-->

TRANSISTOR

Transistor adalah, jenis, macam, tipe, sambungan, semikonduktor, sifat, kerja, npn, pnp, sebagai saklar elektrik, cut off, komponen elektronika, aktif, pengertian.

Nama Transistor diambil dari kata transfer dan resistor. Bahan semi konduktor ini berasal dari bahan atom germanium, Indium dan Arsenikum atau Silikon. Atom-atom ini sendiri termasuk bahan yang tidak mengalirkan arus listrik, jadi termasuk jenis bahan isolator atau resistor.

Setelah mengalami proses peleburan, maka terbentuklah hasil campuran yang dinamai P-N junction. Bahan campuran ini mempunyai sifat setengah menghantarkan arus listrik atau semikonduktor. Itulah sebabnya hasil campuran ini sering dinamai semikonduktor. Jadi semikonduktor atau Transistor ini hasil pencampuran lagi dari jenis P-N junction dan N-P junction.


Bila dua jenis atom P dan N junction digabungkan, maka terbentuklah bahan baru yang dinamai Transistor. Jadi Transistor terbentuk dari bahan-bahan:

PN + NP menjadi PNP
NP + PN menjadi NPN


Dibawah ini memperlihatkan simbol dari Transistor PNP dan Transistor NPN
                      
        
            Simbol Transistor PNP dan Transistor NPN

Menggunakan transistor sebagai saklar

Transistor dapat digunakan sebagai saklar elektrik. Untuk contoh digunakan transistor D313 tipe NPN.



Pada rangkaian di atas, kaki basis transistor terhubung dengan ground atau diberi bias mundur. Pada keadaan ini, transistor dalam keadaan cut off. Kaki collector dengan kaki emitter tidak terhubung sehingga lampu tidak akan hidup.


Pada rangkaian berikutnya, kaki basis transistor terhubung dengan + volt atau diberi bias maju. Pada keadaan ini, transistor dalam keadaan cut on. Kaki collector dengan kaki emitter terhubung sehingga lampu akan hidup.


Untuk transistor tipe PNP mempunyai kerja yang sebaliknya. Transistor akan cut off jika diberi bias maju dan akan cut on jika diberi bias mundur.


Cukup sederhana untuk membuat rangkaian saklar menggunakan transistor. Rangkaian ini dapat diaplikasikan pada rangkaian sensor antara lain untuk lampu senja (sensor cahaya) atau sebagai pengatur suhu (sensor panas) dengan menggunakan thermistor.



Semoga artikel ini bermanfaat.

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel