-->

RANGKAIAN PENGASUTAN BINTANG SEGITIGA OTOMATIS TIMER

 

Sebuah rangkaian pengasutan motor induksi bintang segitiga menggunakan tiga buah kontaktor elektromagnetik. Pada gambar diperlihatkan rangkaian daya pengasutan bintang segitiga dengan menggunakan tiga buah kontaktor yaitu kontaktor 1 (Q1), kontaktor 2 (Q2), dan kontaktor 3 (Q3). Fuse F1 berungsi untuk mengamankan rangkaian motor induksi jika terjadi hubung singkat atau beban berlebih. Pada saat motor induksi terangkai bintang, kontaktor Q1 dan kontaktor Q2 akan ON sedangkan kontaktor Q3 pada posisi OFF. Setelah berjalan beberapa saat, kemudian timer yang sudah disetting dengan waktu 30 detik akan aktif. Dengan aktifnya timer ini mengakibatkan kontaktor Q1 akan OFF, sedangkan kontaktor Q2 dan kontaktor Q3 pada posisi ON. Pada kondisi ini, rangkaian motor induksi terhubung segitiga.

diagram pengawatan motor listrik bintang segitiga otomatis timer

Fuse F3 merupakan Thermal Overload Relay yang digunakan sebagai pengaman pada beban (motor induksi). Termal overload relay dirangkai secara seri dengan motor induksi.

Tidak semua motor induksi dapat dirangkai dengan pengasutan bintang segitiga. Yang perlu menjadi perhatian lebih adalah besarnya tegangan yang terdapat pada name plate harus harus mampu (lebih tinggi) dari tegangan jala-jala. Seandainya ketentuan ini tidak bisa terpenuhi, maka akan berakibat gulungan stator akan terbakar.

Pada rangkaian kontrol pengasutan bintang segitiga, digunakan fuse F2 sebagai pengaman jika terjadi hubung singkat atau beban berlebih pada rangkaian kontrol. Kerja dari rangkaian kontrol pengasutan bintang segitiga sebagai berikut:

diagram kontrol motor listrik bintang segitiga otomatis timer

Hubung Bintang

Pada saat push button S2 (NO) ditekan, maka arus listrik akan mengalir menuju koil kontaktor Q1 sehingga koil kontaktor Q1 akan ON. Pada saat bersamaan, koil kontaktor Q2 juga akan ON karena kontak Q1 (13-14) tertutup. Dengan aktifnya koil kontaktor Q1 dan Q2, maka rangkaian motor listrik akan terhubung bintang. Koil timer K1 akan ON dan akan menghitung waktu tunggu yang telah disetting.

Hubung Segitiga

Pada saat waktu tunggu timer K1 sudah habis, kontak NC pada K1 akan terbuka yang menyebabkan koil kontaktor Q1 menjadi OFF. Pada saat yang bersamaan, koil kontaktor Q3 akan ON sehingga keadaan akhir kontaktor Q2 dan Q3 akan ON. Dengan ONnya Q2 dan Q3 maka rangkaian motor induksi akan terhubung segitiga.

Untuk mematikan rangkaian, tekan push button S1 (NC) dan seluruh rangkaian akan berhenti bekerja. Untuk lebih memudahkan pengawasan dapat ditambahkan kelengkapan lainnya seperti lampu indikator pada rangkaian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel