-->

MENAMBAHKAN LIBRARY ARDUINO

Cara Menambahkan Library Arduino;   Penggunaan Arduino sekarang sudah sangat popular. Dari sekedar hanya sebagai hobby untuk coba-coba sampai untuk pekerja professional sebagai control design. Salah satu kemudahan yang dimiliki dalam penggunaan arduino adalah banyaknya pengembang yang membuat library, sehingga kita bisa dengan bebas mengambil library secara gratis.


Library Arduino adalah file tambahan untuk fungsi tertentu. File ini terdiri dari file *.h dan file *.cpp yang saling berhubungan. Jadi kita tidak perlu membuat kode untuk fungsi tertentu tetapi hanya menggunakan library sebagai contoh dalam penggunaan LCD display, DHT sensor, keypad, dan sensor lainnya. Kekurangan jika menggunakan library yaitu kita harus mengikuti aturan pembuatnya dalam mengisi atau menampilkannya. Berikut kita bahas menambahkan library Arduino.

Menambahkan melalui Add.Zip Library

Sebelum kita menambahkan library pada Arduino Ide kita harus sudah memiliki file library dalam bentuk zip. File ini bisa kita ambil (download) dari beberapa situs tetapi yang paling umum adalah dari github.com. Setelah kita mendapatkan file zip tersebut, baru masuk ke Arduino Ide kemudian buka Sketch→Include Library→Add.Zip Library…


Kemudian akan muncul jendela Select a zip file or a folder. Setelah itu pilih file zip kemudian pilih open.


Jika sudah berhasil maka akan ada tulisan Library added to your libraries. Check “Include Library” menu seperti pada gambar di bawah ini.


Kita bisa cek library yang sudah ditambahkan,maka akan ada tambahan dari file example sesuai dengan library yang kita tambahkan.

Menambahkan Library dari Library Manager

Untuk menambahkan library baru ke Arduino Ide yang tersedia mulai dari versi 1.6.2. Sekarang buka Sketch→Include Library→Manage Libraries… maka akan muncul jendela library manager seperti di bawah.


Kita tinggal memilih library mana yang sesuai. Ketikkan nama library yang diinginkan kemudian klik OK atau ENTER. Cara menambah library ini harus terhubung dengan internet. Setelah di OK atau ENTER maka nanti akan tampil library yang tersedia dengan beberapa versi tetapi ada juga yang hanya satu versi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel