-->

SUHU KABINET KULKAS

Menyimpan Makanan di Kulkas.  Kulkas atau refrigerator merupakan perangkat listrik yang sudah umum di masyarakat. Hampir setiap rumah sudah memilikinya, baik kulkas satu pintu, dua pintu, ataupun lebih dari dua pintu. Kita terbiasa menaruh makanan di dalam kulkas agar tetap segar dan lebih awet. Tetapi dimanakah tempat yang tepat di dalam kulkas untuk setiap jenis makanan? Mari kita bahas suhu di dalam kulkas agar kita bisa menyesuaikan dimanakah kita akan menaruh jenis makanan tertentu.



Pada bagian freezer tidak boleh untuk menyimpan minuman kemasan, buah, dan sayuran. Bahan makanan tersebut tidak boleh disimpan pada suhu yang dingin di bawah 0oC. Mengapa?

Kita lihat sifat air yang jika didinginkan dari suhu 100oC hingga 4oC maka volumenya akan menyusut. Dan jika kita dinginkan lagi hingga suhu 0oC maka volumenya akan membesar. Hal inilah yang menjadi penyebabnya.

Jika minuman kemasan didinginkan hingga suhu 0oC, maka volume cairan yang ada didalamnya akan membesar sehingga kemasan bisa menjadi rusak (pecah). Hal yang sama juga untuk sayuran dan buah jika didinginkan hingga suhu 0oC. Kita bisa coba mendinginkan apel pada freezer hingga membeku. Secara fisik buah apel akan terlihat segar dan mengeras. Coba kita taruh di suhu ruangan dan tunggu beberapa saat. Setelah buah apel suhunya naik dan air di dalam buah sudah mencair maka apel akan lembek/keriput. Ini diakibatkan karena air yang ada di dalam buah apel mengembang dan merusak daging buah.

Menyimpan daging
Daging yang akan disimpan di kulkas harus dipilih yang masih baru dan segar. Pada lemari es yang mempunyai tempat daging (meat tray), daging dapat disimpan sampai tujuh hari lamanya. Suhu di tempatkan pada tempat dengan yang mempunyai suhu -6oC atau lebih rendah.

Menyimpan makanan yang telah dimasak
Setelah makanan selesai dimasak, dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dapat segera dimasukkan ke dalam kulkas pada tempat yang sesuai. Jika makanan tersebut tidak akan habis dimakan dalam beberapa hari, sebaiknya makanan dibungkus dan dibekukan.

Menyimpan ikan
Ikan adalah barang yang cepat menjadi busuk karena kuman. Ikan dapat disimpan dalam keadaan utuh atau potongan setelah dibersihkan isi perutnya. Ikan harus dibungkus dengan kertas lilin atau plastik, agar tidak menimbulkan bau ikan di dalam lemari es. Jika hendak disimpan untuk waktu yang lama, ikan harus dibekukan di dalam freezer pada suhu -15oC.

Menyimpan susu
Susu yang akan disimpan di kulkas harus yang murni, bersih, dan segar. Setelah kita membeli susu murni harus segera dipanaskan sampai suhu 65oC selama lebih kurang 25 menit, untuk membunuh kuman-kuman di dalam susu (dipasteurkan), kemudian secepatnya didinginkan sampai 4 – 10oC, agar tidak ada kesempatan bagi kuman-kuman untuk berkembang biak di dalamnya.

Menyimpan telur
Sebelum disimpan dalam kulkas, telur harus dicuci dahulu untuk menghilangkan kotoran dan kuman pada kulitnya. Setelah dikeringkan lalu disimpan pada rak telur (egg keeper) pada bagian dalam pintu kulkas. Telur disusun pada kedudukan berdiri, pada bagian yang runcing menghadap ke atas pada suhu 10 – 16oC. Telur harus dijaga tetap kering karena telur yang kulitnya basah ditimbuli jamur dan menjadi rusak.

Menyimpan margarine, mentega, dan keju
Margarine berasal dari tumbuh-tumbuhan sedangkan mentega berasal dari hewan. Margarine dan mentega dalam kemasan kaleng yang besar, setelah dibuka kalengnya harus dibungkus dahulu baru disimpan pada salah satu rak kulkas pada suhu 16oC. Untuk pemakaian setiap hari dalam jumlah yang sedikit, sebagian dari margarine atau mentega dapat disimpan pada tempat mentega (butter compartment).

Menyimpan sayuran dan buah
Sayuran dan buah yang akan disimpan di dalam kulkas harus dipilih yang masih baru dan segar. Sebelum disimpan sayuran dan buah harus dicuci dengan air dingin sampai bersih, untuk menghilangkan pasir, debu, dan kotoran lainnya. Sayuran dan buah harus disimpan di atas titik bekunya dalam bak sayur (vegetable drawer atau crisper) pada suhu 4 - 7oC. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, harus diusahakan agar selalu ada sedikit air yang tertinggal pada permukaan sayuran dan buah. Pisang jika disimpan di bawah suhu 13 oC, kulitnya akan menjadi rusak dan timbul bintik-bintik hitam.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel