-->

CARA MEMASANG OTOMATIS LAMPU JALAN, TAMAN, KEBUN, ATAU TERAS


Membuat lampu jalan, lampu taman, atau lampu teras yang akan hidup di malam hari dan mati di siang hari secara otomatis akan sangat membantu kita untuk selalu menghidupkan dan mematikan saklar tiap pagi dan sore. Selain itu jika kita sedang bepergian hingga malam, lampu secara otomatis akan menyala. Bagaimakanakah caranya? Mari kita bahas bersama.

Untuk menghidupkan dan mematikan lampu secara otomatis di siang dan malam hari kita dapat menggunakan peralatan listrik yang sudah banyak dijual. Karena hidup dan matinya lampu sesuai dengan terang atau gelap lingkungan, kita gunakan saja rangkaian dengan sensor cahaya atau LDR (Light Dependent Resistor). Cara pertama yaitu dengan menggunakan fitting otomatis. Cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi orang yang masih awam dengan instalasi listrik. Bentuk fitting otomatis ini diperlihatkan pada gambar di bawah.


Fitting ini mempunyai sensor cahaya yang dihubungkan dengan kabel. Lampu akan hidup jika sensor tidak terkena sinar (keadaan gelap) dan akan mati jika terkena sinar (keadaan terang). Pemasangan fitting ini dengan menempatkan sensor cahaya dengan cara menjepitkan pada bagian yang tidak terkena langsung dengan cahaya lampu yang dihidupkan. Sensor bisa ditempatkan tepat di atas lampu dan posisi sensor menghadap ke atas (membelakangi lampu) sehingga jika lampu menyala, sensor tidak akan terkena sinar dari lampu tersebut. Contoh pemasangan diperlihatkan pada gambar di bawah.


Fitting lampu otomatis ini tidak akan mampu jika digunakan untuk beban yang besar. Jika kita menggunakan beban lampu yang besar (lebih dari 100 Watt) maka kita harus menggunakan rangkaian otomatis yang lebih besar. Bentuknya ada beberapa macam seperti diperlihatkan pada gambar di bawah.


Walaupun mempunyai bentuk yang berbeda tetapi fungsi dan instalasinya tetap sama. Sensor ini mempunyai tiga buah kabel dengan warna merah, hitam, dan putih. Kabel warna merah dihubungkan ke fasa lampu. Kabel warna hitam dihubungkan ke fasa sumber listrik. Kabel warna putih dihubungkan ke netral. Cara instalasi kabel diperlihatkan pada gambar di bawah.


Berhati-hatilah saat melakukan instalasi karena rangkaian menggunakan tegangan tinggi. Pastikan sumber tegangan dalam keadaan mati pada saat instalasi. Gunakan kabel dan isolasi sambungan yang sesuai dengan syarat instalasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

“Tidak Harus Meniru Sesuatu Untuk Menjadi Yang Terbaik, Cukup Menjadi Diri Sendiri dan Kenali Siapakah Sebenarnya Dirimu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel