-->

RFID SISTEM APLIKASI DAN FUNGSI KOMPONEN


RFID (Radio Frequency Identification) adalah sebuah teknologi untuk menyimpan identitas/informasi yang menggunakan komunikasi gelombang elektromagnetik. Secara mendasar, komponen pada sistem RFID terdapat tiga macam yaitu RFID Reader, RFID Writer, RFID Tag, dan kontroler.


komponen fungsi sistem rfid

RFID Reader
Pembaca RFID berfungsi sebagai penerima data atau informasi dari RFID Tag. RFID Reader memancarkan gelombang elektromagnetik di sekitarnya sehingga jika ada RFID Tag yang masuk ke area bacanya, maka informasi dari RFID tersebut dapat diketahui. Kuat tidaknya gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh RFID Reader sebanding dengan luasan wilayah yang dapat dibaca.

RFID Tag
RFID Tag merupakan sebuah rangkaian yang terintegrasi dalam sebuah koponen. Di dalam RFID Tag terdapat antena yang berfungsi untuk menangkap gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh RFID Reader. RFID dikelompokan menjadi dua yaitu RFID Tag pasif dan RFID Tag aktif.

RFID Tag pasif adalah tag yang tidak memiliki catu daya sendiri. Dalam penggunaannya, RFID Tag pasif harus terkena gelombang elektromagnetik sehingga informasi yang terkandung di dalamnya dapat ditransmisikan. RFID Tag pasif memiliki harga yang murah dan banyak digunakan pada benda atau produk, serta pada hewan untuk mengetahui jumlahnya tanpa harus menghitung.

Sedangkan RFID Tag aktif adalah tag yang memiliki catu daya sendiri sehingga dalam proses transmisi informasi dapat dilakukan tanpa harus menunggu adanya gelombang elektromagnetik yang mengenainya. RFID Tag aktif memiliki harga yang lebih mahal dan banyak digunakan pada benda atau produk yang berharga seperti laptop dan smartphone. RFID Tag aktif dapat berisi informasi tentang alamat email, kontak atau informasi penting lainnya.

Kontroler
Kontroler ini berfungsi  untuk mengendalikan komunikasi antara RFID Reader dengan RFID Tag serta mengolah informasi yang dihasilkan menjadi nilai yang lebih mudah untuk dimengerti. Dari inforamasi yang diperoleh kemudian dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti pengunci pintu dan mesin presensi pada suatu organisasi. Informasi yang diperoleh juga dapat diolah lagi dengan database dengan jaringan internet sehingga pengelolaan dapat dilakukan pada lokasi yang jauh dari peralatan kontrol.

aplikasi rfid e money, e toll, e parking

Teknologi RFID banyak dipakai pada sistem keuangan (e-money) antara lain e-tol, e-parking, dan pembayaran pada pusat perbelanjaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel