-->

CARA MERUBAH JALUR PLN DENGAN GENSET KE INSTALASI LISTRIK RUMAH


Cara merubah jalur PLN dengan genset ke instalasi listrik rumah, TPDT, MCB, stop kontak, KWH meter, relay MK2P-1, NO NC, pindah jalur listrik,
Kita menggunakan listrik dari perusahaan penyedia listrik yang di Indonesia dikuasai oleh PLN. Semua kebutuhan listrik untuk kebutuhan rumah tangga dipasok dari PLN. Jika ada pemadaman listrik ya kita harus menggunakan sumber listrik yang lain, salah satunya kita menggunakan genset. Banyak macam genset yang digunakan untuk rumah tangga, mulai dari ratusan watt hingga ribuan watt. Kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan untuk rumah kita. Untuk merubah aliran listrik dari PLN ke genset juga ada banyak cara. Yang paling sederhana yaitu dengan menghubungkan kabel dari genset ke stop kontak kemudian jalur ke PLN diputuskan dengan mematikan MCB. Cara ini ditunjukkan pada gambar di bawah.



Kelebihan sistem ini adalah sangat sederhana tanpa banyak bahan yang digunakan. Kekurangannya antara lain resiko tersengat arus listrik lebih besar karena harus memindah jalur secara manual. Selain itu juga harus mematikan MCB pada KWH meter. Jika lupa mematikan MCB sedangkan genset sudah menyala, maka aliran listrik akan mengalir ke seluruh jaringan luar rumah. Jika genset masih menyala dan MCB tidak dimatikan, pada waktu PLN sudah menyala maka akan terjadi benturan arus listrik yang berbeda phasenya. Ini dapat merusak genset yang digunakan.

Cara yang lebih aman dari yang pertama adalah menggunakan saklar TPDT (Triple Pole double Throw) atau juga dikenal dengan sebutan cam starter. Jika menggunakan saklar TPDT kita tidak perlu mematikan MCB yang ada pada KWH meter, hanya dengan merubah posisi saklar maka jalur listrik juga akan berubah. Rangkaian pemasangan saklar TPDT diperlihatkan pada gambar di bawah.


Kelebihan sistem menggunakan cam starter adalah lebih aman dari resiko sengatan arus listrik dan tidak akan terjadi benturan aliran listrik dari PLN ke genset walaupun semua menyala. Hal ini dikarenakan jalur hanya terhubung pada salah satu sumber. Seandainya jalur dirubah maka jalur sebelumnya akan terlepas terlebih dahulu baru kemudian terhubung dengan jalur yang baru. Kelemahan sistem ini adalah pemindahan jalur masih dilakukan secara manual dengan merubah posisi saklar.

Cara yang ketiga yaitu cara merubah jalur PLN dengan genset menggunakan relay. Keuntungan dengan menggunakan relay ini adalah kita tidak perlu merubah saklar TPDT ataupun mematikan MCB. Jalur listrik akan berubah dari ke genset saat genset dihidupkan, dan akan pindah ke PLN jika genset dimatikan. Dengan demikian kita akan lebih aman dari sengatan listrik. Rangkaian ditunjukkan pada gambar di bawah.


Cara kerja rangkaian secara umum sama dengan prinsip kerja relay. Relay MK2P-1 mempunyai dua kontak NC yaitu terminal 1-4 dan 8-5 sehingga jika genset tidak menyala maka jalur PLN dengan instalasi listrik rumah akan terhubung dan jalur genset dengan instalasi rumah akan terputus. Pada saat genset dinyalakan, relay akan aktif dan kontak akan berpindah (terminal 1-3 dan 8-7 akan terhubung) sehingga jalur PLN dengan instalasi listrik rumah akan terputus dan jalur genset dengan instalasi listrik rumah akan terhubung. Pada saat genset dimatikan, jalur akan kembali ke PLN dan instalasi listrik rumah. Perlu diperhatikan bahwa relay ini mempunyai daya hantar yang terbatas, untuk menambah daya hantar relay perlu adanya modifikasi penggunaan beberapa relay atau menggunkan tambahan kontaktor.

Berhati-hatilah jika melakukan instalasi listrik dengan tegangan tinggi 220V. Kecerobohan akan berakibat fatal bagi diri kita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Pikiran adalah hal yang kuat. Ketika Anda mengisinya dengan pikiran positif, hidup Anda akan mulai membaik.”

4 Responses to "CARA MERUBAH JALUR PLN DENGAN GENSET KE INSTALASI LISTRIK RUMAH"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

  1. Kokk...saya coba cara pertama tidak bisa?
    Kira² penyebabnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek lagi jalur kabelnya. Jika sudah sesuai dengan gambar di atas maka listrik dari genset akan masuk ke instalasi rumah. Jika kabel sudah sesuai tetapi listrik tidak masuk ke instalasi rumah coba cek apakah genset sudah menghasilkan listrik apa belum. Jika genset sudah ada listrik coba cek kabel antara genset dengan stopkontak mungkin ada yang putus. Jika genset belum ada listriknya coba cek rangkaian penghasil listrik (generator). Kalau semua sudah sesuai, jangan lupa genset dihidupkan ya gan :D

      Hapus
  2. Sudah lama pengen menerapkan instalasi sistem seperti itu tapi selalu tertunda, karena listrik PLN sangat jarang padam sekarang ini.

    Karena sering menggunakan cara manual ketika listrik PLN padam bergilir, saya jadi terbiasa dan sudah menjadi "ahli", tidak pernah kejadian hal yg disebutkan di artikel.

    Tapi memang cara manual itu termasuk level expert karena rumit, jadi di rumah saya jika saya tidak ada di rumah maka tidak ada yg bisa menyalakan genset.

    Sebenarnya orang rumah sudah minta agar dibuatkan cara sesimple menarik tuas, tapi tetap saja mereka tidak bisa menyalakan genset itu dan bahkan takut, apalagi setelah saya ubah genset itu jadi berbahan bakar gas LPG.

    Menggunakan cam starter atau relay juga mesti narik kabel panjang, karena posisi harus dekat meteran yg di depan rumah, sedangkan posisi genset jauh di belakang rumah (rumah saya panjang).

    BalasHapus
  3. Rencana mau menggabungkan antara pln dan plts ke instalasi rumah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel