-->

AC MOBIL PANAS DINGIN



Bisa dibayangkan bagaimana jika berkendara di cuaca yang terik namun AC sebagai perangkat penyejuk udara tidak dalam kondisi yang baik. Hidup tetapi tidak dapat mendinginkan ruangan. Biasanya ada beberapa masalah yang sangat sering terjadi pada unit AC mobil. Mari kita lihat beberapa kemungkinannya.


Suhu AC Tidak Menentu
Ada kalanya hembusan angin dari kipas blower AC bersuhu dingin dan nyaman, tetapi kadangkala tidak ada hawa dingin yang keluar dari kipas blower. Keadaan ini bisa diakibatkan oleh evaportor yang kotor. Penyebab evaporator kotor biasanya karena debu yang berasal dari karpet mobil yang jarang dibersihkan dan dalam waktu yang cukup lama. Debu yang ada pada karpet mudah terbang sehingga dapat disedor oleh blower evaporator.


Membersihkan karpet mobil bukanlah pekerjaan yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Bagi yang mempunyai waktu sempit, membersihkan karpet mobil dapat dengan mengangkat karpet kemudian kibaskan/pukul-pukul hingga debu hilang. Bagi yang menggunakan karpet dari bahan kain, dapat disikat atau dipukul menggunakan sapu lidi. Dan bagi yang memiliki vacuum cleaner, tinggal sedot aja debu tanpa harus mengangkat karpet.

Jika evaporator kotor, langkah satu satunya yaitu dengan melakukan servis. Bersihkan semua bagian yang kotor, sekaligus ganti refrigerant (freon) dan juga oli kompresor. Kalo udah diservis, dijamin ruang mobil akan lebih nyessss. Selain karena evaporator yang kotor, penyebab suhu AC mobil tidak menentu bisa diakibatkan dari bagian elektrikal semisal karena relay yang sudah tidak maksimal.

AC Tiba Tiba Tidak Dingin
Kondisi AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin paling banyak terjadi karena adanya kebocoran sistem. Semua bagian AC mobil mempunyai kemungkinan terjadi kebocoran, mulai dari selang, evaporator, kondensor, bahkan dari kompresor sendiri. Karena adanya kebocoran dari sistem, secara perlahan refrigerant (freon) akan keluar hingga habis.


Cara mendeteksi kebocoran yang paling mudah yaitu dengan cara melihat bagian AC mobil apakah ada yang basah karena adanya oli. Sebagian oli akan ikut bersirkulasi dengan refrigerant. Pada saat refrigerant (freon) keluar dari sistem, refrigerant akan menguap sedangkan oli tidak dapat menguap dan tertinggal di sekitar bagian yang bocor.


AC Mobil Tiba Tiba Mati
Pada sebagian mobil, terdapat perangkat yang difungsikan untuk mematikan kompresor secara otomatis jika terjadi beban yang terlalu berat pada kompresor. Hal ini sering terjadi karena ketika memutar selektor tingkat dingin, langsung pada dingin maksimal tanpa bertahap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel