-->

REAMER DEBURRER PIPA

Cara Menggunakan Reamer dan Deburrer Pipa AC --.  Setelah memotong pipa tembaga ujungnya tidak akan rata pada bagian dalam maupun pada bagian luarnya, ini harus diratakan dengan reamer. Pekerjaan membersihkan ujung pipa setelah dipotong sangat penting sebelum pipa dikembangkan (flare) atau dibesarkan (swage), juga sebelum pipa di las.



Kerugian yang ditimbulkan dari lekukan pipa setelah dipotong yaitu pada saat proses pipa dikembangkan (flaring), lekukan tersebut tajam dan akan melukai bagian ujung flaring tool. Ini akan mengakibatkan flaring tool akan tergores. Pada saat proses pipa dibesarkan (swaging), lekukan tersebut bisa terlipat ke dalam.

Pisau pada reamer dibuat dari baja yang dikeraskan. Pisau ini digunakan untuk meratakan ujung pipa yang telah dipotong agar rata kembali. Reamer dapat untuk meratakan ujung pipa dengan diameter 3/16 – 1 ½ inci pada bagian dalam dan bagian luar ujung pipa.


Pemotong pipa (cutter tube) ada juga yang dilengkapi dengan pisau reamer dan kikir. Dapat digunakan sebagai reamer setelah pipa dipotong.

Cara menggunakan reamer pipa

1.  Pegang pipa yang akan direamer dengan kuat.
2.  Tempatkan reamer pada ujung pipa yang akan direamer.
3.  Putar-putar reamer dengan sedikit menekan ujung pipa.



Satu sisi dari reamer untuk meratakan bagian luar pipa dan satu sisi yang lain dari reamer untuk meratakan bagian dalam pipa. Pada saat membersihkan dengan reamer jangan terlalu banyak yang  terkupas sampai ujung pipa menjadi tipis, pada waktu dikembangkan atau pada saat dibesarkan ujung pipa tersebut akan pecah.


Waktu membersihkan pipa ujungnya harus menghadap ke bawah, ini bertujuan agar potongan logamnya (beram) tidak masuk ke dalam pipa. Potongan logam tersebut dapat ikut bersirkulasi dan membuat sistem buntu.



Deburrer memiliki tujuan yang mirip dengan reamer yaitu untuk menghilangkan duri setelah proses pemotongan pipa. Walaupun memiliki tujuan yang mirip, tetapi alat dan cara menggunakannya berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel