-->

Pompa Vakum Tidak Menunjuk 30 InHg

Pompa Vakum dalam bidang teknik pendingin sering juga disebut Evacuating atau Dehydrating, adalah proses mengosongkan atau menghampakan sistem dari udara dan lain-lain gas. Membuat vakum sistem AC/kulkas sebelum diisi bahan pendingin dengan pompa vakum dengan menggunakan alat pengukur yang baik adalah suatu keharusan atau standar dari pengisian sistem pendingin.

Setiap kali sistem selesai diperbaiki, sistem pendingin penuh dengan udara, uap air, dan gas-gas lain, juga kotoran seperti debu, pasir, sisa solder, dan lain-lain. Kotoran-kotoran tersebut dapat disaring oleh filter/drier, sedangkan udara di dalam sistem hanya dapat diambil dengan pompa vakum yang baik dan alat pengukur yang teliti untuk mengukur vakum.

Pompa vakum rusak

Pompa vakum dengan umur yang cukup lama dan sering digunakan akan membuat kinerja dari peralatan tersebut menjadi kurang maksimal. Beberapa pompa vakum tidak dapat membuat vakum hingga 30 InHg. Tetapi harus kita pastikan dulu apakah permasalah tersebut pada pompa vakumnya atau pada alat pembaca tekanannya (manifold/analizer).

Untuk melakukan tes apakah benar pompa vakum bermasalah, kita harus membandingkan kinerja pompa vakum tersebut dengan pompa vakum yang masih bagus/baru. Jika menggunakan pompa vakum yang masih baru tetapi manifold gauge tetap menunjukkan nilai kurang dari 30 InHg vakum, maka bisa dipastikan bahwa manifold gauge yang bermasalah. Tetapi jika menggunakan pompa vakum yang masih baru dan manifold gauge dapat menunjukkan nilai 30 InHg vakum, maka pompa vakumnya bermasalah.

Berikut beberapa penyebab permasalahan jika pompa vakum tidak dapat menunjukkan nilai 30 InHg vakum.

1.  Oli (Minyak Pelumas) Kurang

Vacuum Pump Oil Level

Minyak pelumas pada pompa vakum berfungsi untuk melumasi bagian yang bergerak agar gesekan dari kedua sisi dapat berkurang. Selain itu, minyak pelumas ini juga berfungsi untuk menutup pori-pori antara pisau penyapu dengan bagian selinder. Jadi pastikan pompa vakum selalu tercukupi minyak pelumasnya. Ini bisa dilihat dari kaca level oli yang berada pada pompa vakum.

2.  Kurang Tekanan Pisau Penyapu

Vacuum Pump Oil Level
Pisau penyapu pada pompa vakum terdiri dari dua bagian pada sisi yang berlawanan. Untuk menekan pisau penyapu ke dinding selinder, pisau penyapu ini ditekan oleh dua buah pegas (spiral). Agar tekanan pisau penyapu dengan dinding selinder lebih kuat, bisa mengganti pegas dengan yang baru atau dengan menarik pegas tersebut agar lebih panjang (molor). Dengan demikian, tekanan pisau penyapu akan lebih kuat lagi.

3.  Komponen (Selinder dan Pisau) Tergores

Bagian-bagian pompa vakum

Jika terdapat goresan pada selinder atau pisau penyapu, maka udara tidak akan terpompa dengan maksimal. Jika goresan masih halus, dapat tertutupi oleh oli pompa vakum. Tetapi jika goresan sudah parah, maka harus dilakukan proses penghalusan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel