-->

SISTEM KONTROL OPEN LOOP / KENDALI JERAT TERBUKA


Sistem control open loop atau kontrol jerat terbuka adalah kendali yang dengan karakteristik nilai keluaran tidak memberikan pengaruh terhadap proses, komponen sistem control, masukan/input, kontroler, plant/beban, keluaran/output, berbasis waktu.
Sistem control open loop (open-loop control system) atau kendali loop terbuka atau kendali jerat terbuka adalah suatu sistem control yang mempunyai karekteristik dimana nilai keluaran tidak memberikan pengaruh terhadap sistem control itu sendiri. Jadi di dalam sistem open loop, tidak ada umpan balik atau evaluasi terhadap keluaran/hasil. Apapun bentuk keluaran yang dihasilkan tidak akan pernah mempengaruhi sistem untuk memperbaikinya. Secara garis besar, sistem control open loop ditunjukkan pada gambar di bawah.



Komponen dalam sisten control open loop antara lain:
1.  Masukan/ Input
2.  Kontroler
3.  Plant / Beban
4.  Keluaran / Output

Sistem control open loop merupakan jenis control yang sederhana dan umumnya digunakan pada peralatan yang kendalinya berupa waktu. Contoh sistem yang menggunakan kendali open loop antara lain:

Sistem Kontrol  Pemanggang Roti / Toaster


Pemanggang roti atau disebut juga dengan toaster merupakan peralatan listrik yang digunakan untuk memanaskan roti. Sistem kerja toaster digambarkan pada diagram alir di bawah.


Pemilihan tingkat kematangan roti merupakan pilihan lamanya roti akan dipanaskan, jika pemilihan tingkat kematangan terlalu kecil/cepat maka hasil panggangan kurang matang. Jika pemilihan tingkat kematangan terlalu besar/lama maka hasil panggangan bisa menjadi gosong. Jadi disini tingkat kematangan di set dari awal. Seberapa kematangan roti hasil panggangan tidak akan mempengaruhi settingan awal.
Dari sistem pemanggang roti ini terdapat elemen control antara lain:
1
Masukan / Input
Roti
2
Kontroler
Pemilihan waktu panggangan
3
Plant / Beban
Elemen pemanas
4
Keluaran / Output
Roti hasil panggangan

Hal yang sama seperti sistem kerja pemanggang roti adalah pada micro wave dan oven listrik yang menggunakan sistem control open loop.

Sistem Kontrol Mesin Cuci


Prinsip kerja mesin cuci juga menggunakan sistem control open loop. Penggunaan mesin cuci bisa dilihat pada diagram alir di bawah.


Pada saat mencuci dengan mesin cuci, hasil cucian bersih atau belum tidak dapat mempengaruhi setting awal. Untuk menentukan tingkat kebersihan pakaian hanya dapat dilakukan dengan mengatur waktu pencucian dan frekuensi pembilasan (ganti air). Semakin lama waktu pencucian logikanya akan semakin bersih pakaian yang dihasilkan, begitu juga sebaliknya. Semakin banyak frekuensi penggantian air cucian akan semakin bersih pakaian yang dihasilkan, begitu juga sebaliknya. Jika ada kesalahan dalam menentukan waktu pencucian (seandainya saja kurang lama), maka hasil cucian kurang bersih.
Dari sistem kerja mesin cuci, terdapat elemen control antara lain:
1
Masukan / Input
Pakaian kotor
2
Kontroler
Pemilihan waktu pencucian
3
Plant / Beban
Proses mencuci
4
Keluaran / Output
Pakaian bersih

Sekian artikel tentang sistem kendali open loop. Semoga bisa bermanfaat.

“Kebaikan apakah yang sudah kita kerjakan hari ini?”

2 Responses to "SISTEM KONTROL OPEN LOOP / KENDALI JERAT TERBUKA"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. kalo sistem pemanas pada setrika termasuk open loop ata close loop??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sistem pemanas pada setrika listrik menggunakan sistem close loop gan.
      panas yang dihasilkan akan selalu dipantau dan dijadikan umpan balik apakah sesuai dengan setting suhu atau belum. jika panas yang dihasilkan belum sesuai maka akan terus dipanaskan, tetapi jika panas yang dihasilkan sudah sesuai maka proses pemanasan akan dihentikan.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel