-->

Pernyataan Fungsi For Pemrogram Arduino Cara Menggunakan

 

Fungsi for pada prmrograman Arduino digunakan untuk mengulang suatu pernyataan yang berada di dalam kurung kurawal. Perhitungan yang digunakan dapat berupa penambahan ataupun pengurangan suatu bilangan dengan batasan tertentu untuk mengakhiri loop. Fungsi for ini banyak digunakan pada operasi yang berulang-ulang dengan kombinasi bilangan tertentu. Dengan menggunakan fungsi for dalam suatu pemrograman Arduino, kita dapat mempersingkat bahasa/tulisan sehingga dapat memperkecil ukuran suatu program.

Dalam menggunakan fungsi for ini terdapat tiga bagian yang harus dipenuhi yaitu:

for ( Inisialisasi; Kondisi; Operasi) {

//pernyataan

 

}

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah.

 

Cara Menggunakan Pernyataan Fungsi For Pemrograman Arduino

Deklarasi variabel dicontohkan sebagai int yaitu bahwa operasi tersebut merupakan bilangan bulat (integer). Ini bisa di deklarasikan dengan yang lainnya seperti char untuk karakter.

Inisialisasi yang digunakan adalah huruf X dan pada contoh di atas juga menentukan harga awal bahwa X bernilai 0. Nilai awal dari X ini bisa juga diberi nilai lebih dari 0.

Kondisi yang dimaksudkan adalah batasan dari operasi yang dilakukan. Sebagai contoh di atas, batas akhir yaitu kurang dari 10, sehingga nilai yang paling besar adalah 9.

Operasi yang dilakukan ini merupakan operasi penambahan. Pada contoh adalah X++ yaitu nilai X akan ditambahkan satu pada setiap pengulangan. Jadi untuk nilai yang dihasilkan dari operasi for di atas adalah 0 hingga 9.

Disini akan dicontohkan penggunaan fungsi for pada pemrograman yaitu untuk menentukan fungsi pin sebagai output. Sebagai contoh kita akan menggunakan Pin Digital 5 hingga 13 sebagai output. Jika tidak menggunakan for, maka penulisannya sebagai berikut:

void setup () {

pinMode (5, OUTPUT);

pinMode (6, OUTPUT);

pinMode (7, OUTPUT);

pinMode (8, OUTPUT);

pinMode (9, OUTPUT);

pinMode (10, OUTPUT);

pinMode (11, OUTPUT);

pinMode (12, OUTPUT);

pinMode (13, OUTPUT);

}

Jika akan memfungsikan semua Pin Digital (pin 0 hingga 13) sebagai Output maka akan semakin panjang lagi penulisan programnya. Penulisan seperti di atas dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi for dengan lebih ringkas.

void setup () {

for ( int  x  =  5;  x  <  14; x++) {

pinMode (x, OUTPUT);

}

}

Coba bandingkan penulisan dari kedua cara yang digunakan, sangat praktis dan singkat. Operasi ini dapat digunakan dalam bentuk perhitungan yang lain yang menggunakan deretan data yang cukup banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dengan bijak tanpa unsur SARA, Politik, dan Pornografi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel