-->

PENYEBAB BUNGA ES KRAN OUTDOOR, SOLUSI TERJADINYA ES BLOK KRAN 3 WAY AC SPLIT


Penyebab bunga es kran outdoor dan solusinya, terjadinya bunga es pipa outdoor dan cara mengatasi, bunga es kran 3 way, kran servis terdapat es, kran 3 way dipenuhi salju, terlalu banyak refrigerant, evaporator kotor, blower tidak menyala, sensor suhu thermistor rusak.
Pada saat kita melihat outdoor ac split ternyata pada kran outdoor (3-way) atau kran servis penuh dengan bunga es sedangkan pada kran 2-way tidak terdapat bunga es. Ada masalah apa dengan AC dan apa penyebabnya?

Sebelumnya kita bahas dulu mengapa dapat terjadi bunga es pada pipa outdoor AC split. Timbulnya bunga es pada kran 3-way unit outdoor bisa disebabkan oleh:



Terlalu banyak refrigerant
Refrigerant yang terlalu banyak akan berakibat tidak semua refrigerant dapat menguap seluruhnya di evaporator. Sebagian besar refrigerant cair mengalir kembali ke arah kompresor. Refrigerant cair ini akan menyerap panas dari sekitarnya untuk menguap. Karena menguapnya pada kran 3-way maka pada kran 3-way akan terjadi bunga es.

Solusi dari masalah ini adalah dengan mengurangi isi refrigerant di dalam sistem dengan cara mengelurakannya. Untuk jenis refrigerant yang ramah lingkungan bisa dibuang saja ke udara lepas, tetapi jika menggunakan refrigerant yang dapat merusak lapisan ozon maka sebaiknya dilakukan proses penampungan refrigerant.

Evaporator kotor
Evaporator berfungsi untuk menguapkan refrigerant dengan cara menyerap panas dari udara sekitarnya melalui sirip-sirip. Jika sirip evaporator ini terdapat kotoran maka proses penyerapan panas akan terhalang dan proses penguapan akan berkurang. Karena berkurangnya proses penguapan refrigerant di dalam evaporator maka refrigerant yang keluar dari evaporator sebagian masih berbentuk cair. Jika pada kran 3-way masih ada refrigerant cair dan terjadi penguapan, maka akan terbentuk bunga es.

Jika evaporator kotor merupakan masalahnya, maka pembersihan evaporator harus dilakukan dengan menggunakan mesin steam. Tindakan ini merupakan Servis Ringan AC Split dan bisa dilakukan sendiri.

Blower tidak menyala
Fungsi dari blower adalah untuk mensirkulasikan udara di sekitar evaporator. Jika blower tidak menyala, maka udara di sekitar evaporator tidak akan pernah bersirkulasi. Hal ini akan menyebabkan proses penyerapan panas dari udara oleh evaporator akan tergannggu sehingga refrigerant pada evaporator tidak menguap seluruhnya. Refrigerant yang masih berbentuk cair ini jika sampai pada kran 3-way akan menguap dan menyebabkan timbulnya bunga es.

Secara umum jika blower tidak berputar maka akan ada pendeteksinya yang dibaca oleh Unit Control (Modul AC) sehingga sistem akan dimatikan secara total untuk menghindari refrigerant cair masuk ke kompresor. Tetapi pada unit AC yang telah diganti menggunakan modul AC universal, sensor ini terkadang tidak dihubungkan dengan unit control dan jika blower tidak berputar maka sistem tidak akan bisa memproteksinya. Baca Tanda-Tanda Blower AC Rusak.

Sensor suhu ruang rusak
Sensor suhu pada unit AC split atau yang disebut dengan Thermistor, terdapat dua buah yaitu pendeteksi suhu pipa dan pendeteksi suhu udara. Jika pendeteksi suhu udara rusak maka suhu ruang yang sudah dingin tidak akan terdeteksi oleh sistem. Kompresor akan tetap aktif untuk mendinginkan ruangan padahal suhu ruang sudah dingin. Jika suhu ruang sudah dingin maka penyerapan panas oleh evaporator akan terhambat dan menyebabkan refrigerant yang keluar dari evaporator sebagian masih ada yang berbentuk cair. Refrigerant yang masih berbentuk cair ini jika sampai pada kran 3-way akan menguap dan menyebabkan timbulnya bunga es. Baca juga Ciri-Ciri ThermistorAC Split Rusak.

Jika ingin mengganti thermistor AC split, usahakan untuk mencari yang sama persis mulai dari merk AC dan bentuk konektornya. Besar hambatan thermistor dan konektor pada setiap unit AC tidak selalu sama.

Demikian beberapa sebab terjadinya bunga es pada kran 3-way. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Menghargai Sesuatu Yang Sederhana Kadangkala Itu Yang Membuat Kita Bahagia”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel