-->

PROSPEK KERJA BIDANG PENDINGIN DAN TATA UDARA


Teknik Refrigerasi dan Tata Udara atau juga disebut Teknik Pendingin dan Tata Udara merupakan sebuah bidang keilmuan yang mempelajari tentang pengendalian suhu, kelembaban, dan kebersihan udara pada suatu ruangan. Suhu, kelembaban, dan kebersihan udara yang dikendalikan agar manusia merasa nyaman dan juga benda ataupun makanan pada ruangan tersebut menjadi lebih segar dan tidak cepat rusak. Teknik Pendingin dan Tata Udara ini dijadikan sebagai sebuah program studi di tingkat SMK/MAK dan juga pada tingkat universitas. Saat ini sistem pendingin dan tata udara sangat luas penggunaannya yang terdapat di gedung-gedung tinggi, pada kendaraan, pusat perbelanjaan, dan juga pada industri.



Prospek Kerja Bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara
1.  Karyawan pada Perusahaan Teknik Pendingin; Perusahaan teknik pendingin merupakan pembuat mesin-mesin pendingin seperti AC (Air Conditioner), Kulkas (Refrigerator), Chiller, dan mesin pendingin lainnya. Perusahaan teknik pendingin saat ini sudah banyak yang mendirikannya seperti Daikin, Panasonic, Sharp, Polytron, Sanken, Aux, Gree, Midea, Changhong, LG, Samsung, dan masih banyak lagi. Perusahaan tersebut membutuhkan tenaga yang kompeten untuk perancangan dan perakitan mesin pendingin, penjualan, dan juga sebagai teknisi pada service center.
2.  Karyawan pada Perusahaan Umum; Perusahaan umum juga dapat menjadi sasaran lamaran pekerjaan bagi lulusan Teknik Pendingin dan Tata Udara karena semua perusahaan pasti membutuhkan penkondisian udara baik untuk manusia yang bekerja didalamnya, untuk menjaga kondisi benda atau makanan, dan juga pada proses produksi yang membutuhkan suatu kondisi udara tertentu. Untuk menangani masalah tersebut, perusahaan membutuhkan tenaga yang memang berkompeten untuk menanganinya.
3.  Wirausahawan (Entrepreneur); Menjadi seorang wirausaha merupakan pilihan yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai profesi bagi lulusan Teknik Pendingin dan Tata Udara. Membuka jasa servis AC dan kulkas merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan SMK/MAK karena tidak membutuhkan tingkat pendidikan yang tinggi.

Banyak orang mengatakan bahwa jika ingin cepat menjadi kaya maka jadilah seorang pengusaha atau wirausahawan. Mungkin kata-kata tersebut sangat tepat bagi kita sebagai motivasi untuk membuka usaha jasa di bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara. Berikut pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan jika kita memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan.
Keuntungan berwirausaha:
1.  Dapat memilih bidang usaha yang sesuai dengan keahlian, minat, bakat, dan hobi; Bidang usaha yang akan kita jalani bisa kita sesuaikan dengan karakteristik diri sendiri. Dengan demikian, pekerjaan tersebut merupakan cerminan diri kita dan akan terus berusaha tanpa kenal lelah. Rasa cinta kepada pekerjaan membuat seseorang mencurahkan perhatian dan kemampuan yang dimiliki demi berkembangnya usaha.
2.  Hasil usaha dinikmati sendiri; Sebagai seorang wirausahawan mempunyai beberapa keuntungan dari usaha yang dijalankan antara lain keuntungan dari pekerja dan pemilik usaha. Upah sebagai pekerja dinikmati sendiri karena pekerjaan dilakukan sendiri dan upah sebagai pemilik usaha juga dinikmati sendiri karena memang pemilik usaha.
3.  Memperoleh kepuasan; Sebagai pemilik, pengelola, dan pelaksana dalam bidang usaha akan memperoleh kepuasan yang lebih jika usaha tersebut sukses. Hal ini dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan usaha agar semakin maju dan mantap dalam menghadapi persaingan bisnis.
4.  Tidak ada yang memerintah; Dalam bekerja tidak ada yang memerintah untuk melaksanakan suatu tugas. Tugas yang dilaksanakan hanya untuk memenuhi permintaan konsumen. Dan jika usaha sudah semakin maju dan membutuhkan karyawan, maka dapat memerintah orang lain.
5.  Keputusan mutlak dari diri sendiri; Dalam mengambil keputusan tidak diperlukan adanya persetujuan dari pihak lain karena usaha merupakan milik pribadi. Masukan dari pihak lain hanya sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan.
6.  Membuka lowongan pekerjaan; Dengan berkembangnya bidang usaha yang dijalani sangat mungkin membutuhkan karyawan agar pekerjaan dapat lebih efektif. Dengan demikian kita dapat membuka lowongan pekerjaan sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Membuka usaha sendiri mempunyai banyak keuntungan yang bisa diperoleh, tetapi bukan berarti tidak terdapat kekurangannya. Berikut kerugian jika kita menjadi berwirausaha.
1.  Jam kerja tidak tentu; Menjadi pemilik, pengelola, dan pekerja pada bidang usaha sendiri membuat waktu yang diluangkan menjadi tidak menentu. Pada saat tertentu wirausahawan harus bekerja full time bahkan harus lembur, dan pada saat yang lain wirausahawan mempunyai waktu luang yang cukup untuk diri sendiri dan keluarga.
2.  Resiko dan tanggung jawab ditanggung sendiri; Wirausahawan memiliki resiko dan tanggung jawab pada semua kegiatan usaha yang ditanggung oleh dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan posisi wirausahawan adalah sebagai pemilik, pengelola, dan pekerja.
3.  Penghasilan tidak stabil; Penghasilan yang didapat tidak akan pernah bisa ditentukan. Pada waktu tertentu penghasilan melimpah karena proyek besar, tetapi dilain waktu tidak ada penghasilan bahkan pailit (merugi) karena tidak ada proyek. Hal ini membuat wirausahawan sering terlibat masalah keuangan.
4.  Harus terus belajar; Wirausahawan harus selalu berinovasi pada bidang usahanya agar tidak tertinggal. Persaingan yang ketat mewajibkan wirausahawan selalu memperbaiki sistem pada bidang usahanya.

Setiap keputusan yang kita ambil mempunyai dampak yang harus ditanggung. Kita harus bijak untuk menentukan ke arah mana bidang usaha yang dijalani. Janganlah menjadi orang yang lemah dan putus asa pada saat terpuruk. Tetaplah kuat, belajar, dan selalu berinovasi untuk memperbaiki usaha yang kita jalani.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel