-->

PENGANTAR SISTEM KONTROL / KENDALI

Sistem kontrol adalah berfungsi menjadikan keluaran tetap stabil walaupun masukannya berubah, proses kontrol, masukan, keluaran, kendali, perkembangan, contoh aplikasi kehidupan sehari-hari,
Sejarah manusia tidak akan pernah lepas dari upaya mengendalikan atau mengatur lingkungan dimanapun tempat tinggalnya. Pengendalian itu sendiri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar terasa nyaman. Pada awalnya manusia menggunakan peralatan dari batu yang digunakan untuk berburu atau memotong sesuatu, lambat laun berkembang dan berganti dengan peralatan dari logam.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) menjadikan semakin canggih pula teknologi untuk melakukan pengaturan. Sehingga hasil yang didapat juga akan semakin memuaskan. Sebagai contoh dulu jika orang ingin membeli barang harus pergi ke pasar yang jaraknya cukup jauh sedangkan hanya ada kendaraan sepeda. Seiring dengan perkembangan jaman, mulailah ada kendaraan sepeda motor dan mobil sehingga lebih menyingkat waktu perjalanan. Bahkan pada saat ini, jika orang ingin membeli barang cukup dengan memesan barang secara online melalui smartphone dan pembayarannya secara transfer melalui smartphone yang sama.
Perkembangan peradaban manusia dipengaruhi oleh kecerdasan dan pengalaman yang diperoleh sehingga teknologi selalu berkembang untuk mencapai kenyamanan hidup. Semenjak adanya industry pada peradaban manusia, telah terjadi empat kali revolusi industry yang saat ini sudah masuk ke tahap revolusi industry keempat (Revolusi Industri 4.0). Setiap revolusi mempunyai satu tujuan yang pasti yaitu terpenuhinya kenyamanan hidup. Setiap revolusi tidak akan lepas dari suatu pengaturan yang mampu untuk mengendalikan keluaran tetap stabil walaupun terjadi perubahan pada masukan.
Sebuah sistem kendali yang akan kita bahas, terdapat beberapa istilah yang harus dipahami antara lain:
§    Variabel adalah besaran fisik yang nilainya dapat berubah-ubah dan dapat diukur perbedaannya.
§    Masukan adalah jumlah variabel yang memberikan rangsangan pada sistem dari luar dan tidak tergantung dari jumlah variabel lain dari sistem itu sendiri.
§    Keluaran adalah jumlah variabel terukur yang dihasilkan oleh sistem, dan besarannya tidak dipengaruhi oleh variabel input yang melalui sistem.
§    Proses adalah interaksi dari keseluruhan operasi yang terjadi dalam sebuah sistem dimana materi, energy, atau informasi dari variabel input dirubah, dikirim, atau disimpan untuk menghasilkan variabel output.
§    Sistem adalah seluruh elemen/bagian yang terlibat dan saling terkait sebagai satu kesatuan yang mempunyai tujuan tertentu.
Sebuah sistem kendali/kontrol  dapat diartikan sebagai susunan beberapa komponen yang saling terkait membentuk konfigurasi sistem untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan. Sebuah sistem kendali yang paling sederhana dapat digambarkan seperti gambar di bawah.


Relasi masukan – keluaran merupakan hubungan sebab sedangkan efek/akibat suatu proses merupakan perubahan antara masukan dan keluaran. Contoh aplikasi pada kehidupan sehari-hari:
Kendali kecepatan motor
Diumpamakan jika Ahsan berangkat dari rumah pukul 06.30 menuju sekolah naik sepeda motor dengan kecepatan 50 km/jam. Maka Ahsan akan sampai di sekolah pukul 07.00. Pada suatu waktu, Ahsan bangun kesiangan sehingga berangkat sekolah pukul 06.40 sedangkan harus sampai di sekolah pukul 07.00. Bagaimanakah caranya agar Ahsan tidak terlambat sampai di sekolah?
Dari uraian di atas didapat data:
Masukan
Sistem Kontrol
Keluaran
Berangkat dari rumah pukul 06.30
Kecepatan 40 km/jam
Sampai sekolah pukul 07.00
Berangkat dari rumah pukul 06.40
???
Sampai sekolah pukul 07.00

Dari data di atas, maka proses yang dilakukan adalah menambah kecepatan kendaraan lebih dari 40 km/jam sehingga waktu tempuh akan lebih singkat dan dapat sampai sekolah pukul 07.00 walaupun berangkat sekolah lebih lambat 10 menit.
Waktu berangkat adalah masukan, kecepatan kendaraan adalah sistem kontrol, dan sampai di sekolah adalah keluaran. Di sini dapat disumpulkan bahwa sistem kontrol berfungsi untuk menjadikan keluaran stabil/tetap walaupun masukannya berubah.
Masih banyak contoh yang ada pada kehidupan sehari-hari yang mungkin saja kita tidak sadar melakukan sesuatu itu karena adanya proses kontrol.
Sekian artikel tentang pengantar sistem kontrol. Semoga dapat bermanfaat.

“Jangan salahkan orang-orang yang mengecewakanmu. Salahkanlah dirimu sendiri karena menuntut lebih dari mereka”


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel