-->

MESIN CUCI BOCOR

Mesin cuci yang bocor pada saluran buang mungkin tidak terlalu bermasalah pada saat melakukan pencucian. Permasalahan akan serius pada saat melakukan perendaman pakaian yang hendak di cuci. Pada saat melakukan perendaman, kita akan mengisi bak mesin cuci dengan air, deterjen, dan pakaian kotor. Perendaman sendiri bertujuan untuk melarutkan sebagian kotoran yang menempel pada pakaian. Perendaman dilakukan sekitar tiga puluh menit dan ditinggal begitu saja. Setelah tiga puluh menit kemudian kita kembali untuk memutar timer untuk mencuci. Tetapi setelah dilihat, air yang ada pada bak cuci ternyata sudah berkurang banyak. Setelah dilihat ternyata pada saluran buang terdapat aliran air walaupun hanya kecil.

Bocornya saluran air ini bisa diakibatkan dari beberapa hal pada karet saluran pembuangan antara lain:

Karet Pada Saluran Pembuangan Kotor atau Rusak
Karet pada saluran pembuangan berfungsi untuk menyumbat saluran agar air tidak dapat keluar dari bak cuci. Dengan penggunaan mesin cuci yang lama, kotoran yang menempel pada karet juga akan semakin banyak. Jika kotoran sudah menebal akan menyebabkan karet tidak dapat menutup rapat saluran pembuangan karena terhalang oleh kotoran tersebut. Hal inilah yang menyebabkan air keluar dari bak cuci walaupun karet pada posisi menutup. Pada beberapa kasus, banyak juga didapati uang koin masuk ke saluran pembuangan dan menghalangi karet untuk menutup.

Jika terjadi demikian, kita harus membersihkan karet pembuangan tersebut. Langkah pertama yaitu dengan membuka penutup mesin cuci bagian belakang. Umumnya tutup ini dilekatkan menggunakan skrup, tetapi ada juga yang tidak menggunakan skrup yaitu dengan menggunakan pengunci.


Setelah penutup dibuka kemudian putar penutup karet pembuangan berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah terlepas kemudian tarik keluar dan akan terlihat karet pembuangannya. Bersihkan karet pembuangan dan juga saluran di sekitar karet dari kotoran atau benda yang dapat menghalangi penutupan karet. Setelah semua bersih kemudian kembalikan seperti semula. Jika karet sudah rusak (berlubang atau sobek) maka harus diganti dengan karet yang masih bagus.

Pegas Pada Karet Saluran Pembuangan Lemah atau Patah
Di dalam karet terdapat pegas yang berguna untuk menekan karet agar menutup rapat saluran pembuangan. Lemahnya pegas akan mengakibatkan tekanan karet dengan saluran pembuangan akan berkurang. Jika tekanan karet sudah berkurang maka air akan merembes keluar. Jika sudah terdeteksi pegas pada karet lemah ataupun patah maka kita harus menggantinya dengan yang baru. Agar pegas berumur lebih lama, sebaiknya pegas dilumasi dengan minyak untuk memperlambat proses oksidasi (pengkaratan).


Karet Pembuangan Kurang Panjang
Karet pembuangan berfungsi untuk menutup saluran agar tidak keluar ke saluran buang dan juga menutup agar air tidak keluar ke penutup karet (dudukan karet). Jika air masuk ke penutup karet, maka bocornya air bukan keluar dari saluran pembuangan tetapi dari penutupnya. Karet pembuangan yang kurang panjang bukannya cacat produk, tetapi dari kebiasaan pemilik sendiri. Kebiasaan yang dimaksud adalah ketika membuka saluran air setelah selesai mencuci dan tidak dikembalikan lagi setelah air habis. Saluran air akan ditutup kembali jika akan melakukan pencucian berikutnya. Kebiasaan ini akan menyebabkan karet ditekan dalam waktu yang cukup lama. Jika kejadian ini berulang terus maka panjang karet tidak akan kembali seperti semula. Karet pembuangan yang kurang panjang ini akan bermasalah pada saat saluran pembuangan ditutup dan karet terdorong oleh pegas. Tekanan karet ke bagian penutup akan berkurang sehingga air akan keluar dari bagian penutup karet. Masalah ini hanya dapat diatasi dengan penggantian karet pembuangan dengan yang baru. Karet pembuangan harap dibawa pada saat kita membeli yang baru. Hal ini untuk mengukur panjang dan diameter karet pembuangan.


Setelan Tali Penarik Tidak Tepat
Tali penarik karet pembuangan ini terhubung dengan tombol putar yang ada pada bagian atas mesin cuci. Jika tombol diputar maka akan menarik karet pembuangan sehingga air akan keluar melalui saluran pembuangan. Tali penarik ini mempunyai setelan tingkat kekencangan. Usahakan tali ini agak kendor pada saat karet pembuangan menutup agar karet dapat menutup sempurna. Jika tali penarik ini terlalu kencang, sangat mungkin karet pembuangan tidak dapat menutup rapat karena masih tertarik sehingga terjadi kebocoran.

Kerjakan Soal Di Bawah:

Isi Nama dan pilih kelas kemudian klik BERIKUTNYA, maka akan masuk ke soal.
Pilih salah satu jawaban yang paling benar.
Setelah selesai mengerjakan soal kemudian klik KIRIM.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel