-->

APAKAH ARDUINO ITU???

Arduino adalah sebuah platform elektronik yang mempunyai perangkat keras dan perangkat lunak. Arduino berdasarkan open source, oleh karena itu kita bebas untuk menggunakan dan memodifikasi tanpa harus takut dituntut karena hak cipta. Karena itulah perkembangan Arduino sangat cepat. Arduino board dapat digunakan untuk mengolah sinyal input seperti cahaya, suara, gerakan, dan banyak sensor lainnya. Setelah sinyal diolah, Arduino dapat mengeluarkan sinyal yang dapat digunakan untuk mengerakkan atau mengaktifkan suatu fungsi tertentu.



Arduino terbagi menjadi dua bagian yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Bagian hardware terdiri dari mikrokontroler dan boot loader, sedangkan untuk software menggunakan Arduino Ide yang berfungsi sebagai tempat penulisan program.

Sudah beberapa tahun Arduino menjadi otak untuk memproses ribuan project mulai dari yang sangat sederhana hingga project yang komplek yang menggabungan beberapa disiplin ilmu. Saat ini telah banyak komunitas Arduino yang terbentuk sebagai tempat menyalurkan hobby hingga sebagai team untuk project tertentu.

Arduino digunakan sebagai alat untuk membuat pengontrolan yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Arduino tidak hanya ditujukan untuk para pakar pemrograman atapun pakar elektronika, tetapi juga untuk para pemula yang tidak tahu sama sekali tentang pemrograman dan elektronika. Semua dapat dilakukan dengan mudah dengan Arduino.

Arduino sangat baik digunakan dilingkungan pendidikan sekolah karena dapat dengan mudah untuk membuat instrument ilmiah dengan biaya murah. Pembuatan alat praktikum untuk bidang fisika dan kimia, serta untuk membuat alat bantu pembelajaran. Selain itu Arduino juga dapat digunakan untuk membuat project inovasi teknologi atau malah untuk membuat alat tepat guna yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Keuntungan yang diperoleh dari Arduino dan kelebihannya dibandingkan dengan bentuk mikrokontoller lainnya antara lain:

1.  Murah. Arduino board relatif murah jika dibandingkan dengan jenis mikrokontroller lainnya. Arduino board dapat dirakit dengan tangan tanpa harus melakukan penyolderan komponen.

2.  Lintas platform. Software Arduino (IDE) dapat digunakan pada operasi sistem Windows, Macintosh OSX, Linux, bahkan dengan Android. Sendangkan sistem mikrokontoler yang lain, sebagian besar terbatas pada operasi sistem Windows.

3.  Cara pemrograman yang sederhana dan mudah. Arduino IDE mudah digunakan oleh pemula sekalipun, tetapi juga sangat baik bagi pengguna tingkat lanjut.

4.  Software Open Source. Ini merupakan kelebihan yang sangat baik karena bersifat terbuka dalam melakukan pengembangannya.

Saat ini ada bermacam-macam bentuk Arduino Board yang disesuaikan dengan tujuan tertentu seperti berikut ini:

Arduino Uno

Arduino board jenis ini merupakan yang paling banyak digunakan.

Arduino Mega

Arduino FIO

Arduino Lilypad

Arduino BT

Arduino Nano

Komponen utama dari Arduino board adalah sebuah mikrokontroler 8 bit dengan merk ATmega yang dibuat oleh perusahaan Atmel Corporation. Setiap jenis Arduino board menggunakan tipe ATmega yang berbeda pula. Sebagai contoh Arduino Uno menggunakan ATmega 328 sedangkan Arduino Mega 2560 yang lebih canggih menggunakan ATmega 2560.

Untuk lebih mengetahui Arduino board silahkan baca artikel tentang bagian-bagian Arduino board dan fungsinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel