-->

FUNGSI DAN POSISI MAGNET PINTU KULKAS


Pintu rumah memiliki beberapa fungsi dalam penggunaannya. Begitu pula pintu kulkas juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan pintu rumah. Dilihat dari segi jumlah, pintu kulkas ada yang memiliki satu pintu dan dua pintu. Kulkas dengan dua pintu ada yang posisi pintunya atas bawah dan ada juga yang kiri kanan.

Fungsi pintu kulkas diantaranya adalah:

Keamanan bahan makanan

Dengan adanya pintu kulkas, maka bahan makanan yang berada di dalamnya akan aman dari pengganggu seperti tikus, kecoa, ataupun semut. Pintu kulkas akan melindungi dari berbagai hewan pengganggu tersebut karena pintu kulkas didesain rapat dan tidak ada celah untuk masuk.

Akses keluar masuk bahan makanan

Pintu yang dapat dibukan dan ditutup memungkinkan pemilik untuk menaruh ataupun mengambil barang dengan mudah. Banyangkan jika kulkas tidak punya pintu, bagaimana kita akan menaruh bahan makanan untuk didinginkan.

Sebagai pembatas

Secara umum di Indonesia, suhu ruangan lebih tinggi dari pada suhu di dalam kulkas. Salah satu fungsi pintu kulkas yaitu sebagai pembatas agar udara panas dari ruangan tidak masuk ke dalam atau sebaliknya, udara dingin dari dalam kulkas tidak keluar ke ruangan.

Memperindah ruangan

Pada saat ini banyak pintu kulkas yang didesain dengan gambar-gambar motif bunga. Bahan pembuatnyapun diberi lapisan resin sehingga tampilan lebih elegan. Jika kita masih punya pintu kulkas dengan warna yang polos, bisa juga kita beri tempelan stiker yang menarik agar ruangan lebih enak dipandang.

pintu kulkas gambar bunga dengan warna yang menarik dan elegan

Ternyata fungsi pintu kulkas juga penting ya. Sekarang coba perhatikan pada saat pintu kulkas dibuka dan ditutup. Pintu kulkas didesain tidak memiliki kunci atau gembok untuk mengunci pintu agar tetap tertutup. Untuk membukanya kita tinggal tarik aja pegangan pintunya dan untuk menutupnya tinggal dorong aja pintunya. Pintu kulkas akan melekat dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan pintu kulkas dilengkapi dengan magnet.

Magnet pintu kulkas terletak pada karet yang melekat pada pintu. Jika karet tersebut dipotong akan terlihat magnetnya yang berbentuk panjang dan berwarna hitam. Ukuran magnet kulkas ini tidaklah sama antara satu kulkas dengan kulkas lainnya. Hal ini dikarenakan tempat untuk menaruh magnet yaitu lubang pada karet pintu berbeda-beda. Jadi jika ingin memasang magnet tersebut, ukurannya harus disesuaikan dengan tempatnya. Bentuk magnet pintu kulkas seperti pada gambar di bawah.


Bentuk magnet pintu kulkas

Sebenarnya magnet tersebut akan tetap berfungsi dalam waktu yang sangat lama, tetapi kekuatan magnet tersebut (daya magnet) dapat berkurang. Daya kemagnetan ini dapat berkurang salah satunya dikarenakan korosi. Karet pintu kulkas merupakan tempat yang mempunyai kelembaban yang tinggi. Kelembaban yang tinggi ini yang menjadi penyebab terjadinya korosi pada magnet. Sebenarnya jika kondisi karet masih bagus, maka magnet akan terlindungi dari kelembaban tersebut. Tetapi seiring waktu, kondisi karet pintu kulkas akan rapuh dan terjadi kebocoran (sobek).


Posisi tempat magnet karet pintu kulkas

Pintu kulkas yang tidak bisa tertutup dengan rapat bisa disebabkan oleh daya magnet yang sudah berkurang, karet pintu yang sudah mengeras, atau engsel pintu yang sudah longgar sehingga posisi tidak tepat lagi. Oleh karena itu, jika ingin mengganti magnet kulkas sebaiknya karetnya juga diganti atau sebaliknya, jika mengganti karet kulkas, magnetnya juga diganti. Dilihat dari segi harga mungkin langkah ini sebagai pemborosan, tetapi dari segi manfaat sangat baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel