-->

JENIS MATA BOR LISTRIK


Bagaimana cara membuat lubang pada media kerja? Mungkin jawaban yang paling tepat adalah menggunakan bor. Tetapi pada kesempatan kali ini tidak akan membahas tentang bor itu sendiri, tetapi hanya bagiannya yaitu mata bor. Mata bor terdapat beberapa jenis dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda serta penggunaan pada media yang berbeda pula. Mari kita bahas beberapa jenis mata bor.

 Twist Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis twist bits adalah jenis mata bor yang paling banyak digunakan untuk membuat lubang pada suatu media. Mata bor jens twist bits bisa dikatakan jenis mata bor yang bersifat umum karena dapat digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik, dan logam. Tetapi secara khusus, mata bor jenis twist bits digunakan untuk membuat lubang pada media jenis logam.

 Masonry Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis masonry bits secara khusus digunakan untuk membuat lubang pada media tembok/beton. Mata bor jenis masonry bits bentuknya hampir sama dengan jenis twist bits tetapi ada perbedaan pada ujung mata bor terdapat mata pisau. Mata pisau tersebut merupakan logam yang sangat keras sehingga tidak mudah aus pada saat digunakan untuk melubangi tembok/beton.

 

Spur Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis spur bits secara khusus yang digunakan untuk membuat lubang pada media kayu. Pada bagian ujung mata bor jenis spur bits terdapat bagian kecil yang meruncing yang berguna untuk menjaga agar selama proses pengeboran, bor tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan lebih akurat. Ujung mata bor jenis spur bits yang meruncing itu dikelilingi oleh pisau pengiris untuk mengikis kayu.


 Countersink Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis countershink bits digunakan khusus pada media kayu dan lebih spesifik lagi digunakan sebagai pembuat lubang untuk kepala skrup. Dengan adanya lubang pada kepala skrup pada kayu, maka kayu yang diskrup akan tetap rata karena kepala skrup akan masuk ke kayu.

 

Forter Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis forster bits mempunyai fungsi yang sangat spesifik yaitu untuk membuat lubang engsel sendok. Mata bor jenis forster bits sangat baik jika dioperasikan dengan mesin bor duduk/tetap agar mata bor lebih stabil. Mata bor jenis forster bits akan sangat sulit dikendalikan jika dioperasikan dengan bor tangan dan juga lubang yang dihasilkan tidak akan maksimal.


 Hole Saw Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis hole saw bits mempunyai ujung yang seperti mata gergaji. Mata bor jenis ini berfungsi untuk membuat lubang yang mempunyai diameter cukup besar.


 Flat Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis flat bit berfungsi untuk melakukan pengeboran pada media kayu atau media lainnya yang lunak. Mata bor jenis ini merupakan mata bor yang dioperasikan dengan putaran rendah seperti penggunaan bor tangan manual. Jika menggunakan putaran tinggi akan sangat sulit dikendalikan.


 Mortiser Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik

Mata bor jenis mortiser bits berfungsi untuk membuat lubang yang panjang pada kayu. Penggunaan mata bor jenis ini memerlukan mesin khusus yaitu Mortising.


 Router Bits 

Jenis Macam Mata Bor Listrik
Mata bor jenis router bits berfungsi untuk membuat aneka bentuk profile pada media kayu atau media lunak lainnya. Mata bor jenis ini digunakan dengan mesin khusus yaitu Router atau Trimmer.

Bagaimana cara penggunaan bor listrik dapat dibaca pada artikel Cara Menggunakan Bor Listrik dan Bagiannya, yang akan dijelaskan bagaimana cara yang benar dalam menggunakan bor listrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel