-->

KLASIFIKASI BINTANG FREEZER

Klasifikasi Kulkas Berdasarkan Suhu Kerja Freezer;   Kulkas atau dalam bahasa teknik disebut refrigerator adalah suatu peralatan listrik yang berfungsi untuk mendinginan bahan makanan. Pendinginan pada kulkas ada yang dingin saja, tetapi ada juga yang sangat dingin hingga beku. Mari kita bahas macam freezer dilihat dari suhu kerjanya.



Tujuan dari pendinginan antara lain agar bahan makanan menjadi lebih segar dan juga untuk memperpanjang kesegarannnya. Ada bahan makanan jika didinginkan pada suhu yang kurang dingin akan cepat rusak, tetapi ada juga bahan makanan yang kita dinginkan sampai beku malah cepat rusak.

Suhu kerja freezer pada kulkas dapat kita lihat pada banyaknya lambang bintang yang ada. Mulai dari bintang satu, bintang dua, dan bintang tiga. Tanda bintang ini dapat kita lihat dari pada body kulkas dan lebih sering pada pintu kulkas. Freezer dengan satu bintang mempunyai suhu kerja paling tinggi (hangat), sedangan kulkas dengan tiga bintang mempunyai suhu kerja paling rendah (dingin/beku). Ayo kita bahas satu persatu.

Freezer bintang satu  ( * )
Kulkas dengan bintang satu, pada bagian freezer suhu kerjanya -6oC atau lebih rendah lagi. Freezer bintang satu digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dengan jangka waktu pendek (sekitar satu minggu). Freezer bintang satu pada refrigerator rumah tangga tipe satu pintu.


Freezer bintang dua  ( ** )
Kulkas dengan bintang dua, pada bagian freezer suhu kerjanya -12oC atau lebih rendah lagi. Freezer bintang dua digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dengan jangka waktu sedang (sekitar satu bulan). Freezer bintang dua pada refrigerator rumah tangga tipe dua pintu.

Freezer bintang tiga  ( *** )
Kulkas dengan bintang tiga, pada bagian freezer suhu kerjanya hingga -18oC. Freezer bintang tiga digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dengan jangka waktu lama (sekitar tiga bulan). Freezer pada refrigerator rumah tangga mempunyai suhu kerja maksimal pada bintang tiga.


Freezer bintang empat  ( **** )
Kulkas dengan bintang empat, pada bagian freezer suhu kerjanya lebih rendah dari -18oC. Freezer bintang empat digunakan untuk mengawetkan bahan makanan dengan jangka waktu sangat lama (lebih dari enam bulan). Freezer ini biasanya digunakan untuk mendinginkan daging, ikan, udang, ataupun bakso.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel