-->

BAHAYA!!! AC MOBIL TANPA FILTER UDARA KABIN


BAHAYA!!! AC MOBIL TANPA FILTER UDARA KABIN;  Semua peralatan pasti memerlukan perawatan rutin, baik itu harian, bulanan, ataupun tahunan. Termasuk juga AC mobil perlu perawatan agar kerjanya tetap maksimal. Pemeliharaan sistem AC mobil ini biasanya dilakukan di bengkel yang terpercaya. Tetapi ada perawatan yang bisa kita lakukan sendiri tanpa kerumitan yang berarti yaitu membersihkan filter udara pada kabin.


bahaya ac mobil tanpa filter udara kabin

Filter udara kabin merupakan salah satu komponen dalam sistem pendinginan, terutama pada sirkulasi udara dingin di dalam mobil. Seperti namanya, filter ini berfungsi sebagai penyaring udara yang melewatinya. Udara yang disaring yaitu udara sebelum masuk ke evaporator. Hal ini untuk menghindari menempelnya kotoran pada sirip-sirip evaporator.

Tetapi tidak semua tipe mobil terdapat filter udara kabin. Ini sangat membahayakan bagi pengendara dan juga bagi sistem AC itu sendiri. Bahaya bagi pengendara yaitu udara yang ada di dalam kendaraan tidak tersaring sehingga debu dan partikel kecil lainnya ikut berterbangan di dalam mobil. Jika debu dan partikel kecil ini terhirup oleh pengendara, lama kelamaan akan menimbulkan dampak penyakit yang cukup serius.

Sedangkan bahaya bagi sistem AC yaitu kotoran yang tersedot oleh blower akan melewati sirip evaporator. Karena sirip evaporator lembab/basah yang disebabkan oleh udara yang terkondensasi, debu dan partikel kecil akan mudah menempel pada sirip evaporator. Kotoran yang menempel lama-lama akan menumpuk. Tumpukan kotoran ini dapat menyebabkan udara di sekitar sirip evaporator tidak akan bersirkulasi dengan baik sehingga udara yang keluar dari kisi-kisi AC menjadi kurang dingin.

Parahnya lagi, kotoran ini dapat menyebabkan evaporator (biasanya terbuat dari alumunium) menjadi korosif dan menyebabkan kebocoran. Jika evaporator sudah bocor maka biaya untuk servis akan menjadi lebih mahal. Kebocoran pada evaportor dapat ditambal menggunakan las alumunium, tetapi jika korosinya sudah parah ya tetap saja tidak bisa ditambal lagi. Penggantian unit evaporator menjadi alternatif terakhir dengan biaya yang mahal.

bahaya ac mobil tanpa filter udara kabin

Jika filter udara kabin (filter udara AC) tidak ada pada mobil kita, bisa diusahakan dengan menambahkan dudukan sekaligus dengan filternya. Dukudan filter udara AC ini banyak dijual pada toko online denga harga dan jenis mobil yang beraneka ragam. Kita tinggal memilih jenis mobil yang sesuai dengan yang kita miliki. Untuk dudukan filter udara kabin mobil Avanza pada toko online dijual dengan harga kisaran 150 ribu hingga 200 ribu sudah lengkap dengan filternya.

Untuk pemasangan filter udara kabin ini dibutuhkan kesabaran karena posisinya sangat sempit. Kita membutuhkan obeng yang pendek agar dapat masuk ke sisi dudukan filter. Untuk lebih amannya dapat menghubungi teknisi yang terpercaya dalam pemasangan dudukan filter udara kabin ini.

bahaya ac mobil tanpa filter udara kabin

Mungkin menjadi pertanyaan bagi kita mengapa alumunium bisa korosi. Sedangkan di masyarakat sudah menjadi doktrin jika alumunium tidak bisa berkarat/korosi. Warna alumunium yang asli adalah mengkilap seperti perak. Warna asli ini dapat kita lihat dengan menggores bahan dari alumuniun dengan benda tajam seperti pisau. Dari goresan tersebut akan terlihat mengkilap, itulah warna asli dari alumunium.

Jika terjadi korosi pada alumunium, maka hasil korosi tersebut akan menempel pada permukaan alumunium itu sendiri. Hasil korosi itu akan menempel kuat dan akan melindungi alumunium dari udara luar sehingga proses korosi akan terhenti. Jadi warna kusam pada alumunium yang kita lihat merupakan warna dari hasil korosi, bukan merupakan warna asli dari alumunium.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel