-->

CARA MEMASANG UNIT INDOOR AC SPLIT, LANGKAH INSTALASI UNIT INDOOR AC SPLIT


Cara memasang unit indoor ac split, langkah instalasi unit indoor ac split, hal yang diperhatikan dalam menempatkan indoor ac split, pemasangan bracket mounted indoor ac split, duct tape, lobang pemipaan drainase.
Dalam melakukan pemasangan unit indoor AC split sebaiknya memperhatikan estetika (desain interior), posisi unit ondoor, maupun tinggi unit indoor.

Penempatan unit indoor sebisa mungkin memenuhi kriteria estetika yaitu dapat memperindah desain interior ruangan. Dengan demikian selain menjadi penyejuk ruangan, unit indoor juga dapat menambah nyaman karena desain interior ruangan lebih menarik.

Jangan menempatkan unit indoor di atas perangkat listrik/elektronik atau di atas tempat tidur. Hal ini dimaksudkan jika terjadi permasalahan pada unit indoor seperti terjadi tetesan air/indoor bocor tidak akan merusak benda yang ada dibawahnya. Selain itu juga pada saat perawatan dapat dilakukan dengan mudah.

Pemasangan unit indoor jangan terlalu rendah, ini untuk menghindari unit indoor disentuh oleh anak-anak dan juga agar hembusan udara dapat merata karena hembusan udara ke bawah. Pemasangan unit indoor yang terlalu tinggi (dekat dengan plafon) juga tidak baik karena sirkulasi udara akan terganggu, dan kesulitan pada saat perawatan ataupun perbaikan unit indoor. Jarak pemasangan unit indoor biasanya terdapat pada buku petunjuk pemasangan.

Langkah-langkah pemasangan unit indoor adalah:

1.  Pemasangan bracket unit indoor (mounted).
Tempelkan bracket pada dinding dan gunakan skrup atau paku pada lubang bracket pada sisi tengah atas. Pada gambar dicontohkan pemasangan pada papan.


Gunakan waterpass untuk mengukur kerataan. Taruh waterpass di atas bracket, gunakan waterpass yang mempunyai magnet agar dapat menempel pada bracket. Putar sedikit bracket agar posisinya rata dengan melihat waterpass. Setelah rata, gunakan skrup/paku untuk mengunci bracket agar tidak bergeser.


Setelah bracket terkunci kemudian tambahkan srup/paku pada posisi lainnya. Gunakan minimal lima buah agar posisi bracket kuat. Perhatian, jika memasang AC 2nd (bekas) cek dulu apakah bracket sesuai atau tidak. Jangan sampai bracket sudah terpasang tetapi tidak cocok dengan unit indoor.

2.  Membuat lobang pemipaan.
Pada pemasangan pada tembok maka harus dibuatkan lobang pada tembok untuk jalur pemipaan ke unit outdoor dan jalur drainase. Jarak lobang disesuaikan dengan letak pipa dan lobang dibuat miring keluar agar aliran air drainase dapat mengalir lancar.


Diameter lobang jangan terlalu besar agar tidak menjadi jalan masuk tikus atau burung.

3.  Instalasi kelistrikan unit indoor.
Pada unit indoor terdapat dua buah jalur kelistrikan yaitu jalur kesumber tegangan dan jalur ke unit outdoor. Jalur seperti ini berbeda dengan Kelistrikan Unit AC Inverter.


Panjang kabel yang digunakan harus disesuaikan dengan letak sumber tegangan dan unit outdoor. Pasang sambungan pada konektor dengan Sambungan Kabel Yang Baik dan Benar.

4.  Balut pipa, kabel, dan drainase menggunakan pembalut duct tape.
Gabungkan pipa, kabel, dan saluran drainase menjadi satu kemudian balut menggunakan duct tape. Duct tape ini terdapat dua jenis yaitu lengket dan tidak lengket. Jangan lupa tutupi lubang pipa menggunakan duct tape, isolasi atapun plastik agar kotoran tidak dapat masuk.



5.  Pasang unit indoor pada bracket (mounted).
Pasang unit indoor pada bracket dengan cara menggantungkannya. Setelah unit indoor tergantung, geser sedikit ke arah kiri dan kanan untuk memantapkan kedudukan unit indoor.

Demikian artikel tentang pemasangan unit indoor AC split. Pemasangan unit indoor merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam pemasangan unit AC split. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Selalu Ada Pelajaran Dibalik Setiap Kejadian. Jangan Menganggap Masalah Sebagai Musibah Tetapi Carilah Hikmah Dan Jangan Menyerah”

1 Response to "CARA MEMASANG UNIT INDOOR AC SPLIT, LANGKAH INSTALASI UNIT INDOOR AC SPLIT"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel