-->

CARA MELUNAKKAN KARET PINTU KULKAS, MENGEMBALIKAN KELENTURAN KARET DENGAN PEMANASAN


Cara mengatasi karet pintu kulkas yang mengeras, mengembalikan kelenturan / elastisitas karet pintu kulkas, metode pemanasan karet pintu kulkas dengan hair drier (pengering rambut), pintu kulkas tidak bisa rapat, kerugian pintu kulkas tidak rapat, 
Mungkin ada yang mengalami saat menutup pintu kulkas tidak bisa rapat, bahkan dengan mendorong pintunya hingga kulkas bergeserpun tidak bisa merapatkan pintu. Jangan marah-marah gan, jangan ditendang pintu kulkasnya. Nanti malah tambah parah kerusakannya. Coba periksa karet pada pintu kulkas dengan cara menekannya. Jika keras, maka itulah penyebabnya. Karet yang seharusnya menjadi bahan yang lentur dan dapat menutupi celah pada pintu tetapi malah keras seperti balok yang menjadi penghalang menutup rapatnya pintu kulkas.

Kerugian dari pintu kulkas yang tidak dapat menutup dengan rapat antara lain:


Efek pendinginan berkurang.

Karena terdapat celah pada pintu kulkas, maka udara panas dari luar bisa masuk. Panas yang masuk akan menyebabkan proses pendinginan di dalam lemari es menjadi lebih lama. Jika proses pendinginan lebih lama maka kerja kompresor semakin lama juga yang menyebabkan umur pakai kompresor akan menurun.

Biaya listrik semakin besar.

Karena kompresor bekerja semakin lama, maka kulkas membutuhkan energi listrik yang lebih banyak. Pemakaian energi yang banyak ini akan berakibat tagihan listrik akan membengkak. Jadi jangan sepelekan kerusakan karet pintu kulkas ini.


Bunga es pada freezer cepat menebal.
Adanya celah pada pintu kulkas bisa menyebabkan masuknya udara yang mengandung uap air. Uap air ini menjadi Penyebab Terjadinya Bunga Es pada evaporator. Bunga es ini dapat terjadi khususnya pada lemari es satu pintu yang belum menggunakan sistem auto defrost.


Sebelum memulai mengatasi masalah karet pintu kulkas yang mengeras, kita bahas dulu teori tentang karet. Bahan yang terdapat campuran karet akan cepat rusak jika terjadi reaksi kimia yang ditumbulkan oleh panas, minyak, atau juga karena oksigen. Dengan menghindari hal-hal tersebut dapat memperpanjang proses pengerasan karet. Tetapi di lain hal, menggunakan panas dan campuran minyak dengan tepat dapat menjadikan tekstur karet lebih lentur untuk sementara waktu walaupun nantinya juga akan mengeras kembali.

Terjadinya reaksi kimia pada karet dapat berupa munculnya bahan seperti tepung pada permukaan karet. Paparan sinar matahari (UV) juga dapat mempercepat pengerasan pada karet. Tempatkan barang yang berbahan karet pada tempat yang terhindar dari sinar matahari secara langsung. Jaga kebersihan barang yang terbuat dari karet agar terhindar dari minyak. Penggunaan cairan pembersih justru akan mempercepat kerusakan karet.


Cara melunakkan karet pintu kulkas yang paling sederhana adalah dengan cara pemanasan. Kita bisa meminjam hair drier (pengering rambut) yang biasa digunakan oleh ibu-ibu atau perempuan pada umumnya. Panaskan karet pintu kulkas menggunakan pengering rambut tetapi kita harus berhati-hati dalam penggunaannya. Memanaskan karet pintu kulkas selama 7 hingga 10 menit dapat merubah kelenturannya. Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemanasan yaitu pada saat memanaskan, selalu gerakkan pengering rambut agar panas dapat merata. Jika hanya diam di satu tempat beberapa saat dapat menyebabkan karet meleleh.

Setelah dipanaskan, biarkan karet dingin dengan sendirinya sekitar 10 menit. Setelah itu coba periksa kekerasan karet pintu dengan cara menekannya. Jika karet lebih lentur pada kondisi dingin maka cara yang dilakukan bisa dikatakan berhasil walaupun tidak seperti baru. Tetapi cukuplah untuk dapat menutup celah pada pintu kulkas.

Jika cara tersebut tidak berhasil, mungkin solusi lainnya yaitu dengan mengganti karetnya atau periksa dulu magnet pintu kulkas. Tetapi yang menjadi permasalahan adalah tidak semua daerah ada yang menjual spare partnya. Kita bisa mendapatkan karet pintu kulkas secara on-line jika di lingkungan kita tidak ada yang menjualnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

“Kita Tidak Bisa Kembali Ke Masa Lalu Untuk Memperbaiki Kesalahan, Tetapi Kita Bisa Memperbaiki Kesalahan Yang Diperbuat”


4 Responses to "CARA MELUNAKKAN KARET PINTU KULKAS, MENGEMBALIKAN KELENTURAN KARET DENGAN PEMANASAN"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel