-->

REMOTE AC


Cara memeriksa remote ac rusak/pengandali jarak jauh infra red menggunakan kamera hp. letak receiver ac split.
Remote control atau bisa disebut pengendali jarak jauh dengan menggunakan sinar infra merah sebagai media komunikasinya. Kerja remot kontrol infra merah yaitu dengan memancarkan sinar infra merah melalui LED infra merah yang berisi kode. Kode ini akan diterima oleh perangkat yang dikontrol selanjutnya kode tersebut akan diproses.



Antara remot kontrol infra merah satu dengan yang lainnya mempunyai sistem kerja yang sama. Tetapi setiap remot mempunyai kode sendiri-sendiri tergantung dari pabrikan yang membuatnya. Oleh karena itu, satu remot hanya bisa untuk mengendalikan satu perangkat elektronik.

Sekarang ini sudah banyak remot kontrol multi yang dijual bebas dengan harga yang murah. Dinamakan remot multi karena bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat elektronika lebih dari satu merk.  Di dalam remot multi sudah diprogram untuk beberapa merk perangkat elektronik, kita tinggal mengikuti petunjuk penggunaan.

Dengan kode yang telah diprogram, kita dapat mengendalikan peralatan elektronik dari jarak jauh. Jarak maksimal untuk memancarkan sinar inframerah pada remot sekitar 10 meter. Selain itu, sinar infra merah tidak dapat menembus dinding. Oleh sebab itu, penggunaan remote control infra merah hanya dapat digunakan dalam satu ruangan saja.

Jika sebuah AC split yang tidak bisa dihidupkan atau dimatikan menggunakan remot kontrol, kita dapat memeriksa apakah remot masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Ayo kita ikuti langkah-langkahnya.
1.  Periksa bagian bateray apakah masih mempunyai daya yang cukup.
2.  Jika bateray baik, kita cek apakah LED bisa mengeluarkan sinar. Sinar infra merah tidak bisa mata, oleh karena itu kita menggunakan kamera HP untuk melihatnya.


3.  Hidupkan kamera HP dan arahkan ke LED remot. Tekan tombol remot dan lihat apakah di kamera HP terlihat kilatan.

4.  Jika terlihat kilatan pada LED, maka dipastikan remot masih bisa digunakan.


Jika remot masih berfungsi dengan baik tetapi AC tidak bisa dikontrol menggunakan remot kemungkinan terdapat kerusakan pada bagian penerima (receiver). Letak penerima ini biasanya dekat dengan lampu indicator unit indoor AC, berwarna hitam dan ditutup menggunakan plastik transparan.


Sekian artikel tentang remote control AC. Semoga dapat bermanfaat.

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel