-->

KAPASITOR KAKI 3 TIGA 4 EMPAT KONEKTOR KONDENSATOR


Kapasitor atau juga disebut dengan kondensator merupakan suatu komponen kelistrikan yang dapat menyimpan energi listrik. Kapasitor mempunyai satuan Farad (F). Tegangan kerja kapasitor ada yang DC dan ada juga yang AC. Pada umumnya, kaki kapasitor ada dua. Tetapi kali ini akan dibahas tentang kapasitor dengan kaki 3 dan kaki 4.


KAPASITOR KAKI 3

Kapasitor dengan tiga kaki disebut juga dengan SH Capacitor (kapasitor seri). Kapasitor kaki 3 banyak dipakai pada beberapa peralatan listrik seperti kipas angin dan juga Air Conditioner (AC). Sebenarnya pada kapasitor dengan tiga kaki di dalamnya terdapat dua buah kapasitor. Tetapi pada konektor luarnya, salah satu kutup kapasitor pada kedua kapasitor tersebut dijadikan satu. Perhatikan gambar di bawah.


Pada gambar kapasitor di atas, jika kita menghubungkan kabel merah dengan kabel kuning maka kita akan mendapatkan nilai kapasitor 1,5 µF. Sedangkan jika kita menghubungkan kabel merah dengan kabel ungu maka kita akan mendapatkan nilai kapasitor 2,5 µF. Pada kapasitor AC Split ada yang menggunakan kapasitor dengan 3 kaki seperti pada gambar di bawah.


Pada gambar di atas merupakan kapasitor yang terdapat pada outdoor AC Split. UKURAN KAPASITOR AC SPLIT berbeda-beda sesuai dengan kompresor yang digunakan. Kapasitor tersebut digunakan untuk motor kompresor dan juga fan kondensor. Nilai kapasitor untuk motor kompresor adalah 20 µF yaitu dengan menghubungkan konektor C dan konektor HERM. Sedangkan nilai kapasitor yang digunakan untuk fan kondensor adalah 1,5 µF yaitu dengan menghubungkan konektor C dan konektor FAN.

KAPASITOR KAKI 4

Kapasitor kaki 4  merupakan dua buah kapasitor yang dikemas menjadi satu. Perbedaan dengan kapasitor kaki 3 adalah pada kapasitor kaki 4 semua konektor/kabel kapasitor dikeluarkan. Kapasitor dengan kaki empat banyak dipakai pada mesin cuci dua tabung. Kapasitor dengan empat kabel diperlihatkan pada gambar di bawah.


Pada mesin cuci dua tabung terdapat dua motor listrik yaitu untuk pencuci/penggilas dan untuk pengering/pemeras. Pada motor listrik pencuci menggunakan kapasitor yang lebih besar bila dibandingkan dengan motor listrik pengering. Pada gambar di atas, kabel PINK dan kabel PUTIH dengan nilai 5 µF dihubungkan dengan motor listrik pemeras, sedangkan kabel BIRU dan kabel UNGU dengan nilai 10 µF dihubungkan dengan motor listrik penggilas. MACAM KERUSAKAN MESIN CUCI.

Untuk cara mengecek kondisi kapasitor baca Cara Cek Kapasitor Menggunakan Multimeter.. Demikian penjelasan tentang kapasitor dengan kaki tiga dan kaki empat. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel