tipe kabel USB printer.

3). Kristal
Jika sebuah mikrokontroler dianggap sebagai otak, maka kristal adalah jantungnya karena komponen ini menghasilkan detak yang dikirim kepada mikrokontroler agar melakukan sebuah operasi. Kristal yang digunakan pada Arduino board adalah 16 MHz.

4). Tombol Reset
Tombol ini berfungsi untuk mereset Arduino board sehingga program akan dimulai lagi dari awal. Tombol reset ini tidak menghapus atau mengosongkan program yang ada.

5). Mikrokontroler
Ini merupakan komponen utama dari Arduino board yang didalamnya tempat pemrosesan sinyal.

6). Sumber Daya Eksternal
Dengan konektor ini, Arduino board dapat disuplai dengan sumber tenaga dari luar. Tegangan yang masuk merupakan tegangan DC antara 9 hingga 12 volt.

Tanpa melakukan settingan apapun, begitu sebuah Arduino board dikeluarkan dari pembungkusnya dapat langsung disambungkan ke sebuah computer melalui kabel USB. Selain berfungsi sebagai sarana komunikasi data, kabel USB ini juga sebagai penyalur tegangan 5 volt dari komputer. Oleh karena itu kita dapat langsung menggunakannya tanpa harus ada sumber daya dari luar. Arduino board juga sudah dilengkapi dengan satu buah lampu LED yang terhubung dengan pin digital nomor 13. LED ini bisa digunakan sebagai output dari sebuah program.

Pada setiap diskusi di forum internet, mikrokontroler sering disebut dengan sebutan μC, uC,ataupun MCU. Mikrokontroler secara bebas dapat diartikan sebagai computer yang berukuran mikro dalam satu chip IC (integrated circuit) yang terdiri dari prosesor, memori, dan antarmuka yang bisa deprogram. Jadi disebut computer mikro karena di dalam satu IC atau chp mikrokontroler terdiri dari CPU, memori, dan I/O yang bisa kita control dengan memprogramnya. I/O dalam mikrokontroler juga sering disebut dengan GPIO (General Purpose Input Output) yang berarti pin yang bisa kita gunakan sebagai input ataupun output tergantung dari programnya.

Selain sebagai fungsi umum, pin pada Arduino board juga ada yang mempunyai fungsi khusus seperti ditunjukkan pada tabel.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel