-->

CARA MENGGUNAKAN GERINDA TANGAN DENGAN AMAN, POTENSI BAHAYA DAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)


Cara menggunakan mesin gerinda tangan dengan aman, penggunaan alat pelindung diri (APD), potensi bahaya penggunaan mesin gerinda tangan, bahaya terpotong, bahaya tersengat listrik, penutup telinga, helm, kacamata, sarung tangan, sepatu keselamatan, fungsi gerinda, peralatan listrik.
Gerinda tangan atau disebut juga angle grinder adalah peralatan listrik multi fungsi yang merupakan peralatan wajib dimiliki setiap bengkel. Gerinda tangan banyak digunakan untuk memotong, mengikis atau memoles logam, keramik, kayu, ataupun batu. Gerinda tangan dijual dengan berbagai merk, mulai dari merk biasa sampai merk terkenal. Harganya juga bervariasi, gerinda dengan merk terkenal pasti dijual dengan harga yang lebih mahal. Kelebihan menggunakan gerinda tangan dengan merk yang terkenal antara lain suaranya lebih halus dan tidak mudah panas.

Cara menggunakan gerinda tangan sangat mudah, tetapi menggunakannya dengan aman perlu pengetahuan dan ketelitian. Gerinda tangan merupakan mesin yang dapat bergerak bebas, jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya dapat mencelakai diri sendiri. Gerinda tangan merupakan peralatan yang banyak memakan korban pada pekerja di lapangan. Oleh karena itu marilah kita bahas potensi bahaya penggunaan gerinda tangan dan cara menggunakan gerinda tangan dengan aman.



Potensi bahaya dari penggunaan gerinda tangan antara lain:
1.  Bahaya terpotong; gerinda tangan bisa saja memotong bagian tubuh atau jari kita.
2.  Bahaya percikan serpihan; gesekan antara gerinda dengan bahan dapat memercikkan butiran sisa bahan. Serpihan mata gerinda yang patah juga bisa terlempat dengan arah yang tidak tentu.
3.  Bahaya dari debu; debu hasil proses menggerinda dapat mengganggu pernapasan. Gunakan mesin gerinda tangan pada ruang terbuka atau pada ruang yang mempunyai ventilasi baik.
4.  Bahaya sengatan listrik; bahaya ini dapat berupa short body atau kabel yang terkelupas. Pastikan isolasi kabel dalam keadaan utuh tidak terkelupas.

Untuk menghindari potensi bahaya seperti pada penjelasan di atas, kita dapat meminimalisir dengan penggunan Alat Perlindungan Diri (APD). Beberapa APD yang dapat digunakan pada saat mengopersikan mesin gerinda tangan antara lain:

1.  Penutup telinga (Ear Plug);
2.  Kacamata kerja (Safety Glasses);
3.  Pelindung muka (Face Shield);
4.  Sarung tangan (Leather Glove);
5.  Helm kerja (Helmet);
6.  Sepatu keselamatan (Boots);
7.  Masker (Dust Mask);


Dengan menggunakan APD pada saat bekerja bukan berarti kita akan bebas dari bahaya, tetapi hanya untuk meminimalkan potensi bahaya. Tata cara penggunaan peralatan dengan aman sangat penting untuk dikuasai. Berikut beberapa hal yang pelu diperhatikan pada saat mengoperasikan mesin gerinda tangan.

1.  Pastikan pada saat penggunaan, tubuh kita dalam keadaan sehat. Badan yang kurang sehat akan mengakibatkan kurangnya konsentrasi kita pada pekerjaan. Jika kondisi tubuh kurang sehat atau lelah sebaiknya istirahat terlebih dahulu.
2.  Pastikan lingkungan kerja nyaman, sirkulasi udara baik, pencahayaan memadai, tidak ada genangan air, dan tidak ada bahan yang mudah terbakar di sekitar tempat kerja.
3.  Pada saat menghubungkan kabel gerinda ke sumber listrik, usahakan mesin gerinda dipegang. Hal ini untuk menghindari saklar masih pada posisi ON pada saat menghubungkan ke sumber listrik.
4.  Pastikan bahan yang di gerinda pada posisi tidak bergerak/bergeser. Pegang bahan dengan kuat atau japit menggunakan ragum.
5.  Pegang dengan erat mesin gerinda pada saat digunakan. Gesekan mata gerinda dengan bahan dapat memnyebabkan hentakan pada gerinda tangan. Oleh karena itu harus di pegang dengan erat agar tidak terlepas.
6.  Gerinda tangan jangan terlalu ditekan agar percikan yang dihasilkan tidak terlalu banyak dan kerja gerinda lebih ringan. Usahakan percikan kearah yang aman.
7.  Setelah menggunakan gerinda tangan, lepaskan hubungan sumber listrik dan letakkan mesin gerinda di tempat yang aman.

Selain hal di atas, faktor pengalaman sangat mempengaruhi dalam penggunaan mesin gerinda dengan aman. Sekian artikel penggunaan mesin gerinda tangan semoga dapat bermanfaat.

“Selalu Ada Jalan Bagi Siapa Saja Yang Mau Berusaha”

1 Response to "CARA MENGGUNAKAN GERINDA TANGAN DENGAN AMAN, POTENSI BAHAYA DAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD)"

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel