-->

CARA MENGGUNAKAN BOR LISTRIK DAN BAGIAN NYA

 

Bor listrik merupakan salah satu peralatan yang sudah umum digunakan di masyarakat. Bor listrik dapat digunakan untuk membuat lubang pada berbagai media kerja baik itu kayu, beton, besi, dan beberapa media lainnya. Bagian-bagian bor listrik bisa dilihat pada gambar di bawah.

bagian dan cara menggunakan bor listrik

Setelah tahu bagian-bagian bor listrik, sekarang apa saja yang harus diperhatikan pada saat akan menggunakan bor listrik. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:

 Tentukan Jenis Mesin Bor Listrik yang Sesuai

Bor listrik mempunyai dua jenis yaitu impact dan bukan impact. Pada bor listrik dengan ukuran 10mm merupakan jenis bor listrik bukan impact, sedangkan bor listrik dengan ukuran 13mm terdapat setelan pilihan impact dan bukan impact. Bor listrik yang bukan impact diperuntukkan penggunaan pengeborannya pada media kayu, akrilik, dan bahan logam. Sedangkan bor listrik dengan impact diperuntukkkan penggunaan pengeborannya pada media dinding/beton. 

Pada bor listrik yang dilengkapi dengan pilihan impact dan bukan impact kita bisa pilih sesuai dengan jenis media yang akan dibor. Impact switch ini biasanya terdapat pada bagian atas bor listrik. Ada yang berada agak di depan dan ada juga yang berada agak di belakang. Gambar di menunjukkan adanya lambang bor dan lambang palu pada sisi yang lain.

Jika ingin membuat bor menjadi bukan impact, posisikan impact switch pada lambang bor. Sedangkan jika ingin membuat bor menjadi impact, posisikan impact switch pada lambang palu. Pada saat menggunakan bor impact, suara yang dihasilkan lebih berisik karena mata bor akan bergetar maju mundur seperti memukul. 

Pilihlah Mata Bor Yang Sesuai

Setelah pemilihan jenis bor listrik sesuai dengan media yang akan dibor, kemudian harus menentukan jenis mata bor yang akan digunakan pada media pengeboran. Mata bor yang digunakan untuk pengeboran tembok/beton berbeda dengan mata bor yang digunakan pada pengeboran besi ataupun kayu. Mata bor terdapat beberapa jenis baik untuk pengeboran kayu, logam, tembok, ataupun kaca. Untuk penjelasan tetang jenis-jenis mata bor bisa dibaca di artikel Jenis Mata Bor Listrik. 

Sesuaikan Kecepatan Putar Bor Listrik

Kecepatan putar bor listrik berpengaruh terhadap hasil pengeboran. Dalam menentukan kecepatan ini tergantung dari besar kecilnya diameter mata bor. Jika pengeboran menggunakan mata bor dengan diameter kecil, maka menggunakan kecepatan yang tinggi. Sebaliknya jika menggunakan mata bor dengan diameter yang besar, maka menggunakan kecepatan yang rendah. 

Posisi Pengeboran

Pada saat melakukan pengeboran menggunakan bor listrik, usahakan posisi badan tepat di depan media kerja dan sejajar dengan bahu. Posisi tangan pada saat memegang bor listrik juga harus diperhatikan. Memegang bor listrik usahakan tepat di belakang mata bor (sejajar). Jangan memegang bor listrik jangan terlalu ke bawah (ujung pegangan).

cara menggunakan bor listrik dan bagian nya

Jika memegangnya terlalu ke bawah, maka daya dorong tangan dengan ujung mata bor tidak akan sejajar dan membentuk sudut. Ini bisa berakibat terjadinya pergeseran pada titik lobang yang akan dibuat. Selain itu juga dapat meyebabkan mata bor mudah patah. 

Gunakan Bor Listrik Dengan Kualitas Baik

Kualitas bor listrik sangat mempengaruhi hasil pengeboran. Bor listrik dengan kualitas bagus selain suara dan getarannya kecil, goyangan ujung mata bor juga lebih kecil sehingga hasil pengeboran akan lebih presisi. Bor listrik dengan kualitas yang baik dapat ditandai dengan harga yang lebih mahal atau dari merk.

Dalam menggunakan bor listrik, hendaknya gunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti kaca mata, sarung tangan, ataupun sepatu keamanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel