-->

JENIS DIODA / DIODE

Dioda, diode, adalah, komponen, aktif, elektronika, tipe, jenis, fungsi, led, zener, schottky, anoda, katoda, polaritas, semikonduktor, penyearah, forward, reverse, sifat, macam.

Dalam berbagai rangkaian elektronika komponen semikonduktor dioda  sering kita jumpai jenis dan type yang berbeda beda tergantung dari model dan tujuan penggunaan rangkaian tersebut  dibuat. Kata dioda berasal dari pendekatan kata  yaitu dua elektroda yang mana (di berarti dua) mempunyai dua buah elektroda yaitu anoda dan katoda. Anoda digunakan untuk polaritas positif dan katoda untuk polaritas negatip. Didalam dioda terdapat junction (pertemuan) dimana daerah semikonduktor type-p dan semi konduktor type-bertemu.


Dioda semikonduktor hanya dapat melewatkan arus pada satu arah saja, yaitu pada sat dioda memperoleh catu arah maju (forward bias). Pada kondisi ini dioda dikatakan bahwa dioda dalam keadaan konduksi atau menghantar  dan mempunyai tahanan dalam dioda relative kecil. Sedangkan bila dioda diberi catu arah terbalik (Reverse bias) maka dioda tidak bekerja dan pada kondisi ini dioda mempunyai tahanan dalam yang tinggi sehingga arus sulit mengalir.


Dioda semi konduktor yang dipakai pada teknik elektronika pada umumnya digunakan untuk menyearahkan arus listrik AC menjadi DC. Dioda dibentuk oleh atom P dan atom N yang digabungkan menjadi satu, sehingga akan membentuk susunan seperti gambar dibawah ini.

Gambar Susunan dan simbol dioda semikonduktor

Dari gambar diatas atom P disebut sebagai anoda dan atom N sebagai katoda. Bila anoda diberi muatan positip dan katoda diberi muatan negatip, maka arus akan mengalir (lampu menyala), sebaliknya jika anoda diberi muatan negatip dan katoda diberi muatan positip, maka arus tidak mengalir. 

Arah gerakan arus yang mengalir ini dinamai arah gerak maju atau forward direction. Arah gerakan tanpa aliran arus ini dinamai arah gerak tentang atau revers direction.

Gambar  Arus DC melalui dioda

Dioda dapat digunakan untuk menyearahkan arus AC menjadi arus DC. Dari kondisi tersebut maka dioda hanya digunakan pada beberapa pemakain saja antara lain sebagai penyearah gelombang (rectifier), disamping kegunaan-kegunaan lainya misalnya sebagai Klipper, Clamper , pengganda tegangan dan lain-lain.

2.     Sifat-Sifat Dioda
a.     Dioda Silikon : 
ü menghantar dengan tegangan maju kira-kira 0.6 Volt
ü perlawanan maju cukup kecil
ü perlawanan terbalik sangat tinggi, dapat mencapai beberapa Mega ohm
ü Arus maju maksimum yang dibolehkan cukup besar, sampai 1000 A 
ü Tegangan terbalik maksimum yang dibolehkan cukup tinggi, dapat mencapai 1000 V

b.     Dioda Germanium :
ü Menghantar dengan tegangan maju kira-kira 0,2 Volt
ü Perlawanan maju agak besar
ü Perlawanan terbalik kurang tinggi ( kurang dari 1 M ohm)
ü Arus maju maksimum yang dibolehkan kurang besar
ü Tegangan terbalik masimum yang dibolehkan kurang tinggi


3. Jenis-Jenis Dioda


Gambar  a. LED, b. Dioda photo, c. Dioda Varactor, d. Dioda Schottky,
e. Dioda Step-recovery, f. Dioda Zener


Semoga artikel ini bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel