-->

TIPS AMAN MENGGUNAKAN TANGGA LIPAT ALUMUNIUM

Tangga (ladder) berfungsi sebagai alat bantu untuk menjangkau sesuatu pada ketinggian tertentu. Tangga tradisional terbuat dari bambu atau kayu. Tetapi pada saat sekarang sudah banyak tangga yang terbuat dari bahan logam (alumunium). Tangga lipat alumunium ini mempunyai beberapa kelebihan antara lain:

1.  Ringan; karena bahan terbuat dari alumunium maka dapat dipastikan akan sangat ringan sehingga tidak perlu tenaga ekstra untuk membawa atau memindahkannya.

2.  Multi fungsi; tangga alumunium dapat digunakan dengan posisi segitiga atau dengan posisi lurus.

3.  Tidak lapuk; bahan alumunium merupakan bahan yang tahan terhadap korosi.

4.  Praktis; tangga alumunium dapat dilipat sehingga mudah untuk membawa dan menyimpannya.

 

Dari kelebihan yang dimiliki oleh tangga lipat alumunium, menyebabkan tangga ini sangat sering digunakan oleh para pekerja. Bagi para teknisi AC (Air Conditioner), tangga alumunium merupakan kebutuhan pokok. Hal ini disebabkan karena pekerjaan yang dilakukan oleh teknisi AC di tempat yang relatif tinggi. Berikut tips menggunakan tangga lipat alumunium.

 

Posisikan Pengunci Dengan Benar

Pengunci tangga digunakan agar tangga mempunyai posisi yang tetap. Tangga lipat alumunium terdapat empat pengunci tetapi ada pula yang mempunyai dua pengunci saja. Pada saat tangga alumunium dibuat sebagai tangga segitiga, pengunci ini juga berfungsi sebagai penguat pada saat tangga diinjak dan juga sebagai penahan agar kaki tangga tidak melebar.


menggunakan tangga alumunium


Perhatikan Karet Pijakan

Pada kaki tangga terdapat karet pijakan. Walaupun bentuknya yang kecil dan posisinya dibawah, karet ini mempunyai beberapa manfaat diantaranya adalah:

1.  Sebagai anti selip; hal ini bertujuan agar kaki tangga tidak bergeser pada saat digunakan.

2.  Sebagai bantalan; yaitu pelindung lantai agar tidak tergores oleh  kaki tangga.

3.  Sebagai isolator; yaitu pelindung sengatan listrik pada saat digunakan pada pekerjaan kelistrikan.


Tangga Lipat Alumunium


Perhatian Saat Menggunakan Tangga Lurus

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menggunakan tangga lipat alumunium dengan posisi lurus adalah kemiringan tangga. Menggunakan tangga lurus jangan terlalu miring karena akan menyebabkan kaki tangga mudah bergeser. Selain itu, jika tangga terlalu miring maka beban yang ditanggung oleh tangga akan semakin besar. Jika menggunakan tangga lurus degan posisi yang terlalu tegak dapat menyebabkan tangga ambruk ke belakang.

Perhatikan juga posisi engsel tangga jangan sampai terbalik. Posisi engsel yang terbalik menyebabkan kekuatan tangga pada engsel berkurang. Selain itu jika posisi engsel terbalik dan pengunci lepas, maka tangga akan terlipat dengan sendirinya. Perhatikan gambar di bawah.


posisi engsel tangga lipat benar salah


Simpan Tangga Di Tempat Yang Aman

Walaupun hanya tangga, sangat dimungkinkan untuk dicuri oleh orang. Tangga lipat alumunium memiliki harga yang cukup lumayan, kalau sampai dicuri orang ya lumayan juga kerugiannya. Selain itu, tangga yang tergeletak juga bisa dimanfaatkan oleh pencuri untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu simpan tangga di tempat yang tepat agar tidak dicuri dan juga tidak dimanfaatkan oleh pencuri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel