-->

Cara Merubah Arah Putara Motor Listrik Satu Phase

Merubah arah putaran motor listrik 1 (satu)  phase dilakukan pada saat kita menggunakan motor listrik untuk keperluan tertentu yang mengharuskan putarannya harus dibalik. Tetapi sebelumnya kita bahas sebentar tentang motor listrik satu phase ini ya.

Secara mudahnya, motor listrik satu phase adalah motor listrik yang menggunakan cara mengaktifkannya menggunakan listrik satu phase dengan tegangan 220V. Motor listrik satu phase umumnya merupakan jenis motor kapasitor yaitu motor listrik yang menggunakan kapasitor dalam pengoperasiannya. Motor ini banyak digunakan di masyarakat antara lain pompa air, kipas angin, mesin cuci, dan juga Air Conditioner. Motor kapasitor memiliki dua buah lilitan yaitu lilitan utama dan lilitan bantu.

Lilitan utama berfungsi sebagai penggerak utama pada saat memutar rotor, sedangkan lilitan bantu berfungsi untuk membantu memutar rotor dengan daya rendah. Sedangkan kapasitor berfungsi untuk memperbesar torsi atau putara awal saat motor start, memperkecil konsumsi arus start. Selain itu, lilitan bantu berfungsi untuk mempertajam pergeseran fasa antara lilitan utama dengan lilitan bantu hingga hampir 90o. Oleh karena itu, motor kapasitor sering juga disebut dengan motor listrik fasa belah.

Konstruksi motor listrik satu phase beserta bagian-bagiannya diperlihatkan pada gambar di bawah.

Cara merubah arah putaran pompa air

Sebuah motor listrik satu phase yang dirangkai seperti gambar di atas, maka motor listrik akan berputar searah. Sebagai contoh di atas, putaran motor listrik ke arah kanan. Jika akan merubah arah putaran motor listrik satu phase, maka kita harus merubah rangkaian di atas. Penulis sendiri melakukan hal ini pada modifikasi pompa air bekas yang difungsikan sebagai alat parut/kukur kelapa.

Pada pompa air, kabel yang keluar hanya ada dua dan terhubung dengan sumber listrik. Untuk merubah arah putaran motor pompa air ini, kita harus membongkar beberapa bagian hingga kita menemukan sambungan antara kabel pompa air dengan ujung lilitan. Ujung lilitan terdapat empat buah yaitu 2 buah ujung dengan diameter kawat kecil dan 2 buah ujung dengan diameter kawat besar. Kawat dengan diameter kecil adalah lilitan bantu, sedangkan kawat dengan diameter besar adalah lilitan utama. Pada salah satu ujung kawat kecil dan kawat besar dihubungkan menjadi satu, dan ujung kawat kecil dan kawat besar satunya lagi dihubungkan ke kapasitor. Kabel dari sumber tegangan PLN dihubungkan ke kedua ujung lilitan utama (perhatikan gambar di atas).

Lalu bagaimana cara merubah arah putaran motor listrik satu phase atau disini dilakukan pada motor pompa air. Kita harus merubah hubungan salah satu lilitan, baik itu lilitan utama atau lilitan bantu. Jika lilitan utama dibalik dan lilitan bantu tetap, maka arah putaran motor listrik akan terbalik. Perhatikan gambar di bawah.

cara merubah arah putaran motor listrik pompa air

Jika lilitan utama tetap dan lilitan bantu dibalik, maka arah putaran motor listrik akan terbalik. Perhatikan gambar di bawah.

cara merubah arah putaran motor listrik pompa air

Jika lilitan utama dan lilitan bantu dibalik semua, maka arah putaran motor listrik akan tetap. Perhatikan gambar di bawah.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel