-->

SIMULASI PLC OMRON DENGAN CX PROGRAMMER / CX ONE


Bagi para sobat yang ingin belajar PLC tetapi belum mempunyai PLC, jangan berkecil hati karena program PLC yang dibuat dapat disimulasikan tanpa terhubung dengan PLC. Pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara simulasi program PLC Omron menggunakan software CX One. Kita dapat mensimulasikan program dengan CX Programmer dengan software CX One versi 3.0 atau lebih tinggi. Apa perbedaan CX Prgrammer dengan CX One? Mari sekilas kita bahas software tersebut.

CX One adalah software utama untuk mendukung penggunaan PLC Omron. Didalamnya terdapat beberapa sub program antara lain CX Programmer, CX Thermo, CX Integrator, CX Designer, NV Designer dan masih ada beberapa yang lainnya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa CX Programmer merupakan bagian dari CX One. Jika kita menginstal software CX One maka semua sub bagian sudah terinstal semuanya termasuk CX Programmer.


Dari kata simulasi kita bisa asumsikan bahwa program yang sudah dibuat menggunakan CX Programmer dijalankan tanpa PLC tetapi seolah-olah program sudah di transfer ke PLC. Fungsi dari simulasi program yang dibuat yaitu sebagai uji coba apakah program tersebut dapat berjalan. Pada kesempatan kali ini akan membahas simulasi program menghidupkan koil saling mengunci yaitu jika salah koil satu sudah hidup maka koil dua tidak dapat dihidupkan. Koil dua dapat dihidupkan jika koil satu dimatikan terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya. Program ini dapat digunakan pada aplikasi mengatur putaran motor listrik kanan kiri (Forward Reverse).

Terlebih dahulu buat diagram ladder seperti pada gambar di bawah.


Setelah diagram ladder tersedia, sekarang kita akan mensimulasikan diagram ladder tersebut. Cara masuk program simulasi klik Simulation→Work Online Simulator atau dengan menekan tombol Ctrl+Shift+W maka tampilan diagram ladder akan seperti di bawah.


Sekarang kita tekan tombol FORWARD ON dengan cara klik kanan FORWARD ON→Set→On maka tampilan akan seperti pada gambar di bawah.



Dari gambar tersebut terlihat warna hijau hingga ke koil (FORWARD). Ini berarti tegangan akan sampai pada koil sehingga koil FORWARD akan hidup. Sekarang kita lepaskan tombol FORWARD ON dengan cara klik kanan FORWARD ON→Set→Off sehingga diagram ladder seperti pada gambar di bawah.


Pada saat tombol FORWARD ON dilepas, koil FORWARD tetap hidup karena adanya pengunci NO FORWARDSekarang kita coba untuk menghidupan koil REVERSE dengan menekan tombol RESERVE ON dengan cara klik kanan RESERVE ON→Set→On maka tampilan akan seperti pada gambar di bawah.


Pada saat RESERVE ON ditekan, tegangan listrik hanya akan sampai pada NC 100.00 sehingga koil REVERSE tidak akan menyala. Lepaskan tombol RESERVE ON dengan cara klik kanan RESERVE ON→Set→Off

Koil REVERSE dapat menyala jika rangkaian di off kan dulu dengan menekan kemudian melepaskan tombol off dengan cara klik kanan tombol OFF→Set→On kemudian klik kanan lagi tombol OFF→Set→Off. Tampilan diagram ladder seperti gambar di bawah.


Sekarang kita coba untuk menghidupkan koil REVERSE dengan cara klik kanan RESERVE ON→Set→On sehingga diagram ladder seperti pada gambar di bawah.


Dari gambar tersebut terlihat warna hijau hingga ke koil (REVERSE). Ini berarti tegangan akan sampai pada koil sehingga koil REVERSE akan hidup. Sekarang kita lepaskan tombol REVERSE ON dengan cara klik kanan REVERSE ON→Set→Off sehingga diagram ladder seperti pada gambar di bawah.


Dari gambar, koil REVERSE akan tetap hidup karena ada pengunci NO 100.01.

Dari penjelasan simulasi di atas bisa disimpulkan bahwa:
1.  Untuk menekan tombol input caranya dengan klik kanan→Set→On

2.  Untuk melepaskan tombol input caranya dengan klik kanan→Set→Off


Sekian artikel tentang simulasi diagram ladder pada PLC Omrom menggunakan CX Programmer. Semoga bermanfaat.

Kerjakan Soal Di Bawah:

Isi Nama dan pilih kelas kemudian klik BERIKUTNYA, maka akan masuk ke soal.
Pilih salah satu jawaban yang paling benar.
Setelah selesai mengerjakan soal kemudian klik KIRIM.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel