-->

FUNGSI POMPA VAKUM AC/KULKAS

Pompa vakum disebut juga alat evacuating atau dehydrating untuk mengosongkan/menghampakan udara/uap air. Fungsi pompa vakum ac/kulkas
Pemvakuman sering juga disebut Evacuating atau Dehydrating, adalah proses mengosongkan atau menghampakan sistem dari udara dan lain-lain gas. Membuat vakum sistem AC/kulkas sebelum diisi bahan pendingin dengan pompa vakum dengan menggunakan alat pengukur yang baik adalah suatu keharusan atau standar dari pengisian sistem pendingin. 

Banyak teknisi AC kurang mengerti dan tidak memahami pentingnya membuat vakum tersebut, bahkan menganggapnya sebagai suatu pekerjaan tambahan yang kurang penting pada persiapan pengisian suatu sistem pendingin.

Sistem pendingin yang masih terdapat sisa udara, saat dicoba memang kelihatannya tidak ada gangguan, tetapi sebenarnya sisa udara tersebut akan mengakibatkan gangguan yang lebih besar. Udara di dalam sistem tidak dapat diembunkan pada suhu dan tekanan pengembunan dari bahan pendingin, juga udara akan mempertinggi suhu dan tekanan dari saluran tekan (discharge pressure) kompresor. Pada suhu tinggi, udara akan membentuk senyawa baru yang korosif dan berbahaya.



Dapat kita simpulkan bahwa jika di dalam sistem yang tidak ada udara, tidak akan terjadi kerak dan tidak akan timbul panas yang tinggi. Kemungkinan terjadi kompresor rusak dan motor listrik terbakar menjadi kecil. Jadi udara dan panas adalah penyebab utama terjadinya kerusakan dalam sistem pendingin. Bahaya udara di dalam sistem pendingin dapat kita hindari dengan melakukan pemvakuman sistem.

Setiap kali sistem selesai diperbaiki, sistem pendingin penuh dengan udara, uap air, dan gas-gas lain, juga kotoran seperti debu, pasir, sisa solder, dan lain-lain. Kotoran-kotoran tersebut dapat disaring oleh filter/drier, sedangkan udara di dalam sistem hanya dapat diambil dengan pompa vakum yang baik dan alat pengukur yang teliti untuk mengukur vakum.

Pada pompa air kita dapat mengukur berapa banyak air yang telah dipompa, tetapi pada pompa vakum yang sedang bekerja, kita tidak dapat melihat hasilnya. Hanya dengan alat pengukur vakum kita dapat membacanya. Pompa vakum dan alat pengukur yang berkualitas memang harganya cukup mahal.


Cara menggunakan pompa vakum
Untuk melakukan proses pemvakuman pada ac atau kulkas dibutuhkan alat pompa vakum dan manifold. Cara melakukannya adalah:

1.  Persiapkan peralatan dan posisikan pada tempat yang aman.
2.  Hubungkan selang manifold tekanan rendah (warna biru) ke servis valve ac atau kulkas. Keraskan sambungannya.
3.  Hubungkan selang manifold tengah (warna kuning) ke pompa vakum.
4.  Tutup kran manifold tekanan tinggi (warna merah) dan buka kran manifold tekanan renah (warna biru).
5.  Hidupkan pompa vakum. Lihat jarum manifold akan turun ke posisi vakum inHg.
6.  Biarkan proses pemvakuman berlangsung beberapa saat (sekitar 15 menit).
7.  Untuk mengakhiri proses pemvakuman, tutup kran manifold tekanan rendah (warna biru) kemudian matikan pompa vakum. Proses pemvakuman selesai.


Perhatian…
Pada saat mengakhiri proses pemvakuman jangan mematikan pompa vakum sebelum kran manifold tekanan rendah ditutup. Hal ini untuk mencegah udara dari luar masuk kembali ke sistem. Proses pemvakuman dilakukan setelah sistem dipastikan tidak ada kebocoran.

Sekian artikel tentang fungsi dan cara penggunaan pompa vakum. Semoga bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel