-->

JENIS MATA GERINDA TANGAN SERTA FUNGSINYA, MACAM MATA GERINDA


Jenis – Jenis Mata Gerinda Tangan Serta Fungsinya, mata gerinda asah, mata gerinda fleksibel, mata gerinda potong, mata gerinda sikat, mata gerinda amplas, mata gerinda keramik, mata gerinda tembok, mata gerinda kayu, mata gerinda spon, mata gerinda woven, mata gerinda polish.
Mesin gerinda tangan merupakan peralatan listrik yang multi fungsi. Tidak hanya untuk memoles permukaan besi yang tidak rata, tetapi juga bisa digunakan untuk keramik, batu, tembok, atau kayu. Untuk mengerjakan yang bermacam-macam itu perlu disesuaikan jenis mata gerinda yang digunakan. Jika mata gerinda digunakan yang tidak sesuai dengan fungsinya, sangat mungkin hasilnya tidak bagus tetapi juga akan merusak mata gerinda atau benda yang digerinda.



Berikut uraian tentang macam-macam mata gerinda dan penggunaannya.

Mata Gerinda Asah


Mata gerinda asah biasa disebut juga dengan Grinding Wheel. Mata gerinda ini mempunyai tekstur kasar dan keras yang berfungsi untuk mengikis permukaan logam. Hasil pengikisan menggunakan mata gerinda ini masih kasar dan perlu pengikisan ulang dengan mata gerinda yang lebih halus agar hasilnya memuaskan.

Mata Gerinda Potong


Mata gerinda potong atau cutting wheel berfungsi untuk memotong logam. Hasil potongan lebih rapi bila dibandingkan dengan menggunakan mata gerinda fleksibel. Mata gerinda potong bisa digunakan untuk mengikis logam tetapi karena tipis, mata gerinda ini bisa patah jika pada saat menggunakan terlalu ditekan.

Mata Gerinda Kayu


Mata gerinda kayu atau circular saw digunakan untuk memotong kayu. Kayu yang dapat dipotong dengan gerinda tangan hanya kayu dengan ketebalan maksimal 20mm.

Mata Gerinda Spon


Mata gerinda spon digunakan untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan batu, marmer, dan granit.

Mata Gerinda Polish


Mata gerinda ini digunakan untuk mengkilapkan bahan yang di cat dan sudah dilapisi dengan clear coat.

Mata Gerinda Woven


Mata gerinda woven hampir sama dengan mata gerinda spon tetapi pada media yang berbeda yaitu stainless steel dan juga alumunium.

Mata Gerinda Sikat


Mata gerinda sikat atau steel wire brush adalah mata gerinda yang permukaannya terdapat sikat baja. Mata gerinda ini digunakan untuk menghilangkan kerak atau karat yang terdapat pada permukaan logam, mengikis cat pada logam atau kayu, ataupun cat pada tembok.

Mata Gerinda Amplas


Mata gerinda amplas mempunyai permukaan berbentuk amplas yang disusun bertumpuk. Mata gerinda ini digunakan untuk memoles permukaan logam yang teroksidasi atau untuk menghaluskan permukaan kayu. Hasil pengikisan menggunakan mata gerinda amplas ini lebih halus bila dibandingkan dengan menggunakan mata gerinda sikat, tetapi kekuatan mengikisnya lebih kecil. Mata gerinda ini digunakan untuk proses finishing pada pengerjaan logam ataupun kayu.

Mata Gerinda Fleksibel


Mata gerinda fleksibel disebut juga dengan flexible disc. Sesuai dengan namanya, mata gerinda ini tidak kaku sehingga bisa menjangkau permukaan yang sempit. Sangat baik digunakan dalam pembuatan teralis yang memiliki bentuk yang rumit. Mata gerinda ini bisa digunakan untuk memotong logam tetapi hasilnya kurang baik. Pada saat memotong, mata gerinda akan bergoyang sehingga bagian yang terpotong akan lebih lebar.

Mata Gerinda Keramik


Mata gerinda keramik digunakan untuk memotong keramik oleh tukang bangunan. Dengan menggunakan mata gerinda ini, keramik dapat dipotong dengan pola yang diinginkan.

Mata Gerinda Tembok


Mata gerinda tembok digunakan untuk mengikis permukaan tembok atau membuat pola tertentu.

Begitu banyaknya fungsi dari gerinda tangan untuk membantu kegiatan sehari-hari. Mungkin ini alat yang wajib dimiliki bagi orang-orang yang suka dengan otak-atik barang. Penggunaan gerinda tangan sangat mudah tetapi kita harus mengetahui cara menggunakan gerinda tangan dengan benar. Gunakanlah alat keselamatan kerja yang sesuai.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Jangan mengatakan ‘Masih ada waktu’ atau ‘Nanti saja’. Lakukanlah segera dan gunakan waktumu dengan bijaksana”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel